x

Peluang Ganda Putra Juara Indonesia Open 2019, Apakah Marcus Gideon/Kevin Sanjaya Mampu?

Minggu, 7 Juli 2019 17:03 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Tiga ganda putra Indonesia (Angga Pratama/Ricky Karanda, Mohammad Ahsan/Hendra Ahsan, dan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon).

INDOSPORT.COM - Kejuaraan dunia BWF Super 1000 Indonesia Open 2019 akan segera berlangsung pada tanggal 16-21 Juli mendatang dan apakah ada peluang ganda putra untuk menjadi juara?

Sebagai tuan rumah, Indonesia tampil dengan kekuatan penuh untuk memperebutkan total hadiah 1,25 juta dollar Amerika. PBSI selaku induk organisasi bulutangkis Indonesia mengirimkan pemain unggulannya di berbagai sektor.

Khususnya untuk sektor ganda putra, PBSI mengirim para duet terbaik milik Indonesia. Ada Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Berry Angriawan/Hardianto, Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso dan Angga Pratama/Ricky Karandasuwardi.

Baca Juga

Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) telah mengumumkan jadwal pertandingan dan undian babak utama Indonesia Open 2019. Yang babak pertama akan dimulai dengan 32 besar akan dimulai pada Selasa, 16 Juli 2019 mendatang.

Marcus/Kevin sendiri langsung berhadapan lawan yang sulit, yaitu ganda putra wakil Jepang, Takuto Inoue/Yuki Kaneko. Sementara Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan akan menghadapi wakil Inggris, Marcus Ellis/Chris Langridge.

Baca Juga

Dan juga tiga pasangan ganda putra lainnya juga sudah mengetahui lawan mereka masing-masing. Melihat itu semua, apakah peluang ganda putra juara Indonesia Open 2019 terbuka lebar?

Berikut ini INDOSPORT coba mengulas seperti apa penampilan kelima pasangan ganda putra Indonesia untuk melihat peluang juara, apakah Marcus/Kevin mampu?


1. Pasangan Ganda Putra Indonesia yang Berpeluang Juara

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Melihat lima pasangan yang sudah didaftarkan oleh PBSI untuk turnamen Indonesia Open 2019, tentu banyak masyarakat Indonesia yang berharap pada kehebatan Marcus Gideon/Kevin Sanjaya.

Bagaimana tidak, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya sudah menyumbang banyak gelar untuk bulutangkis Indonesia dan bahkan mereka memuncaki ranking untuk sektor ganda putra di dunia.

Apalagi pasangan Marcus/Kevin berhasil menyabet gelar juara di Indonesia Open 2018 lalu dengan mengalahkan Takuto Inoue/Yuki Kaneko di partai final yang berakhir dengan kemenangan dalam dua set langsung.

Kevin Sanjaya/Marcus Gideon saat kalah di final Badminton Asia Championships 2019.

Untuk keduanya, mereka juga sudah mengoleksi sebanyak dua gelar sepanjang tahun 2019 ini, dari gelaran Indonesia Masters yang digelar pada tanggal 22-27 Januari 2019 dan juga Malaysia Masters pada tanggal 15-20 Januari 2019 lalu.

Penampilan terakhir Marcus/Kevin sendiri adalah saat berlaga di Piala Sudirman 2019 di Nanning, China pada Mei 2019 lalu. Bermain secara tim, Marcus/Kevin berhasil menaklukkan wakil Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dengan skor 2-0 dalam dua set langsung.

Baca Juga

Sayang sekali, langkah Tim Indonesia harus terhenti di babak semifinal Piala Sudirman 2019 dengan secara keseluruhan kalah 1-3 dari tim Jepang. Selain ganda putra yang diperkuat oleh Kevin/Marcus, wakil-wakil Indonesia lainnya tidak ada yang menang.

Dengan baru dua gelar di sepanjang tahun 2019 ini, Kevin/Marcus pun tentunya ingin meraih gelar juara apalagi Indonesia Open 2019 akan dimainkan di negeri sendiri.

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan melaju ke final Indonesia Masters 2019

Selain Kevin/Marcus, ada juga wakil Indonesia yang tak boleh dilupakan begitu saja. Yaitu pasangan  Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang juga akan dikirim bermain di Indonesia Open 2019 pada pertengahan Juli mendatang.

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan berada di urutan keempat untuk ranking BWF yang dirilis pada Selasa (02/07/19) kemarin. Tapi, sayang sekali, Hendra/Ahsan harus mengalami kekalahan di babak perempatfinal Australian Open 2019 dari wakil Korea Selatan.

Hal ini pun yang harus diperhatikan oleh Hendra/Ahsan, apalagi lawan perdana mereka adalah wakil Inggris, Marcus Ellis/Chris Langridge yang baru saja menjuarai kompetisi European Games 2019.

Masih belum tahu seberapa jauh Hendra/Ahsan akan melaju di Indonesia Open 2019 ini, tapi yang jelas mereka juga baru meraih dua gelar di sepanjang 2019 ini, yaitu New Zealand Open dan Singapore Open.

Selanjutnya ada Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, yang juga salah satu pasangan ganda putra unggulan milik Indonesia. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto saat ini menempati urutan keenam ranking dunia.

Baca Juga

Namun, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto hanya baru meraih satu gelar di sepanjang tahun ini, yaitu saat Swiss Open 2019. Mereka berhasil mengalahkan wakil dari Chinese Taipei dalam dua set langsung.

Dari semua penampilan beberapa ganda putra dalam beberapa bulan terakhir ini, nampaknya hanya Marcus/Kevin yang memiliki peluang besar untuk menyegel gelar juara di sektor ganda putra Indonesia Open 2019.

Mohammad AhsanHendra SetiawanBWFJapan Open Super SeriesPBSIKevin SanjayaAngga PratamaBerry AngriawanFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoHendra Setiawan/Mohammad AhsanMarcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya SukamuljoAngga Pratama/Ricky Karanda SuwardiAde Yusuf/Wahyu Nayaka Arya PankaryaniraMohammad Ahsan/Hendra SetiawanKevin Sanjaya/Marcus GideonWahyu Nayaka Arya/Ade YusufMuhammad Rian Ardianto/Fajar AlfianIndonesia OpenAngga Pratama/Ricky SuwardiHardiantoRaketBerry Angriawan/HardiantoMarcus Fernaldi GideonFajar AlfianBulutangkisIndonesia Open 2019

Berita Terkini