x

3 Fakta Mencengangkan di Wimbledon 2019

Senin, 15 Juli 2019 11:48 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Novak Djokovic di laga final Wimbledon menghadapi Roger Federer, Senin (15/07/19) dini hari WIB.

INDOSPORT.COM - Turnamen Grand Slam Wimbledon 2019 baru saja berakhir pada Minggu (14/07/19) kemarin. Berbagai drama tercipta di partai final, termasuk lahirnya penguasa baru di beberapa sektor.

Tak hanya drama, turnamen tenis yang digelar sejak Senin (01/07/19) lalu ini juga turut dihadiri oleh para tokoh dan selebriti ternama dunia.

Bahkan, anggota kerajaan Inggris selaku tuan rumah penyelenggara juga turut meramaikan tribun penonton salah satu pagelaran tenis Grand Slam ini.

Baca Juga

Jika final tunggal putri dihadiri oleh Kate Middleton dan Meghan Markle, maka final tunggal putra dihadiri oleh Pangeran Williams didampingi istrinya, Kate Middleton.

Meskipun sudah berakhir, namun siapa sangka kalau turnamen Wimbledon 2019 memiliki beberapa fakta mencengangkan selama pagelarannya.

Berikut ini INDOSPORT merangkum 3 fakta mencengangkan turnamen Wimbledon 2019:

Lahirnya petenis muda berbakat

Tidak ada yang menyangkan kalau turnamen sekelas Wimbledon menjadi panggung unjuk gigi bocah 15 tahun asal Amerika Serikat, Cori Gauff.

Sempat diragukan akan gugur di babak pertama lantaran bertemu dengan petenis kawakan, Venus Williams, petenis yang akrab disapa Coco tersebut sukses membungkam keraguan yang ditujukan padanya.

Ia bahkan berhasil memulangkan Venus lebih dini dari panggung Wimbledon 2019. Tak hanya itu, ia bahkan berhasil mencapai babak 16 besar, sebelumya akhirnya kalah atas Simona Halep dengan skor akhir 6-3, 6-3, yang sekaligus menghentikan perjalanan fantastis bocah 15 tahun di panggung Grand Slam.

Lahirnya Penguasa Baru

Di beberapa sektor pertandingan Wimbledon 2019 tercatat lahirnya penguasa baru. Sebut saja di sektor tunggal putri, di mana secara mengejutkan Simona Halep berhasil mengalahkan Ratu Grand Slam, Serena Williams, di partai final yang berlangsung Sabtu (13/07/19) kemarin.

Halep bahkan berhasil meraih podium pertamanya di Wimbledon 2019 dengan mengalahkan petenis asal Amerika Serikat tersebut hanya dalam dua set dengan skor akhir 6-2, 6-2.

Tak hanya di sektor tunggal putri, penguasa baru pun juga lahir di sektor ganda putra, ganda campuran dan ganda putri. Jika sebelumnya pasangan Mike Bryan - Jack Sock yang berhasil menjadi juara ganda putra Wimbledon 2018, maka di edisi 2019, pasangan  Juan Sebastián Cabal - Robert Farah yang berhasil menjadi juara.

Demikian pula di sektor ganda putri, dimana pasangan Hsieh Su-wei / Barbora Strýcová berhasil naik ke podium pertama usai mengalahkan pasangan Gabriela Dabrowski-Xu Yifan dengan skor 6-2. 6-4.

Barbora sebenarnya bukan juara baru, karena di tahun 2018 ia juga berhasil menjadi juara di sektor ganda putri. Hanya saja dia berganti pasangan dari Kateřina Siniaková ke Hsieh Su-Wei.

Sedangkan di sektor ganda campuran, gelar juara yang direbut pasangan Alexander Peya - Nicole Melichar tahun lalu, resmi digeser oleh pasangan Ivan Dodig / Latisha Chan tahun ini usai mengalahkan Jelena Ostapenko/Robert Lindstedt di partai final dengan skor akhir 6-2, 6-3.

Baca Juga

Kemenangan Epik Novak Djokovic

Petenis Serbia berhasil meraih gelar kelima Wimbledonnya usai mengalahkan Maestro lapangan rumput, Roger Federer. Kemenangan petenis nomor 1 dunia tersebut pun bisa dibilang kemenangan epik karena ia harus melalui pertarungan super sengit lima set yang berakhir dengan skor akhir 7-6, 1-6, 7-6, 4-6 dan 13-12.

Kemenangan Novak Djokovic ini menjadi epik lantaran ia juga berhasil memupus harapan Roger Federer untuk meraih gelar ke-9 di  Wimbledon tahun ini.

Rafael NadalWimbledonSimona HalepRoger FedererTenisBerita OlahragaBerita SportCori Gauff

Berita Terkini