x

Tak Ada Kevin/Marcus, Deretan 8 Pebulutangkis Terkaya Sepanjang Masa

Minggu, 1 April 2018 18:34 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Lanjar Wiratri
Pebulutangkis Terkaya Sepanjang Masa

Pamor olahraga bulutangkis memang tak setenar sepakbola dan MotoGP di mata dunia. Tak heran jika masih banyak orang yang menganggap bahwa olahraga yang populer di Asia ini kering akan uang. 

Namun, siapa sangka jika beberapa atlet bulutangkis yang sukses dengan memenangkan banyak gelar bisa meraih pendapatan yang fantastis. Sumber penghasilan atlet bulutangkis biasanya didapatkan dari hadiah turnamen, sponsorship, dan bonus saat meraih medali emas di event besar.

Kevin Sanjaya/Marcus Gideon juara All England 2018.

Melansir laman Successstory portal ini menulis delapan atlet bulutangkis yang memiliki harta terbanyak sepanjang masa. Di luar dugaan, pebulutangkis tunggal putri asal India mampu mengalahkan beberapa pebulutangkis pria.

Berikut ini INDOSPORT menghadirkan delapan pebulutangkis yang terkaya sepanjang masa.


1. Lee Chong Wei

Lee Chong Wei

Lee Chong Wei merupakan salah satu legenda bulutangkis dunia yang berasal dari Malaysia. Dia berhasil menjadi pebulutangkis nomor satu tunggal putra terlama dan paling konsisten sepanjang sejarah. 

Meski sudah tidak muda lagi, Lee Chong Wei yang kini berusia 36 tahun masih aktif bermain di beberapa turnamen. Saat ini ia masih tercatat di peringkat keenam dunia. 

Terlepas dari semua prestasinya di dunia bulutangkis, ia juga tercatat sebagai salah satu atlet terkaya di dunia. Untuk olahraga bulutangkis, Lee Chong Wei merupakan atlet paling terkaya dengan jumlah keayaan sebesar USD35 juta atau setara dengan Rp481 miliar.


2. Lin Dan

Tunggal putra China, Lin Dan melakukan selebrasi.

Pebulutangkis asal China ini menempati urutan kedua atlet bulutangkis dengan jumlah kekayaan terbanyak. Lin Dan yang telah berhasil meraih lima kali titel juara dunia memiliki jumlah USD26 juta atau setara Rp358 miliar.

Saingan terberat Lee Chong Wei dan Taufik Hidayat ini mendapat penghasilan dari sponsorship dan bonus dari beberapa turnamen besar. Saat ini, Lin Dan masih tercatat sebagai pebulutangkis yang menghuni peringkat tujuh dunia, satu angka di bawah Lee Chong Wei.


3. Saina Nehwal

Tunggal putri India, Saina Nehwal saat melawan Tai Tzu-ying di Indonesia Masters 2018.

Saina Nehwal menduduki peringkat ketiga dengan jumlah kekayaan sekitar USD24 juta atau setara Rp330 miliar. Atlet asal India kelahiran 17 Maret 1990 terkenal setelah berhasil menembus top 20 peringkat BWF pada usia 17 tahun.

Beberapa tahun lalu, Saina Nehwal berada di urutan kelima atlet terkaya di dunia. Saat ini dia adalah adalah pemain bulutangkis perempuan terkaya yang berhasil mengalahkan beberapa atlet laki-laki.

Sejumlah produk menjadi sponsor Nehwal, diantaranya Fortune, Air Tel, Herbalife, dan Kellogg’s. Dia menjadi pemain putri berbayaran tertinggi di Liga Bulutangkis India.

Saina juga menjadi inspirasi di negaranya, terbukti beberapa tahun terakhir atlet tunggal putri asal India semakin banyak yang berhasil. Salah satunya, Pusarla V Sindhu yang saat ini berada di peringkat ketiga BWF.


4. Peter Gade

Peter Gade

Pebulutangkis asal Denmark ini berada di peringkat keempatdaftar atlet terkaya sepanjang masa versi Successstory. Gade dapat disebut sebagai salah satu legenda bulutangkis terhebat asal Eropa. 

Saat ini, ia sudah pensiun dari dunia bulutangkis, namun hingga kini ia masih tercdatat dalam daftar atlet terkaya. Harta Peter Gade ditaksir sebesar USD 18 juta atau setara Rp248 miliar.


5. Taufik Hidayat

Taufik Hidayat

Siapa yang tak mengenal Taufik Hidayat, sang legenda bulutangkis Indonesia yang telah gantung raket pada tahun 2014 silam.  aufik sempat memuncaki ranking dunia pada tahun 2001. 

Prestasi Taufik yang sangat mentereng adalah ketika ia merengkuh medali emas di Olimpiade Athena 2004, serta tiga kali meraih medali emas di ajang Asian Games. Tak hanya itu, Taufik juga menjadi juara dunia pada tahun 2005. 

Tak heran jika suami dari Amy Gumelar ini sukses mengumpulkan pundi-pundi kekayaan. Menurut laporan, Taufik memiliki harta sebesar USD11 juta atau setara Rp151 miliar.


6. Chen Lhong

Chen Long

Chen Long masih aktif sebagai pebulutangkis dan kini menempati ranking keempat dunia. Atlet asal Negeri Tirai Bambu ini diprediksi akan melewati kekayaan Lin Dan dalam beberapa tahun ke depan.

Chen Long berhasil mengumpulkan harta setelah memenangi lebih dari 25 titel dalam turnamen-turnamen besar. Hadiah dari turnamen-turnamen itulah yang melambungkan Chen Long ke peringkat atas daftar pebulutangkis terkaya sepanjang masa. Jumlah kekayaan Chen Lhong  ditaksir mencapai USD8,2 juta atau setara Rp 113 miliar.


7. Wang Yihan

Wang Yihan

Wang Yihan adalah pebulutangkis tunggal putri dari Tiongkok. Ia pernah menjadi juara tunggal putri kejuaraan dunia. Wang memulai kariernya bersama pelatih Wang Pengren pada usia sembilan tahun.

Pasca Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Wang Yihan memutuskan gantung raket. Mantan pebulutangkis nomor satu dunia ini berkarir selama 12 tahun di dunia bulutangkis profesional.

Berkat segudang prestasinya itu, laporan menujukkan Wang telah memiliki harta yang ditaksir mencapai USD5 juta atau setara Rp69 miliar.


8. Jan O Jorgensen

Jan O Jorgensen

Suksesor Peter Gade asal Denmark ini memenangi Kejuaraan Eropa Bulutangkis pada tahun 2014 silam di Kazan. Jorgensen juga  memenangkan banyak kejuaraan besar seperti Jerman Terbuka 2015, Prancis Terbuka pada 2013 dan Indonesia Terbuka 2014.

Pundi-pundi kekayaan Jorgensen dipastikan bakal terus karena masih aktif bermain. Jumlah kekayaannya ditaksir mencapai USD5 juta jatau sekitar Rp 69 miliar.

Lee Chong WeiBWFLin DanTaufik HidayatSaina NehwalChen LongPeter GadeWang YihanBWF Super Series FinalsRaket

Berita Terkini