x

Mathew Fogarty, Pebulutangkis dan Dokter AL yang Masih Aktif di Usia 61 Tahun

Selasa, 2 Oktober 2018 16:17 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Arum Kusuma Dewi
Mathew Fogarty, pebulutangkis berusia 61 tahun dari Amerika Serikat.

INDOSPORT.COM - Mathew Fogarty merupakan atlet bulutangkis senior berkebangsaan Amerika Serikat yang masih aktif bermain di lapangan di usianya yang ke-61 tahun.

Fogarty menjadi pemain tertua di Chinese Taipei Open 2018. Meski sudah lanjut usia, Fogarty masih mampu menampilkan performa enerjiknya.

Di Chinese Taipei Open 2018, Fogarty berpasangan dengan Isabel Zhong yang berusia 25 tahun. Pada turnamen ini, Fogarty/Zhong akan berhadapan dengan wakil dari Indonesia, yakni Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Fogarty mulai jadi perhatian dunia karena usianya yang terlampau tua bagi pemain bulutangkis pada umumnya. Tetapi, hal tersebut sama sekali tidak memengaruhi permainannya. Tertulis dalam profilnya, Hal ini disebabkan karena Fogarty berlatih selama enam hari dalam seminggu setelah pulang kerja.

Baca Juga

Pada tahun 2008, di usianya yang ke-58 Fogarty menjadi pebulutangkis yang tertua yang bermain di Kejuaraan Dunia BWF di Istora Senayan Indoor Stadium, Jakarta. Selama kariernya, Fogarty telah mengikuti Kejuaraan Dunia BWF sebanyak tujuh kali.

Fogarty telah merebut empat gelar di Kejuaraan Bulutangkis Nasional Amerika Serikat pada kategori Ganda Campuran pada tahun 1980, 1984, 1986, dan 2000.

Bahkan, di usianya yang sudah mencapai enam dekade itu, Fogarty masih bisa mempersembahkan medali untuk negaranya. Terakhir, Ia berhasil meraih medali perunggu di Kejuaraan Pan Am 2014.

"Saya suka sains tentang bulutangkis dan saya bisa bilang bahwa peralatan mainnya sangat ringan jadi siapa saja bisa terus main selama yang mereka mau. Saya berniat main selama saya masih mau," tuturnya, dikutip dari The Indian Express.

Baca Juga

Kini, Fogarty berada di peringkat 77 untuk kategori ganda campuran. Lelaki kelahiran 30 Oktober 1956 itu meraih pencapaian tertinggi pada kategori ganda putra di ranking 58 dan pada kategori tunggal putra di peringkat 168.

Di masa senjanya, selain bermain bulutangkis, Fogarty juga bekerja sebagai dokter untuk Angkatan Laut Amerika Serikat.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

Mathew Fogarty/Bjorn SeguinChinese Taipei 2018

Berita Terkini