x

Ternyata Indonesia Pernah Dua Tahun ‘Jajah’ Malaysia

Selasa, 2 April 2019 22:12 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung

INDOSPORT.COM – Indonesia rupanya punya sejarah bagus di turnamen bulutangkis Malaysia Open. Indonesia tercatat pernah mendominasi gelaran Malaysia Open, bahkan selama dua tahun berturut-turut.

Catatan terbaik Indonesia di ajang Malaysia Open terjadi pada kurun waktu 1993-1994. Dalam dua tahun tersebut, Indonesia selalu menempatkan tiga wakilnya di podium juara.

Dominasi pertama Indonesia di Malaysia diawali pada ajang Malaysia Open tahun 1993. Tak tanggung-tanggung, Indonesia berhasil merebut tiga gelar juara di tiga nomor.

Baca Juga

Di nomor ganda putra, duet Ricky Subagja/Rexy Mainaky berhasil merebut gelar juara. Keberhasilan nomor ganda putra dilanjutkan di sektor tunggal putri.

Susi Susanti yang menjadi andalan Indonesia di nomor tunggal putri sukses menambah gelar untuk Indonesia. Dominasi Indonesia di Malaysia akhirnya disempurnakan oleh Ardy Wiranata. Ardy keluar sebagai juara di nomor tunggal putra sekaligus mempertegas superioritas Indonesia di Malaysia.

Setahun berikutnya, tepatnya pada ajang Malaysia Open 1994, Indonesia kembali menunjukkan kedigdayaannya. Duet Ricky Subagja/Rexy Mainaky dan jagoan tunggal putri Susi Susanti mampu mempertahankan gelar juara.

Di sektor tunggal putra, giliran Joko Suprianto yang naik ke podium juara. Dominasi di Malaysia Open selama dua tahun beruntun menjadi catatan terbaik yang berhasil diukir Indonesia.

Baca Juga

Sejak turnamen bulutangkis Malaysia Open digelar pertama kali pada tahun 1937 silam, Indonesia menjadi negara tersukses ketiga di ajang tersebut.

Total, pebulutangkis-pebulutangkis terbaik Indonesia telah menyumbangkan 41 gelar juara. Indonesia hanya kalah dari Malaysia (80 gelar) dan China (69 gelar).

Tahun ini, Indonesia mengirimkan 30 pemain di ajang Malaysia Open 2019 yang digelar mulai tanggal 2 sampai 7 April 2019 di Axiata Arena, Kuala Lumpur.

Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko.

Terus Ikuti Update Bulutangkis dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

IndonesiaSusi SusantiRicky Subagja/Rexy MainakyMalaysia Open 2019Berita Sport

Berita Terkini