x

Peta Persaingan Tim Bulutangkis Indonesia Raih Medali Emas di SEA Games 2019

Selasa, 12 November 2019 14:10 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Peta Persaingan Tim Bulutangkis Indonesia Raih Medali Emas di SEA Games 2019

INDOSPORT.COM - SEA Games 2019 tinggal menghitung hari saja, lantas bagaimana peta persaingan tim bulutangkis Indonesia raih medali emas di turnamen olahraga dua tahunan Asia Tenggara itu.

SEA Games 2019 akan diselenggarakan pada tanggal 30 November-11 Desember mendatang di Manila, Filipina. Untuk cabor bulutangkis, tim Indonesia menurunkan skuat yang terdiri antara pemain junior dan senior.

Tak menurunkan para pemain utama memang merupakan rencana PBSI yang punya target medali emas tapi juga menyiapkan regenerasi para pemain muda di tim bulutangkis Indonesia.

Baca Juga

"Yang paling jelas, untuk skuat yang kami turunkan kali ini adalah kombinasi senior dan junior," ucap Sekjen PBSI, Achmad Budiharto pada September 2019 lalu.

Tapi tetap saja, nama-nama unggulan di berbagai turnamen internasional bulutangkis ada yang diturunkan untuk SEA Games 2019. 

Tunggal putra: Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito, Firman Abdul Kholik 

Tunggal putri: Gregoria Mariska Tunjung, Fitriani, Ruselli Hartawan

Ganda putra: Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto, Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira, Ade Yusuf dan Daniel Marthin.

Ganda putri: Greysia Polii, Apriyani Rahayu, Siti Fadia Silva Ramadhanti, Ribka Sugiarto, Ni Ketut Mahadewi

Ganda campuran: Praveen Jordan dan Melati Daeva Oktavianti, Rinov Rivaldy dan Pitha Haningtyas Mentari.

Melihat komposisi senior dan junior, nampaknya tim bulutangkis Indonesia pantas disebut pesaing kuat untuk meraih medali emas. Hal itu pun diakui oleh legenda bulutangkis Indonesia, Christian Hadinata.

"Sebenarnya kekuatan di Asia Tenggara sama, tapi yang menjadi pesaing dua negara, yakni Malaysia dan Thailand," ucap Hadinata dilansir dari Antara News.

Pernyataan Christian Hadinata tersebut memang cukup beralasan. Thailand dan Malaysia memang menempati urutan 10 besar ranking BWF secara tim.

Baca Juga

Meski begitu, dia tetap yakin bahwa Indonesia mampu meraih sejumlah medali emas dalam 7 nomor yang akan dipertandingkan.

Yakni dua kategori beregu dan lima perorangan. Khusus perorangan, akan ada nomor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri serta ganda campuran.

Persaingan Tim Bulutangkis Indonesia di SEA Games 2019

Berbicara tentang persaingan tim bulutangkis Indonesia di SEA Games 2019, Thailand dan Malaysia memang menjadi pesaing ketat kita.

Seperti yang kita ketahui, Thailand membawa pebulutangkis putri andalannya yakni Ratchanok Intanon yang kini ada di peringkat kelima untuk tunggal putri.

Meski hanya tampil pada kategori beregu, tentu ini akan menjadi tambahan berarti untuk tim bulutangkis putri Thailand. Di mana sejak SEA Games 2011 lalu, Thailand selalu berhasil menyabet medali emas di beregu putri.

Tim bulutangkis putra Malaysia juga akan diperkuat Lee Zii Jia yang saat ini menempati urutan ke-14 di ranking BWF. Ada juga Soniia Cheah yang secara rutin mengikuti BWF World Tour 2019 untuk tim putri mereka.

Melihat dua pesaing yang punya unggulan masing-masing, baik beregu putra dan putri, tentu saja membuat tim bulutangkis Indonesia harus berbenah secepat mungkin.

Benahi Tunggal Putri dan Ganda Putri Indonesia

Apalagi para pebulutangkis untuk nomor tunggal putri yang punya catatan kurang baik sejauh tahun ini. Bayangkan saja, Indonesia baru ada di peringkat ke-25 ranking BWF untuk tunggal putri, yaitu Gregoria Mariska Tunjung.

Kompetisi terakhir Gregoria Mariska adalah Fuzhou China Open 2019, di mana dia harus terhenti di babak kedua usai kalah dari wakil Chinese Taipei, Tai Tzu Ying.

Lebih memprihatinkan lagi Fitriani, yang harus tersingkir langsung di babak pertama Fuzhou China Open 2019 dari wakil Thailand, Nitchaon Jindapol. Dalam beberapa kompetisi terakhir, Fitriani tak pernah tembus ke perempatfinal.

Sementara di ganda putri, kita bisa berharap pada pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang ada di ranking ke-8 BWF. Kompetisi terakhir yang diikuti adalah French Open 2019, di mana mereka terhenti di babak kedua.

Baca Juga

Mungkin yang bisa dilakukan oleh tim bulutangkis Indonesia untuk meraih medali emas SEA Games 2019 mendatang, adalah mengatur komposisi skuat untuk kategori beregu, baik itu putri atau putra.

Medali emas SEA Games 2019 juga bisa tim bulutangkis Indonesia raih dengan mengandalkan nomor perorangan. Seperti tunggal putra, ada Jonatan Christie, ganda putra mengandalkan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan juga ganda campuran yakni Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti

SEA GamesJonatan ChristiePraveen JordanGregoria MariskaMelati Daeva OctaviantiPraveen Jordan/Melati DaevaRaketSEA Games 2019BulutangkisBerita OlahragaBerita BulutangkisTim Bulutangkis Indonesia

Berita Terkini