x

Fuyu Iwasaki, Pemain Jepang yang Bela Indonesia di Macau Open

Selasa, 29 Oktober 2019 13:46 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Fuyu Iwasaki, pemain bulutangkis Jepang yang membela Indonesia di Macau Open 2019

INDOSPORT.COM - Pemain Jepang, Fuyu Iwasaki, tampil di Macau Open 2019 dengan bendera Indonesia berpasangan dengan Dhea Bunga Anjani.

Dari namanya, Fuyu Iwasaki begitu lekat dengan negara Jepang. Akan tetapi, dalam situs BWF ia tertulis membela Indonesia di Macau Open.

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya ia berbendera Indonesia di ajang BWF World Tour. Sepanjang 2019, sudah ada dua turnamen yang diikuti, yakni Mongolia International Challenge dan Akita Masters.

Namanya sempat masuk daftar pemain dari PBSI yang turun di Korea Open kategori BWF Super 500 berpasangan dengan Dhea Bunga Anjani.

Baca Juga

Namun, tenyata nama Fuyu Iwasaki/ Dhea Bunga tidak ada di daftar peserta dan drawing Korea Open. Kini, keduanya turun lagi di Macau Open.

Fuyu Iwasaki lahir pada tanggal 21 Desember 1998 (sekarang 21 tahun). Ia dikabarkan mempunyai darah Indonesia dari sang ibu.

Pada tahun 2016 saat berusia 18 tahun, Fuyu Iwasaki tercatat masih membela Jepang dan memperkuat klub Gifu Tricky Panders yang pernah dibela salah satu ganda putri terbaik dunia Sayaka Hirota/Yuki Fukushima.

Fuyu Iwasaki tercatat pernah menjuarai Russian Junior White Nights 2016 berpasangan dengan Akane Nakajima. Selain itu, ia juga turun di Malaysia International Youth U-19 dan Korea Junior Open.

Baca Juga

Besar kemungkinan Fuyu Iwasaki telah menjadi kewarganegaraan Indonesia, entah naturalisasi atau memilih kewarganegaraan setelah usia 18 tahun menurut UU No. 12 tahun 2006.

Baru tahun ini debut di ajang internasional, Fuyu Iwasaki/Dhea Bunga memang belum padu. Peringkat mereka juga masih di atas 100 besar BWF.

Kehadiran Fuyu Iwasaki setidaknya memberi pilihan di skuat ganda putri Indonesia yang masih bergantung kepada Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

JepangBWFIndonesiaBulutangkisBerita OlahragaBerita SportMacau Open 2019Berita Bulutangkis

Berita Terkini