x

5 Pelatih Bulutangkis Indonesia Sukses Jadi 'Guru' di Negara Orang

Jumat, 9 Maret 2018 22:10 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Mulyo Handoyo dan Hendrawan.

Bulutangkis masih menjadi olahraga favorit masyarakat selain sepakbola. Antusias terhadap olahraga ini juga cukup lumayan. Terbukti, beberapa turnamen nasional maupun internasional selalu ramai penonton.

Perkembangan bulutangkis di dunia juga tak lepas dari Indonesia. Pasalnya dari Indonesia banyak atlet-atlet sukses yang mampu berkancah di ajang internasional.

Baca Juga

Eks pemain bulutangkis Indonesia setelah pension banyak yang memilih untuk menjadi pelatih di luar negeri. Para pelatih asal Indonesia itu juga sudah banyak mencetak pemain-pemain kelas dunia. Seperti Lee Chong Wei, Saina Nehwal sampai Lindan.

Berikut INDOSPORT merangkum lima pelatih bulutangkis asal Indonesia yang sukses mengorbitkan pebulutangkis dunia.


1. Hendrawan

Hendrawan

Mantan pelatih tunggal putra Indonesia, Hendrawan yang pernah mendapat perak di tahun 2000 dari Olimpiade Sydney pernah melatih pebulutangkis asal Malaysia, Lee Chong Wei.

Ia berjasa mengantarkan pebulutangkis dunia itu menjadi juara dunia. Sebelum jadi pebulutangkis terbaik dunia, Wei pernah berada dalam masa sulit di mana dirinya sempat merosot drastis ke peringkat 151 dunia, hingga Hendra mampu membawanya sampai peringkat 5 besar dunia.


2. Tong Sin Fu

Tong Sin Fu

Pelatih asal China ini adalah kelahiran Teluk Betung, Lampung, Indonesia dengan nama Fuad Nurhadi. Ia diminta PBSI untuk melatih dan berhasil menciptakan pemain top dunia seperti Icuk Sugiarto, Hastomo Arbi, Alan Budikusuma, Ardi B. Wiranata, Hariyanto Arbi hingga Hendrawan.

Setelah itu ia kembali ke China dan sukses membawa tunggal putra negeri tirai bambu tersebut menjadi jawara dunia dua kali, seperti Lin Dan.


3. Atik Jauhari

Atik Jauhari Legenda pemain bulutangkis Indonesia.

Atik pernah melatih bulutangkis Indonesia di tahun 1980an hingga 1990an. Ia juga sukses melatih beberapa negara, seperti Swedia, Thailand, sampai India.

Sudah banyak pemain-pemain potensial yang berhasil ia didik. Salah satunya saat ia melatih di India, ia mampu mencetak tunggal putri terbaik, Saina Nehwal yang mampu mengalahkan tunggal putri asal China kala itu.


4. Mulyo Handoyo

Mulyo Handoyo.

Mulyo pernah melatih pebulutangkis terbaik Indonesia, Taufik Hidayat. Ia lalu berangkat ke India, dan berhasil memberikan prestasi yang luar biasa bagi perkembangan bulutangkis di sana.

Salah satu anak didiknya yang berhasil adalah Srikanth Kidambi, yang perlahan menjadi pemain yang sulit ditaklukkan lawan. Ia juga melatih sektor tunggal putri di India. Terbukti, atas campur tangannya India menjadi saingan yang patut diperhitungkan dalam dunia bulutangkis.


5. Rexy Mainaky

Pelatih bulutangkis Thailand, Rexy Mainaky.

Rexy pernah menjadi pelatih bulutangkis termahal di dunia. Awalnya ia menerima melatih tim bulutangkis asal Inggris. Lalu ia mengepak koper ke Malaysia dan di sana ia berhasil melahirkan pemain-pemain berbakat.

Nama-nama pebulutangkis Malaysia seperti Tan Boon Heong dan Koo Kien Keat adalah beberapa di antaranya, di mana mereka sukses meraih medali emasi di Asian Games 2006 di Doha. Ia juga sempat melatih tim bulutangkis Indonesia selama dua tahun.

Rexy MainakyHendrawanTong Sin FuMulyo Handoyo

Berita Terkini