x

3 Fakta Mengejutkan Jelang Kevin/Marcus vs Kamura/Sonoda di Hong Kong Open

Minggu, 18 November 2018 14:51 WIB
Penulis: Dimas Ramadhan Wicaksana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon vs Takeshi Kamura/Keigo Sonoda.

INDOSPORT.COM – Pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon akan melakoni partai final Hong Kong Open 2018 melawan Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda. Berikut fakta-fakta pertandingannya.

Kejuaraan BWF Hong Kong Open 2018 telah memasuki hari terakhir. Pada Minggu (18/11/18) hari ini memainkan pertandingan final.

Baca Juga

Seperti biasanya, Indonesia selalu menyisakan setidaknya satu wakil untuk berlaga di final. Dalam turnamen berlevel Super 500 ini, pasangan ganda putra andalan Tanah Air, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menjadi satu-satunya wakil Merah Putih.

Kevin/Marcus melaju ke final usai memenangkan ‘perang saudara’ pada Sabtu (17/11/18) kemarin. Mereka mengandaskan perlawanan seniornya, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di semifinal melalui pertarungan ketat rubber game, 21-14, 18-21, dan 21-9.

Di partai puncak yang berlangsung di Hong Kong Coliseum, Kowloon nanti Kevin/Marcus bakal menantang Takeshi Kamura/Keigo Sonoda. Pasangan asal Jepang tersebut bukanlah lawan yang dapat diremehkan.

Pasalnya, sebelum melangkah ke final, Kamura/Sonoda telah sukses mengalahkan 2 wakil Indonesia, yakni Berry Angriawan/Hardianto di pertandingan pertama dan Fajar Alfian/Rian Ardianto di semifinal.

Untuk itu, berikut INDOSPORT telah merangkum 3 fakta mengenai pertarungan antara Kevin/Marcus vs Kamura/Sonoda.


1. Perbedaan Ranking

Kevin Sanjaya/Marcus Gideon di French Open 2018.

Konsistensi performa pasangan Kevin/Marcus dalam dua tahun belakangan benar-benar sungguh mengesankan dan mengundang decak kagum banyak orang.

Sejak menempati ranking 1 dunia pada Maret 2017 lalu, posisi pasangan berjuluk The Minions itu sangat sulit digeser.

Istimewanya lagi, selama menjadi nomor satu dunia, Kevin/Marcus sudah berhasil memecahkan rekor poin BWF beberapa kali. The Minions saat ini memegang rekor pemilik rekor poin BWF tertinggi sepanjang masa untuk sektor ganda putra.

Baca Juga

Sementara dari kubu lawan, Kamura/Sonoda juga termasuk pasangan papan atas. Saat ini pasangan asal Jepang itu sedang menempati ranking 3 dunia dalam satu bulan terakhir.

Pencapaiannya itu tak lepas dari apiknya penampilan mereka tahun ini dengan mengantongi 2 gelar serta 1 runner-up.


2. Head to Head

Kevin Sanjaya/Marcus Gideon saat tampil di French Open 2018.

Tak banyak yang tahu, persaingan antara Kevin/Marcus dengan Kamura/Sonoda sejatinya telah berlangsung sejak dua tahun silam.

Tepatnya pada Januari 2016 menjadi pertemuan pertama mereka yang akhirnya dimenangi oleh The Minions.

Namun, dua pertemuan selanjutnya di tahun yang sama, Kevin/Marcus menelan kekalahan saat bertemu di ajang Kejuaraan Bulutangkis Asia dan BWF Super Series Finals.

Memasuki 2017, tahun mulainya performa gila Kevin/Marcus, Kamura/Sonoda tidak bisa berbuat banyak.

Baca Juga

Bagaimana tidak, dalam 4 pertemuan di 2017, Kevin/Marcus sukses menumbangkan pasangan Jepang itu sebanyak 3 kali.

Hanya sekali menelan kekalahan, yaitu di fase grup BWF Super Series Finals. Namun saat Kevin/Marcus langsung membalasnya di semifinal.

Pada tahun 2018 ini Kevin/Marcus memulainya dengan buruk saat melawan Kamura/Sonoda. Mereka harus kalah di babak perempatfinal Kejuaraan Dunia.

Namun setelah itu, The Minions selalu menang dalam dua pertemuan selanjutnya, termasuk di Asian Games dan Denmark Open.


3. 3 Laga Terakhir, Selalu Berakhir 2 Game

Kevin Sanjaya/Marcus Gideon saat tampil di French Open 2018.

Fakta terakhir adalah dalam 3 pertemuan terakhirnya, baik Kevin/Marcus maupun Kamura/Sonoda sama-sama pernah menang.

Menariknya, dalam 3 pertemuan yang diungguli The Minions 2-1 itu tidak pernah bertanding rubber game, melainkan selalu straight atau dua game saja.

Saat perempatfinal Kejuaraan Dunia, Kevin/Marcus secara mengejutkan harus menyerah dari Kamura/Sonoda. Mereka tunduk setelah bertanding selama 48 menit dengan kemenangan 21-19 dan 21-18 untuk pasangan Jepang itu.

Baca Juga

Tak butuh waktu lama, saat Asian Games 2018 Kevin/Marcus pun langsung membalasnya. Kala itu mereka bentrok di semifinal beregu putra.

The Minions mampu memenangkan pertandingan dengan skor 21-18 dan 21-12 sekaligus menyamakan kedudukan tim Indonesia menjadi 1-1 melawan Jepang.

Terakhir, masih segar dalam ingatan pada 21 Oktober 2018 lalu, tepatnya di final Denmark Open 2018. Kevin/Marcus keluar sebagai juara usai mengalahkan Kamura/Sonoda dengan skor 21-15 dan 21-16 hanya dalam tempo waktu 36 menit.

Ikuti Terus Update Hong Kong Open 2018 dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

JepangKevin SanjayaMarcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya SukamuljoKevin Sanjaya Sukamuljo/Wahyu Nayaka Arya PankaryaniraRaketMarcus Fernaldi GideonTRIVIAHong Kong Open 2018

Berita Terkini