x

2 Alasan Indonesia Nihil Gelar Juara di Kejuaraan Dunia 2018

Minggu, 5 Agustus 2018 16:05 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
Greysia Polii/Apriyani Rahayu, wakil ganda putri Indonesia di Kejuaraan Dunia 2018.

INDOSPORT.COM - Sejumlah faktor membuat Indonesia gagal membawa pulang medali juara dari Kejuaraan Dunia 2018.

Indonesia dipastikan tanpa gelar di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2018 setelah pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu kalah di babak semifinal Kejuaraan Dunia 2018.

Pasangan berperingkat enam dunia itu takluk dari pasangan Jepang, Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara dengan dua set langsung, 12-21 dan 21-23 pada Sabtu (04/08/18) lalu.

Baca Juga

Dengan kekalahan Greysia/Apriyani di semifinal ini berarti Indonesia gagal meneruskan tradisinya yang selalu meraih gelar juara sejak 2015.

Berikut INDOSPORT merangkum dua alasan mengapa Indonesia gagal meraih gelar Kejuaraan Dunia 2018.


1. Berdekatan dengan Asian Games 2018

LOGO ASIAN GAMES 2018.

Dua turnamen yang cukup bergengsi tinggi digelar hanya selang waktu dua minggu saja. Bagi pemain kelas dunia, tidak mudah untuk bisa tampil konsisten dan tetap fokus secara bersamaaan di dua turnamen semacam Kejuaraan Dunia dan Asian Games.

Bagi Indonesia sendiri, dua turnamen berdekatan ini yang akhirnya membuat PBSI memutuskan untuk tidak mengirimkan pasangan ganda campuran andalannya yang berstatus sebagai juara bertahan, Tontowi Ahmad/Liliyanan Natsir ke Kejuaraan Dunia 2018.

PBSI lebih memilih Owi/Butet untuk Asian Games dan di Kejuaraan Dunia 2018 mengirimkan pasangan-pasangan pelapisnya.


2. Banyak Pemain dan Pasangan Baru

Gregoria Mariska Tunjung wakil tunggal putri Indonesia di Kejuaraan Dunia 2018.

Dari 17 wakil Indonesia yang dikirimkan ke Kejuaraan Dunia 2018 kali ini, cukup banyak pemain dan pasangan yang baru merasakan pertama kalinya tampil di kejuaraan paling bergengsi di dunia ini.

Tercatat hanya ada empat pemain dan pasangan saja yang pernah tampil di Kejuaraan Dunia sebelumnya, yakni Anthony Sinisuka Ginting, Tommy Sugiarto, Wahyu Nayaka Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso, dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Baca Juga

Sementara tiga belas wakil lainnya merupakan pemain dan pasangan baru yang pertama kali mencicipi atmosfer dan sensasi bermain di Kejuaraan Dunia.

Penulis: Dimas Ramadhan.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain Serta Serba-serbi Asian Games 2018 di INDOSPORT.COM

IndonesiaPBSIGreysia Polii/Apriyani RahayuKejuaraan Bulutangkis Dunia 2018

Berita Terkini