x

Skill 'Ngeri' 3 Pebulutangkis Indonesia dengan Smash 360 Derajat

Minggu, 28 April 2019 17:00 WIB
Penulis: Ridi Fadhilah Khan | Editor: Arum Kusuma Dewi
Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon dalam aksinya di ajang India Open 2018.

INDOSPORT.COM- Dalam beberapa tahun terakhir, pasangan ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, berhasil mencuri perhatian berkat torehan gemilang keduanya.

Namun, bukan hanya itu saja, keduanya juga dikenal sebagai pasangan yang tengil jika bermain, khususnya Kevin Sanjaya.

Ya, Kevin memang acap kali menampilkan permainan-permainan tengil. Seperti pada ronde kedua French Open 2018 lalu, ketika berhadapan dengan pasangan Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe. Kala itu, Kevin berhasil membuat pasangan Jepang ini terdiam berkat aksi tengilnya yang menipu keduanya.

Baca Juga

Saat reli panjang di set pertama dengan santai Kevin melancarkan serangan cantik, sekaligus menipu Endo/Watanabe. Kala itu, Kevin yang berada di belakang Marcus, memasang ancang-ancang untuk melakukan smash keras, akan tetapi, Kevin justru menempatkan shuttlecock tepat di atas net dan mendarat di hadapan Endo/Watanabe.

Aksi tengil Kevin ini bukan hanya sekali-dua kali terjadi. Yang terbaru, saat Duo Minions ini berhadapan dengan wakil China, Han Chengkai/Zhou Haodong di perempatfinal Badminton Asia Championships (BAC) 2019.

Baca Juga

Dalam pertandingan tersebut, Kevin melakukan aksil tengil yang sudah menjadi ciri khasnya, yaitu berpura-pura memukul shuttlecock. Selain dikenal dengan aksi pura-puranya, Kevin juga dikenal dengan kemampuannya yang bisa melakukan smash hingga 360 derajat.

Selain Kevin, sejatinya terdapat beberapa atlet Indonesia lainnya yang sudah lebih dulu dikenal memiliki kemampuan smash 360 derajat. Siapa sajakah mereka?


1. Taufik Hidayat

Taufik Hidayat

Bagi penikmat bulutangkis periode awal tahun 2000-an, pastinya sudah tidak asing lagi dengan sosok Taufik Hidayat. Atlet kelahiran Bandung ini memang berhasil memikat pencinta bulutangkis Indonesia, bahkan dunia, berkat keterampilannya di lapangan.

Deretan trofi mulai dari medali emas di Olimpiade Athena 2004, enam trofi Indonesia Open, dan sebagainya, telah menjadi bukti akan kehebatan Taufik Hidayat.

Selain dikenal rajin menggondol trofi dari ajang-ajang bergengsi, Taufik Hidayat juga dikenal sebagai salah satu pebulutangkis paling menghibur dalam bermain. 

Baca Juga

Acap kali pria kelahiran 10 Agustus 1981 ini menunjukkan kebolehannya saat bertanding. Seperti pada pertandingan melawan rekan senegaranya sendiri, Tommy Sugiarto, di India Open 2009 silam.

Taufik yang sedang unggul sembilan angka, berhasil meladeni reli panjang yang dipinta oleh Tommy. Namun, alih-alih memberikan reli panjang, Taufik justru melontarkan smash sambil memutar badannya 360 derajat. Alhasil Tommy pun langsung terdiam saat lawannya menunjukkan kelasnya.

Marcus Fernaldi Gideon

Pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo, Marcus Fernaldi Gideon.

Ya, selain Kevin, sang pasangan, Marcus Fernaldi Gideon, juga dikenal sebagai salah satu pebulutangkis yang gemar melakukan aksi tengil ketika bertanding. Namun, bisa dikatakan tingkat ketengilan Marcus masih berada di zona standar, tidak seperti pasangannya, Kevin sanjaya.

Baca Juga

Akan tetapi, sekalinya Marcus melakukan aksi tengil, maka dirinya akan mengejutkan banyak orang. Pasalnya, aksinya tersebut diiringi dengan teknik-teknik yang tidak biasa, seperti smash 360 derajat.

Bahkan, Marcus tak segan untuk melakukan hal itu di pertandingan sebesar Asian Games sekalipun. Hal ini terbukti pada saat Asian Games 2018 melawan pasangan asal China Li Junhui/Liu Yuchen.


2. Kevin Sanjaya

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menghancurkan pasangan duo Jerman, Mark Lamsfuss/Marvin Seidel bisa merebut gelar juara Indonesia Masters dari tangan The Minions.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Kevin Sanjaya merupakan salah satu atlet bulutangkis paling tengil untuk saat ini. 

Aksi-aksinya di lapangan bulutangkis, acap kali membuat lawan-lawannya naik pitam, namun justru menghibur para penonton yang kagum dengan hal itu.

Baca Juga

Mulai dari aksi pura-pura memukul, lalu melakukan smash 360, bahkan saat bertahan pun Kevin seringkali masih melakukan ketengilannya itu.

Bukan hanya sekali atau dua kali, namun berkali-kali. Bahkan jikalau anda mencari "Skill Kevin Sanjaya" atau "Aksi Tengil Kevin" di kolom pencarian Youtube. Maka anda akan menemukan puluhan video-video yang merangkum seluruh tingkah laku pasangan Marcus ini.

Terus Ikuti Update Bulutangkis Lainnya Hanya di INDOSPORT.

Tommy SugiartoKevin SanjayaTaufik HidayatMarcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya SukamuljoMarcus Fernaldi GideonTRIVIABulutangkis

Berita Terkini