x

Bukan Indonesia, Lin Dan Sebut Negara Ini Favorit Juara Piala Thomas 2018

Selasa, 22 Mei 2018 12:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Tunggal putra China, Lin Dan melakukan selebrasi.

China masih harus berjibaku bersama 18 negara lain untuk memperebutkan kemenangan di ajang turnamen Piala Thomas dan Uber 2018 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, yang sudah memasuki hari ketiga, Selasa (22/0518).

Baca Juga

Dalam turnamen itu, Tim Thomas China berada di Grup A bersama dengan wakil dari Prancis, India dan Australia. Lin Dan, salah satu pemain bulutangkis China yang masih difavoritkan untuk menjadi juara Piala Thomas 2018.

Pemain berusia 34 tahun itu telah bersama tim China yang menjuarai Piala Thomas lima kali dari 2004 hingga 2012. Namun secara mengejutkan, ia mengecilkan peluang China untuk juara kali ini dengan menyebutkan negara yang berpeluang menang.

Lin Dan di dalam wawancaranya yang dilansir dari The Star mengaku ingin lebih berhati-hati setelah China mengalami keterpurukan pada edisi 2014 dan 2016.


1. Taiwan Difavoritkan Juara

Piala Thomas.

Kali ini, Lin Dan tidak memilih Indonesia sebagai pesaing berat negaranya, melainkan Taiwan yang menjadi salah satu favorit untuk gelar tahun ini.

“Final tahun ini lebih kompetitif dibandingkan dua tahun lalu karena banyak bermunculan tim yang seimbang," kata juara Olimpiade dua kali itu.

“Taiwan favorit, meskipun Jepang, Denmark, dan Indonesia memiliki peluang untuk memenangkan gelar. Berbeda dari turnamen sebelumnya ketika kami hanya memiliki satu atau dua tim yang mampu memenangkan gelar,” lanjut Lin Dan.


2. Tidak Turun di Selandia Baru Terbuka

Lin Dan.

Juara Selandia Baru terbuka bulan lalu itu dikabarkan tidak akan dimainkan di kejuaraan tersebut, dan akan memainkan tunggal putra ketiga untuk tim. Namun, dirinya dimainkan dan berhasil menjuarai kejuaraan Selandia Baru Terbuka.

“Awalnya, tim pelatih tidak ingin saya bertandingan di Selandia Baru Terbuka, karena akan memengaruhi persiapan Final Piala Thomas,” katanya.

“Tapi saya senang saya berangkat. Latihan pertandingan menuju kemenangan gelar itu bagus bagi saya. Saya akan melakukan yang terbaik untuk membantu China menang lagi,” imbuh Lin Dan.


3. China Mengejar Gelar

Tim Bulutangkis China.

China sangat berambisi untuk bisa mengangkat gelar Piala Thomas ke-10 mereka. Mereka juga menurunkan bintang-bintang yang terkenal dengan permainan yang mengesankan.

Selain Lin Dan, China menurunkan Chen Long, Shi Yuqi, Qiao Bin, Liu Cheng-Zhang Nan, Li Junhui-Liu Yuchen dan Wang Yilyu-Zheng Siwei. Kecuali Lin Dan dan Junhui-Yuchen, sisanya sempat bertanding saat mengalahkan Australia 5-0 dalam pertandingan Grup A kemarin.

Piala ThomasPiala UberIndonesiaChinaLin DanRaket

Berita Terkini