x

Update Sementara Daftar Pebulutangkis yang Resmi Tampil di BWF World Tour Finals 2019

Minggu, 10 November 2019 20:35 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Indra Citra Sena
Berakhirnya turnamen Fuzhou China Open 2019 akhirnya memastikan sedikit banyaknya pebulutangkis yang akan tampil di World Tour Finals 2019.

INDOSPORT.COM - Berakhirnya turnamen Fuzhou China Open 2019 memastikan sedikit banyaknya pebulutangkis yang akan tampil di World Tour Finals 2019. Siapa sajakah mereka?

Turnamen BWF World Tour Finals akan segera digelar mulai 11-15 Desember 2019 mendatang di Guangzhou, China. BWF World Tour Finals 2019 merupakan ajang bulutangkis yang tidak bisa diikuti oleh semua pebulutangkis.

Sebab, setiap sektor hanya akan diikuti oleh delapan pemain atau pasangan dari setiap negara yang hanya boleh mengirimkan paling banyak dua wakil di masing-masing sektor.

Namun, dua wakil yang dikirim oleh suatu negara harus masuk kualifikasi dari ranking dan ranking tersebut diakumulasi dari total poin yang diperolehnya saat berlaga di turnamen Super 100 hingga Super 1000.

Setidaknya terdapat tiga turnamen Super 1000, 5 turnamen Super 750, 7 turnamen Super 500, dan 11 turnamen Super 300 yang bisa diikuti oleh para pebulutangkis.

Baca Juga

Dilansir akun Instagram @badmintontalk_com, berikut INDOSPORT paparkan update sementara pebulutangkis yang sudah pasti masuk kualifikasi BWF World Tour Finals 2019:

Pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan sudah pasti akan tampil di World Tour Finals karena status mereka sebagai juara dunia 2019 dan secara matematis pasangan berjuluk The Daddies tersebut juga akan berada di top 20 ranking dunia hingga akhir periode kualifikasi.

Sejauh ini, selama 2019 Ahsan/Hendra telah mengikuti 13 turnamen BWF World Tour dan menjadi juara dua kali di All England Open dan New Zealand Open serta menjadi runner-up sebanyak enam kali di Indonesia Masters, Singapore Open, Indonesia Open, Japan Open, China Open, dan Denmark Open.

Berstatus sebagai juara dunia 2019 telah memastikan pasangan Zheng Siwei/Huang Yaqiong akan diundang di World Tour Finals 2019. Apalagi selama 2019, mereka telah lima kali juara di Indonesia Masters, All England Open, Malaysia Open, Indonesia Open, China Open dan sekali runner-up di Korea Open 2019.

Status Kento Momota sebagai Juara Dunia dan menduduki peringkat satu dunia di sektor tunggal putra serta telah meraih tuju gelar juara.

Perinciannya antara lain German Open, All England Open, Singapore Open, Japan Open, China Open, Korea Open dan Denmark Open dan sekali Runner Up di Indonesia Masters. Prestasi ini membuatnya secara otomatis tampil di World Tour Finals 2019.

Tunggal putri India, PV Sindhu juga sudah pasti akan tampil di World Tour Finals 2019 setelah sukses menjadi juara dunia dan dipastikan tidak akan keluar dari top 20 dunia sampai akhirnya periode kualifikasi.

Status juara dunia yang diraih oleh Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara tahun ini serta satu kali juara di Singapore Open 2019, dua kali menjadi runner-up di All England serta Japan Open 2019 juga secara otomatis membuat mereka akan tampil di World Tour Finals 2019.

Pasangan ganda putri Korea Selatan, Kim So-yeong/Kong Hee-yong juga dipastikan akan tampil di World Tour Finals 2019 setelah mereka sukses mencapai perempatfinal French Open 201 dan memastikan bahwa mereka tetap berada di top 8 ranking race to Guangzhou hingga akhir periode.

Sepanjang 2019, mereka sukses meraih 4 kali juara di Korea Open, Japan Open, New Zealand Open dan Spain Masters dan 2 kali runner-up di Chinese Taipei Open dan Indonesia Masters.

Pasangan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda telah memastikan tiket untuk tampil di BWF World Tour Finals 2019 usai mencapai perempatfinal French Open 2019.

