x

4 Fakta Malaysia Masters, Turnamen Pembuka Rangkaian BWF World Tour 2020

Rabu, 25 Desember 2019 21:35 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Indra Citra Sena
Logo Malaysia Masters 2020

INDOSPORT.COM - Malaysia Masters akan menjadi turnamen pertama yang mengawali rangkaian BWF World Tour 2020, berikut empat faktanya.

Tak sampai sebulan usai berakhirnya BWF World Tour Finals 2019, rangkaian BWF World Tour 2020 akan langsung bergulir.

Sebagai pembuka, gelaran Malaysia Master 2020 akan menjadi turnamen pertama yang mengawali BWF World Tour yang tak putus sampai Desember nanti.

Akan berlangsung mulai 7 Desember 2020, gelaran Malaysia Masters memiliki beberapa fakta menarik yang layak untuk disimak. Seperti empat di antaranya yang coba INDOSPORT rangkumkan berikut.

Baca Juga

Turnamen Baru

Sebagai satu diantara tujuh turnamen berlevel Super 500, Malaysia Masters terhitung sebagai turnamen baru, yang usianya baru sekitar 10 tahun.

Malaysia Masters pertama kali bergulir pada 2009. Di mana kala itu masih berstatus sebagai Malaysia Open Grand Prix Gold.

Kala itu, Malaysia Masters atau Malaysia Open Grand Prix Gold berlangsung pada 23-28 Juni di Stadion Bandaraya, Johor Bahru.

Hadiah Naik Tiga Kali Lipat

Meningkatnya status Malaysia Masters dari turnamen Grand Prix Gold hingga kini berstatsu BWF Super 500, secara langsung juga menghadirkan kenaikan hadiah bahkan hingga lebih dari tiga kali lipat.

Dari sebelumnya hanya mengeluarkan total hadiah 120.000 dolar AS (sekitar Rp1,6 miliar), tahun lalu total hadiah meningkat hingga 350.000 dolar AS (sekitar Rp4,8 miliar). Bahkan edisi 2020 hadiah Malaysia Masters akan kembali meningkat hingga 400.000 dolar AS (sekitar Rp5,5 miliar).

Dominasi Malaysia

Fakta selanjutnya, seperti kebanyakan turnamen bulutangkis lainnya, gelar juara Malaysia Masters juga didominasi oleh wakil tuan rumah.

Setidaknya Malaysia sudah 12 kali mendapatkan gelar juara. DIsusul Indonesia yang menguntit dengan ketinggalan satu gelar di bawahnya.

Berikutnya menyusul China dengan delapan gelar, Jepang (6), Thailand (5), Denmark (4), Hong Kong dan India (3), Korea Selatan (2), dan Singapura (1).

Baca Juga

Pebulutangkis Tersukses

Mengikuti kesuksesan Malaysia sebagai peraih gelar juara terbanyak, wakil Negeri Jiran Lee Chong Wei juga muncul sebagai pebulutangkis tersukses di Malaysia Masters.

Total Lee Chong Wei bisa mendapatkan lima gelar juara, yang mepat di antaranya didapat pada gelaran awal Malaysia Masters.

Di bawah Lee Chong Wei juga ada pasangan ganda putra Malaysia, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong, yang total bisa mendapatkan empat gelar juara di Malaysia Masters.

Lee Chong WeiRaketBulutangkisMalaysia Masters 2020Berita BulutangkisBWF World Tour

Berita Terkini