x

5 Rekor Smash Bulutangkis Terkencang di Dunia, Ada Indonesia?

Kamis, 21 Maret 2019 19:05 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Mads Conrad-Petersen/Mads Pieler Kolding.

INDOSPORT.COM - Tidak hanya sepak bola, olahraga bulutangkis juga menjadi salah satu olahraga yang paling populer di Indonesia.

Bahkan saat ini, bulutangkis telah menduduki peringkat ke-2 sebagai cabang olahraga yang paling banyak mengikuti kejuaraan dunia. Hampir di setiap generasi selalu lahir atlet-atlet yang mampu mengibarkan bendera Merah Putih di kancah internasional. 

Namun berbicara tentang kecepatan dalam dunia olahraga, bulutangkis tak bisa tidak disebut. Selain mengandalkan kelenturan, kelincahan dan ketepatan, kecepatan juga menjadi salah satu faktor jitu yang sangat menentukan berhasil tidaknya seorang pebulutangkis di lapangan. 

Baca Juga

Tak pelak di setiap pertandingan kita akan menemukan gerak pebulutangkis yang lincah, tangkas, dan penuh energi. Agar menjadi seorang pemain hebat setidaknya harus mempunyai keunggulan dalam hal-hal tersebut. Salah satu yang membuat bulutangkis disebut sebagai olahraga tercepat yakni pukulan smes (smash) para pemain. 

Bagi pencinta bulutangkis melihat seorang pemain melakukan pukulan smash akan mendatangkan nikmat tersendiri. Ya, hal ini karena smash melompat (jump smash) bakal membuat kok meluncur deras ke bidang permainan lawan.

Lantas siapa pemilik pukulan menukik ke bidang permainan lawan terkencang di cabang bulutangkis dunia? Berikut portal berita olahraga INDOSPORT merangkum lima rekor smash bulutangkis terkencang di dunia yang dilansir dari Sportskeeda. 


1. 5. Parupalli Kashyap - 401 km per jam

Saina Nehwal Menikah dengan Kashyap Parupalli

Selama puncak kariernya, Parupalli Kashyap merupakan pemain andalan negara India di sektor tunggal putra. Ia mampu memberikan perlawanan sengit kepada nama-nama besar di dunia olahraga tepok bulu angsa.

Salah satu penampilan terbaik Kashyap adalah menjadi pebulutangkis India pertama yang mencapai perempatfinal di Olimpade pada 2012. 

Sayangnya, gelaran Japan Open 2015 menjadi penampilan terakhir Kashyap. Namun turnamen tersebut juga menjadi pencapaian terbaik pebulutangkis berusia 33 tahun itu. Kashyap mampu membuat smash terkencang dengan catatan 401 kilometer per jam.

Baca Juga

4. Viktor Axelsen - 404 km per jam

Viktor Axelsen yang pernah juara dunia BWF 2017 ini memiliki smash yang mematikan, dan kerap mengajak lawannya untuk memainkan reli panjang. 

Salah satu turnamen yang paling berkesan bagi Axelsen tentu di Japan Open 2015. Saat itu, Axelsen mampu menorehkan catatan smash mematikan dengan kecepatan mencapai 404 kilometer per jam.


2. 3. Jan O Jorgensen - 407 km per jam

Jan O Jorgensen

Dalam salah satu penampilannya di Malaysia Open Superseries Premier pada tahun 2016, Jorgensen yang terkenal karena tembakannya yang kuat sukses menghasilkan tembakan keras terhadap Lee Chong Wei di partai semifinal.

Pebulutangkis asal Denmark tersebut mampu mencatat salah satu smash terkencang dengan kecepatan mencapai 407 kilometer per jam. Meski pada akhirnya pemain berusia 31 tahun tersebut harus mengakui keunggulan pemain bulutangkis asal Malaysia tersebut.

2. Lee Chong Wei - 408 km per jam

Lee Chong Wei adalah salah satu pemain tunggal putra paling top saat ini. Namun, citranya sempat tenoda lantaran penggunaan dopping pada 2014. Akibatnya, pebulutangkis 36 tahun tersebut harus absen dalam beberapa bulan dan berujung pada rankingnya yang menurun.

Sampai akhirnya, Lee Chong Wei comeback dengan turun di ajang Hong Kong Open 2015. Meski tidak diunggulkan, ia justru mampu keluar sebagai juara. Selama tampil di Hong Kong Open, pebulutangkis asal Malaysia itu berhasil mencatatkan smash terkencang dengan kecepatan 408 kilometer per jam.

Baca Juga

1. Mads Pieler Kolding - 426 km per jam

Pemenang Thomas Cup 2016 ini menjadi satu-satunya nama di nomor ganda yang berhasil menempati posisi lima besar pemilik smash paling kencang. Bahkan pebulutangkis asal Denmark ini merupakan pemilik smash tercepat di dunia saat laga Badminton Premier League di Bangalore, India, pada 10 Januari 2017.

Kolding pernah mencatatkan kecepatan smash 426 kilometer per jam saat tampil di Premier Badminton League, yang merupakan Liga Bulutangkis India pada edisi 2017. Kala itu, Kolding memperkuat klub Chennai Smashers yang akhirnya keluar menjadi juara.

Rekor Mads ini pun bahkan sampai tercatat di situs Guinness World Record sebagai smash paling kencang di dunia.

Penulis: Neneng Astrianti

Ikuti Terus Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

Lee Chong WeiParupalli KashyapViktor AxelsenMads Conrad Petersen/Mads Pieler KoldingTRIVIABulutangkis

Berita Terkini