x

Bukti Sahih Indonesia Adalah Raja Bulutangkis dalam Sejarah SEA Games

Jumat, 22 November 2019 17:33 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Lanjar Wiratri
Inilah bukti kuat Indonesia tetap menjadi negara yang mampu merajai kompetisi Sea Games di cabang olahraga bulutangkis.

INDOSPORT.COM - Inilah bukti kuat Indonesia tetap menjadi negara yang mampu merajai kompetisi SEA Games di bidang bulutangkis.

Perhelatan multi-event se-Asia Tenggara atau yang dikenal dengan nama SEA Games, memang akan kembali digelar mulai 30 November sampai 11 Desember 2019. Kali ini, kejuaraan tersebut akan dilaksanakan di Filipina dengan moto 'We win as one'.

SEA Games merupakan kompetisi yang memperlombakan berbagai cabang olahraga, termasuk di dalamnya adalah bulutangkis. Jika membicarakan tentang bulutangkis, pasti akan langsung terlintas di benak kita nama Indonesia, yang memang sangat perkasa dalam cabor tersebut di berbagai sektor.

Baca Juga

Tanpa banyak yang mengetahui, ternyata Indonesia menjadi raja bulutangkis di kompetisi Asia Tenggara yang diadakan setiap dua tahun sekali itu. Melansir dari situs Wikipedia, Indonesia masih bertengger di peringkat pertama klasemen sementara perolehan medali SEA Games.

Indonesia sukses menjadi raja bulutangkis di SEA Games dengan mengumpulkan 59 medali emas, 39 medali perak, dan 28 medali perunggu dengan total perolehan mencapai 126 medali. Di urutan ke-2, ada Malaysia dengan 15 medali emas, 23 medali perak, dan 47 medali perunggu dengan total 85 medali.

Indonesia mulai menunjukkan keperkasaannya dalam dunia bulutangkis di SEA GAMES sejak 1977 yang lalu, di mana tunggal putra mampu dimenangkan oleh Liem Swie King, ganda putra dimenangkan oleh Tjun Tjun/Johan Wahjudi, dan ganda putri dimenangkan oleh pasangan Theresia Widiastuti/Regina Masli.

Baca Juga

Pada 2017 yang lalu (SEA Games terakhir kali), Jonatan Christie juga mampu menyabet medali emas setelah mengalahkan wakil tunggal putra Thailand, Khosit Phetpradab dengan skor 21-19 dan 21-10. Ia menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang mampu meraih gelar di bidang bulutangkis SEA Games 2017.

Dengan prestasi gemilang ini, Indonesia tentu menjadi momok bagi negara-negara lain seperti Malaysia, Thailand, dan Singapura dalam cabang olahraga bulutangkis. Meski demikian, Indonesia wajib menjaga fokus dan jangan sampai terlena. Karena, Susy Susanti sendiri menganggap bahwa Malaysia dan Thailand merupakan lawan terberat Indonesia di SEA Games 2019.

IndonesiaSEA GamesMalaysiaThailandSerba-Serbi Piala Dunia 2018SEA Games 2019BulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini