x

Dari Bule Cantik Hingga Jawara Olimpiade, Apa Kabar Para Mantan Pasangan Hendra Setiawan?

Minggu, 25 Agustus 2019 18:13 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung

INDOSPORT. COM - Hendra Setiawan diketahui pernah berpasangan dengan sejumlah pebulutangkis dalam kariernya di nomor ganda putra dan campuran. Apa kabar para mantan pasangan Hendra Setiawan tersebut?

Tepat pada hari Minggu, 25 Agustus 2019, Hendra Setiawan, atlet bulutangkis andalan Indonesia merayakan ulang tahun. Pebulutangkis kelahiran Pemalang, Jawa Tengah ini, kini resmi menginjak usia yang ke-35.

Beberapa hari sebelum merayakan ulang tahunnya, Hendra Setiawan sempat meraih prestasi gemilang. Belum lama ini, Hendra Setiawan bersama pasangannya, Mohammad Ahsan, mencetak sejarah di ranking dunia BWF dengan menempati posisi dua.

Baca Juga

Tak puas sampai di situ, Hendra Setiawan juga berpeluang merayakan hari jadinya dengan sebuah gelar juara. Tepat pada hari ini, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan akan bertanding dalam laga final kontra Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, guna memperebutkan trofi Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019 di Basel, Swiss.

Masih dalam nuansa bahagia ulang tahun Hendra Setiawan, redaksi berita olahraga INDOSPORT coba mengulas tentang perjalanan kariernya. Kali ini, bahasan akan lebih tertuju kepada kabar terkini dari para pebulutangkis yang dahulu pernah berpasangan dengan Hendra Setiawan.

Lalu, siapa saja dan seperti apa kabar terkini dari para mantan pasangan Hendra Setiawan tersebut? Mari disimak ulasannya bersama.

Anastasia Russkikh

Anastasia Russkikh pebulutangkis cantik Rusia

Hendra Setiawan tak hanya pernah berpasangan dengan sesama pebulutangkis asal Indonesia saja. Ia juga sempat memiliki partner yang berstatus warga negara Rusia, Anastasia Russkikh.

Kiprah Hendra Setiawan/Anastasia Russkikh begitu terlihat di ajang Indonesia Open 2010 silam. Kala itu, keduanya turun pada nomor ganda campuran dan mampu meraih prestasi cukup manis.

Hendra Setiawan/Anastasia Russkikh berhasil melenggang hingga partai final. Sayang, ketika bertarung di laga puncak, Hendra Setiawan/Anastasia Russkikh kalah dari ganda campuran Polandia, Robert Mateusiak/Nadiezda Zieba, dua set langsung 18-21, 20-22.

Baca Juga

Lama tak terdengar kabarnya, Anastasia Russkikh ternyata kini telah alih profesi. Namun, Anastasia Russkikh masih berkecimpung di ranah bulutangkis, yakni berprofesi sebagai pelatih.

Wanita berambut pirang itu tengah menjabat dalam tim kepelatihan sebuah akademi bulutangkis di St. Petersburg, Rusia. Anastasia Russkikh menerima jabatan tersebut sejak awal Mei 2019 lalu.

Tan Boon Heong

Hendra Setiawan/Tan Boon Heong menjadi runner up Australia Open 2017.

Hendra Setiawan sepertinya cukup familiar bila membahas pengalaman karier berpasangan dengan pebulutangkis asing. Tak hanya Anastasia Russkikh saja, Hendra Setiawan juga pernah memiliki pasangan yang berasal dari Malaysia, Tan Boon Heong.

Jalinan kerjasama Hendra Setiawan/Tan Boon Heong tercipta pada tahun 2017 lalu. Kala itu, keduanya telah sama-sama keluar dari pelatihan nasional negaranya masing-masing, memutuskan untuk membuat duet di nomor ganda putra.

Setidaknya ada 18 kejuaraan yang diikuti Hendra Setiawan/Tan Boon Heong di sepanjang tahun 2017. Paling manis, ganda putra 'gado-gado' ini pernah menembus partai puncak Australian Open 2017.

Tan Boon Heong sendiri kini sudah tak mengambil jalur indie lagi. Ia telah kembali ke Malaysia dan berpasangan dengan rekan senegaranya, Shia Chun Kang.

Kejuaraan terakhir yang diikuti Tan Boon Heong/Shia Chun Kang adalah Yonex Akita Masters pada 13-18 Agustus 2019 lalu. Sayangnya, langkah Tan Boon Heong/Shia Chun Kang hanya bisa sampai babak 16 besar saja.


Markis Kido

Caption

Mantan pasangan paling indah Hendra Setiawan mungkin tertuju pada nama Markis Kido. Keduanya dahulu sempat saling bekerjasama dan menghasilkan sebuah prestasi yang begitu membanggakan.

Kiprah paling hebat Hendra Setiawan/Markis Kido tercipta pada tahun 2008 silam. Berlaga di ajang Olimpiade, Hendra Setiawan/Markis Kido berhasil menyabet medali emas, usai mengalahkan pasangan China, Cai Yun/Fu Haifeng.

Markis Kido sendiri kini sudah pensiun dari profesinya sebagai pebulutangkis. Meski begitu, Markis Kido tak sama sekali meninggalkan dunia bulutangkis, dan saat ini telah alih profesi menjadi pelatih.

Kabar terakhir, Markis Kido tengah menjabat dalam tim kepelatihan Jaya Raya dan menangani sektor ganda putra. Begitulah kurang lebih kisah dari para mantan yang pernah berpasangan dengan Hendra Setiawan, mana yang menurut kalian paling berkesan?

Hendra SetiawanIndonesiaMarkis KidoHendra Setiawan/Mohammad AhsanMarkis Kido/Hendra SetiawanBerita OlahragaBerita Sport

Berita Terkini