x

Profil Tim Piala Sudirman: Korea Selatan, Juara Bertahan yang Tampil Pincang

Minggu, 12 Mei 2019 17:33 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Pasangan ganda putri Korea Selatan, Lee So Hee/Shin Seung Chan.

INDOSPORT.COM - Turnamen bulutangkis beregu dunia, Piala Sudirman 2019, akan segera dihelat di China pada 19 hingga 26 Mei mendatang. 

Sebanyak 12 negara di Grup I bakal salaing bersaing memperebutkan gelar juara turnamen beregu paling bergengsi ini. 

Salah satu peserta di Grup 1 tentu saja adalah Korea Selatan. Korea Selatan selama bertahun-tahun selalu diperhitungkan di turnamen ini. 

Baca Juga

Sebagai salah satu kekuatan bulutangkis dunia, Korea Selatan, memiliki sejarah yang bagus di Piala Sudirman 2019. 

Sejak turnamen pertama kali dihelat pada tahun 1989 lalu, Korea Selatan telah empat kali keluar sebagai juara (1991, 1993, 2003, 2017). 

Korea Selatan merupakan juara bertahan pada gelaran Piala Sudirman 2017 lalu usai menundukkan China 3-2 di babak final. Raihan ini pun menempatkan Negeri Gingseng sebagai tim kedua tersukses di Piala Sudirman setelah China (10 gelar).

Skuat 

Korea Selatan akan membawa 19 pemain untuk Piala Sudirman 2019 dengan rincian sembilan pemain putra dan 10 pemain putri. 

Sayangnya, dalam skuat tersebut Korea Selatan tidak bisa membawa pebulutangkis tunggal putra terbaik mereka, Son Wan-ho (peringkat enam dunia). Eks pemain terbaik dunia itu mengalami cedera saat mengikuti kompetisi nasional. 

Sebagai gantinya, Korea Selatan mengandalkan pemain peringkat 26 dunia, Lee Dong-keun, di sektor tunggal putra. 

Kekuatan terbesar Korea Selatan pada turnamen ini terletak pada sektor ganda putri. Di sektor ini Korea Selatan memiliki pasangan Lee So Hee/Shin Seung Chan yang duduk di ranking enam dunia.

Di sektor ganda campuran, Korea Selatan juga cukup bisa diandalkan dengan keberadaan pasangan Seo Seung Jae/Chae Yujung.

Mungkin pemain yang berpotensi memberikan kejutan di tim Korea Selatan adalah An Se-young. Pebulutangkis tunggal putri berusia 17 tahun ini ikut dibawa usai menjadi kampiun di New Zealend Open 2019 lalu. 

Berikut ini skuat lengkap Korea Selatan:

Putri:
- Sung Ji Hyun
- An Se Young
- Kim Ga Eun
- Sim Yu Jin
- Shin Seung Chan
- Kim So Yeong
- Kong Hee Yong
- Chang Ye Na
- Jung Kyung Eun
- Chae Yu Jung

Putra:
- Lee Dong Keun
- Heo Kwang Hee
- Na Sung Seung
- Kim Jae Hwan
- Kang Min Hyuk
- Kim Won Ho
- Choi Sol Gyu
- Seo Seung Jae
- Kim Dong Hoon

Prediksi

Kehilangan Son wan-ho diyakini dapat mengurangi kekuatan Korea Selatan secara signifikan. 

Selain itu, pada turnamen ini mereka tidak memiliki pemain yang berada di ranking lima besar dunia. Korea Selatan pun ditempatkan pada unggulan kelima.

Namun begitu, bukan berarti Korea Selatan tak bisa diperhitungkan. Pengalaman mereka yang bagus di turnamen ini tentunya bisa menjadi modal utama tim.

Selain itu, dalam kejuaraan beregu, Korea Selatan juga kerap mampu menunjukkan tajinya. 

Baca Juga

Kami prediksi Korea Selatan bisa melaju hingga babak semifinal. Keberadaan Jepang yang tengah dalam puncak performa bisa menjadi halangan terbesar bagi Korea Selatan. 

Terus Ikuti Perkembangan Bulutangkis dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

Korea SelatanChinaPiala SudirmanBulutangkis

Berita Terkini