x

Menengok Kiprah Tommy Sugiarto Tahun Ini Hingga Lolos ke Gelaran BWF World Tour 2018

Jumat, 7 Desember 2018 19:25 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Lanjar Wiratri
Tommy Sugiarto, pebulutangkis Indonesia.

INDOSPORT. COM - Tommy Sugiarto akan mewakili Indonesia di nomor tunggal putra pada ajang bulutangkis BWF World Tour Final 2018. Berikut rangkuman perjalanan karier Tommy Sugiarto sepanjang tahun ini.

Sebagai informasi, gelaran BWF World Tour Final 2018 menyediakan delapan slot di setiap nomornya. Slot-slot ini hanya bisa diisi oleh pebulutangkis yang telah memenuhi kriteria tertentu.

Kriteria yang dimaksudkan bukan berdasarkan tingginya rangking dunia di BWF. Kriteria justru lebih mengarah kepada banyaknya perolehan poin yang didapat setiap pebulutangkis sepanjang tahun 2018 ini.

Baca Juga

Tommy Sugiarto, jadi salah satu pebulutangkis Indonesia yang bisa memenuhi kriteria itu. Ia pun lantas berhak untuk mewakili Indonesia di nomor tunggal putra bersama Anthony Ginting.

Lalu, bagaimana perjalanan karir Tommy Sugiarto sepanjang tahun ini sehingga bisa lolos ke BWF World Tour Final 2018 tersebut? INDOSPORT mencoba merangkumnya ke dalam ulasan singkat berikut ini.


1. Gelar Juara

Tommy Sugiarto berhasil menjuarai Thailand Masters 2017 usai kalahkan pebulutangkis tuan rumah, Kantaphon Wangcharoen.

Tahun 2018 baru memasuki bulan pertama, Tommy Sugiarto sudah bisa mendulang sebuah prestasi manis. Hal itu didapatkannya di ajang Thailand Masters 2018 pada Januari lalu.

Ya, Tommy mampu meraih gelar juara Thailand Masters 2018 setelah mengalahkan wakil Malaysia, Leong Jun Hao dua set langsung, 21-16, 21-15. Gelar ini merupakan yang kedua berturut setelah tahun sebelumnya Tommy Sugiarto juga berhasil memenangakan Thailand Masters 2017.

Tommy sendiri mengucapkan kunci suksesnya sehingga bisa mempertahankan gelar Thailand Master itu selama dua tahun berturut. Menurutnya, faktor dukungan keluarga jadi utama sebagai pembakar semangatnya untuk terus berprestasi.

Baca Juga

“Alhamdulillah saya bisa juara lagi di sini. Kunci kemenangan saya di sini adalah bermain dengan sabar dan memikirkan keluarga, ha ha ha. Karena motivasi terbesar saya adalah keluarga,” ujar Tommy dalam rilis yang diterima INDOSPORT.


2. Asian Games 2018

Jonatan Christie dan Anthony Ginting.

Berbicara soal jagat bulutangkis Indonesia tahun ini, tentu tak lepas dari gelaran Asian Games 2018. Pebulutangkis Indonesia banyak mendapat sorotan berkat penampilan apiknya selama ajang ini.

Sayangnya, hal seperti itu tidak bisa dirasakan oleh Tommy Sugiarto. Bukan karena ia gagal tampil memukau, melainkan karena Tommy tidak masuk ke dalam skuat Indonesia di Asian Games 2018.

Baca Juga

Ya, nomor tunggal putra Indonesia di ajang Asian Games 2018 hanya menyertakan dua nama, Anthony Ginting dan Jonatan Christie. Di saat kedua nama tadi begitu mendapat sorotan, Tommy harus menerima nasib dirinya terlempar dari jajaran kontingen Indonesia.


3. Kalah di Partai Final

Tommy Sugiarto, pebulutangkis Indonesia.

Tommy Sugiarto pada tahun ini sepertinya sudah terbiasa merasakan kekalahan di partai final. Bagaimana tidak, ia sudah dua kali mendapati kenyataan seperti itu.

Pertama pada ajang Thailand Open 2018 Juli lalu. Berlaga di partai final, Tommy kalah dari tunggal putra Jepang, Kanta Tsuneyama dengan rubber game 16-21, 21-13 dan 9-21.

Baca Juga

Selanjutnya, nasib serupa juga dialami Tommy di ajang Korea Open 2018. Pada partai final, Tommy takluk dari Chou Tien dalam pertarungan dua set 21-13, 21-16. 

Tommy SugiartoAnthony GintingBWF World Tour Finals 2018

Berita Terkini