x

Saina Nehwal: Wakil India Pertama yang Pernah 'Jajah' Indonesia

Jumat, 5 Juli 2019 19:56 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Sebagai salah satu pebulu tangkis India tersukses sepanjang sejarah, Saina Nehwal juga merupakan wakil India pertama yang mampu menjajah gelaran Indonesia Open.

INDOSPORT.COM - Sebagai salah satu pebulu tangkis India tersukses sepanjang sejarah, Saina Nehwal juga merupakan wakil India pertama yang mampu menjajah gelaran Indonesia Open.

Tak berlebihan rasanya jika Saina Nehwal disebut sebagai orang India pertama yang mampu menjajah turnamen bulu tangkis Indonesia Open.

Selain merupakan wakil India pertama yang bisa meraih juara di Indonesia Open, Saina juga melakukannya dalam tempo tiga kali. Yaitu pada Indonesia Open 2009 dan 2010 berturut dan juga Indonesia Open 2012.

Baca Juga

Capaian Saina Nehwal itu menjadi sangat spesial karena selama ini di nomor tunggal putri Indonesia Open dikuasai oleh pebulu tangkis China. 

Saat ada wakil negara lain yang juara, mereka paling hanya sekali mampu melakukannya. Seperti Camila Martin dari Denmar, Sayaka Sato dari Jepang, dan Tai Tzu-ying wakil Chine Taipei tahun 2018 lalu.

Lalu, dengan capaian luar biasanya bisa menjajah Indonesia, siapa sebenarnya Saina Nehwal? Berikut INDOSPORT merangkumkan singkat profilnya.

Saina Nehwal

Saina Nehwal smash Shuttlecock kepada lawan di Odense Sports Park (21/10/18). Shi Tang/Getty Images

Lahir dari pasangan India Harvir Singh Nehwal and Usha Rani Nehwal di Hisar, India 17 Maret 1990, Saina Nehwal sebenarnya tak memiliki darah bulu tangkis yang sangat kuat dari kedua orang tuannya.

Sang Ayah justru merupakan seorang akademisi, sementara sang Ibu meski merupakan atlet bulu tangkis yang hanya di level lokal Haryana, India.

Namun, latar belakang sang Ibu tersebut sudah cukup untuk membuat Saina Nehwal yang mulai berlatih bulu tangkis di usia delapan tahun, serius memilih olahraga tepok bulu sebagai jalan hidupnya.

Saina Nehwal mengawali karier profesionalnya dengan juara di Asian Satellite Badminton tournament Chapter India pada usia 16 tahun. Bahkan, di usia yang sama, dirinya mampu menjadi wanita India pertama dan termuda di Asia yang berhasil juara di empat turnamen bulu tangkis bintang empat dunia

Baca Juga

Sejak saat itu, karier bulutangkis Saina Nehwal seakan tak terbendung. Berbagai gelar juara di tunnamen BFW Suoerseries berhasil direngkuhnya. Mulai dari Australia Open, Denmark Open. Termasuk raiham medali perak di turnamen paling prestisius, All England tahun 2015.

Hingga kini menjalani kariernya selama 13 tahun, Saina Nehwal tercatat telah memenangkan 414 pertandingan dan kalah di 177 pertandingan lainnya. Untuk raihan juara, setidaknya ada 24 gelar internasional yang berhasil diamankan Saina Nehwal dalam lemari trofinya.

IndiaSaina NehwalIndonesia OpenRaket

Berita Terkini