Sejauh ini, selama 2019 mereka telah mengikuti 14 BWF World Tour dengan sekali juara di Singapore Open dan 4 kali Runner-up di German Open, Malaysia Open, Australia Open, dan Korea Open serta 4 kali menjadi semifinalis di turnamen All England Open, New Zealand Open, Japan Open, dan Denmark Open.

Usai menjadi juara di tur Eropa yakni Denmark Open dan French Open 2019, pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Baca Juga

Praveen/Melati pun menjadi wakil Indonesia pertama yang lolos berdasarkan poin dan di 2019, mereka sudah juara dua kali dan menjadi runner-up empat kali di India Open, New Zealand Open, Australia Open, dan Japan Open.

Pasangan Thailand ini berhasil memastikan lolos ke BWF World Tour Finals usai menjajaki perempat final Macau Open 2019, terlebih lagi mereka berhasil menjadi juara di turnamen tersebut.

Sejauh ini, selama 2019 mereka telah mengikuti 14 BWF World Tour dengan 3 kali juara di Singapore dan Korea Open serta Macau Open dan dua kali menjadi runner-up di Thailand Masters dan Malaysia Masters.


1. Daftar Pebulutangkis Sementara yang Lolos ke BWF World Tour Finals 2019

Kevin Sanjaya/Marcus Gideon sukses meraih gelar Fuzhou China Open 2019.

Pasangan Malaysia Chan Peng Soon/Goh Liu Ying sukses mengunci tiket ke BWF World Tour Finals 2019 usai mencapai babak kedua Fuzhou China Open 2019.

Sejauh ini, selama 2019 mereka telah mengikuti 18 BWF World Tour dengan 2 kali juara di Thailand Masters dan New Zealand Open dan lima kali semifinalis di turnamen Malaysia Masters, Indonesia Masters, Indonesia Open, Japan Open,  dan Chinese Taipei Open.

Pasangan China Wang Yilyu/Huang Doping pun sukses mengunci tiket ke BWF World Tour Finals setelah mencapai babak kedua Fuzhou China Open 2019.

Selama 2019 mereka telah mengikuti 11 BWF World Tour dengan 4 kali juara di India Open, Australian Open, Japan Open, Thailand Open dan empat kali runner-up di Malaysia Open, Indonesia Open, China Open, Denmark Open.

Mencapai babak kedua Fuzhou China Open 2019 berhasil membuat Ratchanok Intanon memastikan tiket untuk tampil di World Tour Finals 2019, dimana ia menjadi pemain non-juara dunia pertama yang berhasil lolos ke Guangzhou, China.

Sejauh ini, selama 2019 ia telah mengikuti 16 BWF World Tour dengan 2 kali juara di Malaysia Masters, India Open dan tiga kali runner-up di German Open, Thailand Open, Korea Open.

Chou Tien Chen sukses menjadi pemain non-juara dunia pertama di tunggal putra yang lolos ke World Tour Finals 2019 setelah mencapai babak kedua Fuzhou China Open 2019.

Selama 2019, ia telah mengikuti 15 BWF World Tour dengan 3 kali juara di Indonesia Open, Thailand Open, Chinese Taipei Open dan sekali runner-up di Korea Open.

Jonatan Christie menjadi tunggal putra pertama Indonesia yang berhasil memastikan tiket tampil di Guangzhou, China pada Desember mendatang.

Ia sukses lolos secara matematis ke BWF World Tour Finals 2019 usai mencapai babak kedua Fuzhou China Open 2019 dan di tahun 2019 ia meraih dua kali juara di New Zealand Open 2019 dan dua kali runner-up di Denmark dan Japan Open.

Lolos ke babak kedua Fuzhou China Open 2019 membuat Chen Yufei secara matematis dipastikan bakal tampil di Guangzhou, China pada Desember mendatang.

Di sepanjang tahun 2019 ia berhasil meraih 4 kali juara di All England, Swiss Open, Australian Open, Thailand Open dan enam kali menjadi semifinalis.

Pebulutangkis selanjutnya yang memastikan tampil di World Tour Finals 2019 adalah Tai Tzu Ying setelah ia menembus babak kedua Fuzhou China Open 2019.

