x

Hasil Indonesia Masters: Kalah dari China, Adnan/Mychelle Runner Up

Minggu, 6 Oktober 2019 15:30 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Arum Kusuma Dewi
Adnan Maulana/Mychelle Chrystine Bandaso (Indonesia) keluar sebagai juara ganda campuran Russia Open 2019. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Perhelatan final bulutangkis Indonesia Masters Super 100 2019 telah usai. Di sektor ganda campuran, wakil China, Guo Xinwa/Zhang Shuxian, mampu jadi juara setelah menggulingkan wakil Indonesia, Adnan Maulana/Mychelle Chrystine Bandaso, dengan skor 21-18, 16-21, dan 28-26.

Pada game pertama yang digelar di Ken Arok Sports Hall, Malang, Indonesia itu, Adnan mampu meraih poin terlebih dahulu melalui smash kerasnya yang tak mampu dihalau oleh wakil China. Meski demikian, lawan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Indonesia terus unggul sampai skor 3-1 sebelum melakukan kesalahan dan memberi poin bagi lawan. Akan tetapi, Xinwa/Shuxian tampaknya mulai panas dan terus menempel ketat poin Adnan/Mychelle. Bahkan, mereka mampu mengubah kedudukan menjadi 8-7.

Baca Juga

Indonesia beberapa kali terlihat melakukan kesalahan dengan memukul bola terlalu rendah hingga tersangkut net. Akhirnya, kedudukan sementara adalah 11-10 untuk keunggulan dari ganda campuran China sebelum istirahat.

Usai jeda, Adnan kembali beberapa kali memberikan poin cuma-cuma untuk lawannya, membuat kedudukan semakin jauh, yaitu 12-15. Lawan terus unggul sampai 17-14 hanya karena kesalahan Adnan. Akhirnya, game pertama ini dimenangkan oleh China dengan skor 21-18.

Game ke-2, Indonesia kembali tertinggal 1-3. Lagi-lagi permainan net dari Adnan menjadi bumerang bagi Indonesia. Beruntung, ia membayar dengan smash keras yang tak mampu dihalau oleh lawan, membuat skor sama kuat 4-4.

Pertandingan makin seru di awal game dua ini dengan kedua pihak saling mengejar poin, mulai dari 5-5, 6-6, 7-7, sebelum China kembali unggul 10-7. Namun, semangat pantang menyerah dari pasangan Indonesia membuat kedudukan kembali sama 10-10 Akhirnya, Adnan/Mychelle mampu unggul 11-10.

Setelah istirahat, Indonesia bisa memperlebar selisih poin menjadi 13-10. Adnan mulai bisa bermain lebih baik kali ini. Hanya saja, Xinwa/Shuxian juga tak kasih kendor dan tetap mencoba memperkecil ketertinggalan poin mereka.

Peluang Indonesia untuk menang semakin besar ketika mereka sudah unggul empat poin, 18-13. Hal ini tampaknya membuat wakil China sedikit 'merelakan' babak ini untuk kembali berjuang di game ke-3. Akhirnya, Adnan/Mychelle mampu menang 21-16.

Game ke-3, game penentuan. China berhasil mencuri dua poin sekaligus sebelum Indonesia berhasil mendapatkan poin dan menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Adnan empat kali melakukan kesalahan lagi yang membuat lawan kembali unggul dua poin.

Ketika skor sudah 8-5 untuk keuntungan China, Indonesia makin sulit untuk mengejar. Sampai akhirnya, seperti awal game pertama, pasangan Xinwa/Shuxian mampu unggul 11-8 sebelum jeda.

Sama seperti sebelumnya, Adnan melakukan tiga kali kesalahan dengan pukulan-pukulan yang menyangkut di net. Hal ini membuat lawan unggul 14-9. Sialnya, Mychelle juga sempat gagal melakukan servis yang berujung poin untuk China.

Saat skor sudah 15-10, Indonesia mulai mencoba mengejar. Mereka akhirnya mendapat tiga poin berturut-turut. Adnan bahkan mampu melakukan permainan ciamik pasif-agresif yang membuat lawan tak berkutik. Suporter Indonesia langsung bergemuruh karena hal ini.

Indonesia terus menggempur China sampai skor menjadi sama 16-16 bahkan melampauinya menjadi 17-16 berkat pukulan Mychelle. Di game pamungkas ini, pihak China pun juga terus menggempur Indonesia sampai terjadi kejar-kejaran poin. Akhirnya, Xinwa/Shuxian mampu menang dengan skor spektakuler 28-26.

Baca Juga

Dengan hasil ini, otomatis pasangan pemain bulutangkis ganda campuran China, Guo Xinwa dan Zhang Shuxian, mampu menjadi juara di kompetisi Indonesia Masters 2019 Super 100.

Sementara itu, wakil Indonesia lain yang sudah dipastikan bakal juara Indonesia Masters 2019 adalah di sektor ganda putri, di mana Della Destiara Harris/Rizki Amelia Pradipta melawan rekan senegara mereka, Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto.

IndonesiaChinaMychelle Crhystine BandasoBulutangkisIndonesia Masters 2019Berita OlahragaBerita Sport

Berita Terkini