x

Keperkasaan Nadal-Federer dan Deretan Rekor Tenis yang Tercipta di 2019

Rabu, 25 Desember 2019 21:15 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Roger Federer dan Rafael Nadal di ajang Laver Cup 2019.

INDOSPORT.COM - Tahun 2019 menjadi salah satu musim yang luar biasa bagi cabang olahraga tenis. Pasalnya, di tahun ini kita masih bisa menyaksikan keperkasaan bintang-bintang besar dunia tenis, seperti Roger Federer dan Serena Williams.

Belum lagi munculnya rising stars yang bikin gebrakan baru di dunia tenis. Seperti sederet nama bintang muda yang bersinar tahun ini, seperti Bianca Andreescu dan Cori “Coco” Gauff.

Berbagai rekor pun berhasil dipecahkan musim ini, seperti deretan pencapaian yang telah INDOSPORT rangkum dari Essentially Sports berikut.

Baca Juga

Gelar Terbanyak dalam 1 Turnamen Grand Slam

Meskipun Rafael Nadal belum sepenuhnya menunjukkan kembali keperkasaannya seperti beberapa tahun ke belakang, tetapi tetap saja ia masih mencatat rekor mengagumkan musim ini.

Usai mengalahkan Dominic Thiem dalam laga final empat set, Nadal memenangkan gelar Prancis Terbuka untuk yang ke-12 kalinya. Ini merupakan gelar terbanyak yang diraih satu nama dalam satu turnamen Grand Slam.

Pertandingan Grand Slam Terbanyak

Di usianya yang menginjak 38 tahun, Roger Federer masih menambah pencapaian lain dalam daftar panjang prestasinya. Di turnamen Prancis Terbuka 2019, Federer menjadi pemain pertama dalam sejarah yang melakoni 400 pertandingand Grand Slam.

Catatan tersebut juga diiringi dengan rekor fantastis lainnya. Sang petenis Swiss menjadi petenis pertama yang memiliki catatan kemenangan 350 laga Grand Slam.

Final Wimbledon Terlama

Dua raja tenis saat ini, Federer dan Novak Djokovic, melakoni persaingan ketat yang berpuncak pada final Wimbledon 2019. Pertarungan sengit keduanya memakan waktu 4 jam 57 menit. Ini menjadi laga final Wimbledon terpanjang dalam sejarah.

Djokovic akhirnya keluar sebagai pemenang dan mencatat gelar Wimbledon kelimanya. Pertarungan berakhir dengan skor 7–6(7–5), 1–6, 7–6(7–4), 4–6, 13–12(7–3).

Kelahiran Abad 21 Pertama yang Menang Grand Slam

Remaja 19 tahun bernama Bianca Andreescu menjadi salah satu petenis muda yang tengah naik daun. Namanya langsung melejit ketika memenangkan AS Terbuka pada September lalu. Ia menjadi kampiun usai mengalahkan favorit juara, Serena Williams, dua set langsung.

Kemenangan ini menjadikannya orang Kanada pertama dan kelahiran abad 21 pertama yang menjuarai turnamen Grand Slam.

Baca Juga

Rangking 1 Dunia Tertua

Setelah memenangkan dua turnamen Grand Slam tahun ini (AS Terbuka dan Prancis Terbuka), Rafael Nadal menutup 2019 dengan rekor lain. Petenis asal Spanyol tersebut dipastikan menghuni peringkat satu dunia di akhir tahun.

Dalam usianya yang menginjak 33 tahun, Nadal menjadi petenis tertua yang memastikan peringkat satu dunia di akhir tahun.

Rafael NadalNovak DjokovicRoger FedererTRIVIATenisBianca AndreescuBerita Tenis

Berita Terkini