x

Selain Susy Susanti, 3 Legenda Olahraga Indonesia Ini Juga Layak Dibuatkan Film

Selasa, 25 September 2018 08:01 WIB
Editor: Lanjar Wiratri

INDOSPORT.COM - Dalam beberapa waktu belakangan ini, dunia hiburan dan olahraga Tanah Air sedang dihebohkan sebuah kabar. Kisah hidup dan perjuangan legenda bulutangkis Indonesia, Susy Susanti diangkat ke layar lebar alias film.

Benar saja, film biopic Susy Susanti itu ternyata sedang dalam penggarapan. Film yang disutradarai oleh Sim F itu bahkan sudah memasuki proses syuting.

Baca Juga

Aktris cantik Laura Basuki didapuk untuk memerankan Susy Susanti. Sementara Alan Budikusuma, suami dari Susy akan dimainkan oleh Dion Wiyoko.

Film yang diproduseri Daniel Mananta ini juga akan menghadirkan beberapa aktor ternama seperti Lukman Sardi, Dayu Wijanto, Chew Kin Wah, Kelly Tandiono, dan masih banyak lagi.

Proyek pembuatan salah satu legenda olahraga nasional ini jelas sebuah berita baik. Tentu harapannya setelah Susy, akan ada legenda-legenda lain yang akan dibuatkan film.

Untuk itu, berikut INDOSPORT merangkum 3 legenda olahraga Indonesia yang kisahnya layak diangkat ke layar lebar.


1. Richard Sambera

Richard Sambera perenang.

Nama Richard Sambera di dunia renang Tanah Air hingga saat ini benar-benar tidak tergantikan. Hal itu dikarnakan banyaknya prestasi yang membanggakan yang berhasil diperoleh di cabang olahraga renang.

Richard dikenal sebagai perenang spesialis gaya bebas nomor 50 meter dan 100 meter. Di ajang SEA Games, isepanjang karirnya total ia mengoleksi 23 emas. Nomor 100 meter menjadi yang terbanyak dengan 7 emas, sedangkan 50 meter sebanyak 4 emas.

Selain itu, Richard juga merupakan peraih medali perak pada Kejuaraan Dunia 2000, Hong Kong, saat tampil di nomor 50 meter. Ia juga meraih medali perunggu Asian Games. Di Olimpiade, ia ternyata telah tampil sebanyak 3 edisi, yakni di Olimpiade Seoul 1988, Olimpiade Atlanta 1996, dan Olimpiade Sydney 2000.

Dengan sederetan prestasi tersebut, tentu kehebatan seorang Richard di kolam renang sangat patut untuk diangkat ke layar lebar.


2. Suryo Agung Wibowo

Suryo Agung Wibowo di Asian Games 2010.

Tentu semua mengenal atlet yang satu ini. Dia adalah Suryo Agung Wibodo, atlet yang dijuluki sebagai manusia tercepat di Asia Tenggara. Ia mampu mencatatkan rekor lari 100 meter hanya dalam waktu 10,17 detik. Hingga saat belum ada satupun yang mampu memecahkannya.

Suryo mendapatkan medali emas pertamanya di ajang SEA Games pada tahun 2007. Hingga sepanjang karirnya, total Suryo telah mengumpulkan empat emas, satu perak, dan satu perunggu dari 2 edisi pesta olahraga terbesar Asia Tenggara itu.

Selain itu, Suryo juga tercatat pernah tampil dalam beberapa kejuaraan bergengsi di dunia. Seperti Kejuaraan Tertutup Dunia tahun 2003, Kejuaraan Dunia 2003, dan Olimpiade Beijing tahun 2008.


3. Ellyas Pical

Imam Nahrawi bersama Ellyas Pical.

Bagi para penggemar olahraga khususnya tinju di era 1980-an, tentu mengenal nama Ellyas Pical. Dia adalah petinju legendaris yang dimiliki oleh Indonesia.

Petinju yang akrab disapa Elly ini merupakan pemilik tiga gelar juara dunia. Bahkan oleh Asian Boxing, ia masih disebut sebagai petinju kelas Super Flyweight paling menakjubkan sepanjang sejarah. Bagaimana tidak, Elly mencatatkan 20 kali menang, 11 di antaranya dengan kemenangan KO, satu kali seri, dan lima kali kalah.

Pukulan-pukulan hook dan uppercut kiri yang cepat, akurat, dan bertenaga yang jadi ciri khas Elly membuat dirinya mendapatkan julukan The Exocet dari media internasional.

Baca Juga

Beberapa waktu yang lalu sebenarnya muncul rencana untuk mengangkat kisah Elly menjadi sebuah film. Namun hingga saat ini belum ada kejelasan lebih lanjut lagi.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT 

Penulis: Dimas Ramadhan.

Susy SusantiRichard SamberaEllyas Pical

Berita Terkini