Selama 2019, Tai Tau Ying telah mengikuti 11 BWF World Tour dengan tiga kali juara di Malaysia Open, Singapore Open, Denmark Open dan 2 kali menjadi runner-up di All England dan China Open.

Akhirnya teka-teki tentang siapa yang akan menemani pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan resmi terjawab sudah. Ya, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon telah dipastikan akan tampil di BWF World Tour Finals 2019 setelah mencapai babak perempatfinal Fuzhou China Open 2019.

Sepanjang tahun 2019, mereka sudah tujuh kali juara di Indonesia Masters, Malaysia Masters, Indonesia Open, Japan Open, China Open, Denmark Open, French Open dan sekali menjadi semifinalis di Singapore Open.


2. Update Lengkap Pebulutangkis yang Lolos ke BWF World Tour Finals 2019

Greysia Polii dan Apriyani Rahayu merayakan kelolosan ke babak semifinal Chinese Taipei Open, Jumat (06/09/19).

Pasangan China, Li Junhui/Liu Yuchen pun tak mau ketinggalan untuk memastikan tiket tampil di World Tour Finals 2019 setelah mencapai babak perempatfinal Fuzhou China Open 2019. Perlu diketahui, pasangan yang berjuluk Twin Towers tersebut merupakan juara bertahan BWF World Tour Finals 2018.

Meskipun tersingkir di babak pertama Fuzhou China Open 2019, pasangan Greysia Polii/Apriyani telah mengamankan tiket ke World Tour Finals berkat bantuan pasangan Jepang. Greysia/Apriyani juga menjadi Ganda Putri ketiga yang lolos ke Guangzhou, China pada akhir tahun ini.

Berhasil mencapai babak semifinal Fuzhou China Open 2019 membuat Nozomi Okuhara resmi mengamankan tiket menuju World Tour Finals 2019.

Selama 2019, Okuhara telah mengikuti 14 BWF World Tour dengan empat kali runner-up di Singapore Open, Australian Open, Japan Open, Denmark Open dan empat kali menjadi semifinalis di German Open, All England, Malaysia Open, Fuzhou China Open.

Menuju semifinal Fuzhou China Open 2019, pasangan Chen Qingchen/Jia Yifan sukses memastikan tiket untuk tampil di World Tour Finals 2019.

Sejauh ini, selama 2019 mereka telah mengikuti 13 BWF World Tour dengan tiga kali juara di All England, Malaysia Open, China Open dan dua kali menjadi runner-up di Australian Open dan Denmark Open.

Meskipun pasangan Lee Yang/Wang Chi-lin tersingkir di babak pertama Fuzhou China Open 2019, namun hasil yang dituai dua pasangan Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik dan Goh V Shem/Tan Wee Kiong memastikan mereka bakal tampil di World Tour Finals 2019.

Walaupun pasangan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja sudah harus tumbang di babak pertama Fuzhou China Open 2019, namun kekalahan wakil Malaysia, Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie, membuat pasangan Indonesia berhak tampil di World Tour Finals 2019.

Kekalahan pasangan Malaysia, Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie lagi-lagi membuka jalan bagi pasangan Yuta Watanabe/Arisa Higashino untuk tampil di World Tour Finals 2019. Kelolosan mereka memastikan bahwa Jepang sudah mengirimkan wakilnya di lima sektor berbeda.

Pasangan Yuki Fukushima/Sayaka Hirota akhirnya berhasil mengunci tiket untuk tampil di World Tour Finals 2019 usai menjadi juara di Fuzhou China Open 2019.

Jonatan ChristieMohammad Ahsan/Hendra SetiawanKento MomotaKevin Sanjaya/Marcus GideonNozomi OkuharaLi Junhui/Liu YuchenChen YufeiPraveen Jordan/Melati DaevaWang Yilyu/Huang DongpingPV. SindhuHafiz Faizal/Gloria Emanuelle WidjajaGreysia Polii/Apriyani RahayuTai Tzu YingBWF World Tour FinalsBulutangkisBerita OlahragaBerita SportFuzhou China Open 2019Mayu Matsumoto/Wakana NagaharaKim So-yeong/Kong Hee-yongZheng Siwei/Huang YaqiongBerita BulutangkisYuki Fukushima/Sayaka Hirota

Berita Terkini