x

Jones Ralfy Jansen, Alumni Terbaik PB Djarum yang Pilih Membela Jerman

Minggu, 13 Oktober 2019 19:48 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Arum Kusuma Dewi
Lahir di Jakarta, 12 November 1992, pemain bulutangkis alumnus PB Djarum, Jones Ralfy Jansen, memilih untuk melepas kewarganegaraan Indonesia dan membela Jerman.

INDOSPORT.COM – Lahir di Jakarta, 12 November 1992, pemain bulutangkis alumnus PB Djarum, Jones Ralfy Jansen, memilih untuk melepas kewarganegaraan Indonesia dan membela Jerman.

Ralfy merupakan pemain bulutangkis blasteran Indonesia-Jerman. Ia mendapatkan darah Jerman dari sang ayah, Joy Jansen, sementara ibunya, Meity Rumayar, asli Indonesia.

Semasa kecil, Ralfy dan kakaknya, Cisita Jansen, dibesarkan di Indonesia. Pada tahun 2007, Ralfy dan kakaknya bergabung ke PB Djarum.

Baca Juga

Ralfy bahkan meraih penghargaan pemain terbaik tahun 2010. Akan tetapi, ia tidak kunjung mendapatkan panggilan dari pelatnas meski menjadi juara Kejurnas di Makassar.

Pada awal tahun 2012, Ralfy mengikuti jejak kakaknya ke Jerman. Ralfy yang awalnya hanya ingin melanjutkan kuliah Manajemen Keuangan di Saarbrucken malah ikut berlatih di pusat latihan tim bulutangkis Jerman yang kebetulan berada di kota yang sama.

Saat mengikuti turnamen Turkey International, Ralfy yang berpasangan dengan Cisita berhasil mengalahkan Marcus Fernaldi Gideon/Gabriela Stoeva di final.

Baca Juga

Ralfy resmi menjadi warga negara Jerman pada 2017. Ia lantas mulai mentas di turnamen-turnamen bergengsi bersama Jerman, seperti Piala Thomas, Piala Sudirman, dan Kejuaraan Dunia.

Ralfy saat ini menduduki peringkat 55 dunia ganda putra bersama Peter Kaesbauer. Ia juga masih bermain rangkap di nomor ganda campuran berduet dengan Kilasu Ostermeyer dan menempati peringkat 77 dunia.

Ralfy/Kasbauer terakhir berhasil menjuarai Lagos International 2019 dan meraih runner up Finnish Open 2019 setelah di final kalah dari pasangan Indonesia, M. Shohibul Fikri/Bagas Maulana.

JermanPB DjarumBulutangkisBerita OlahragaJones Ralfy Jansen

Berita Terkini