x

Mengenal PB Suryanaga, Klub Bulutangkis Legendaris dari Surabaya yang Cetak Atlet Dunia

Rabu, 8 April 2020 20:22 WIB
Penulis: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Arum Kusuma Dewi
PB Suryanaga, klub bulutangkis legendaris asal Surabaya yang lahirkan banyak atlet nasional.

INDOSPORT.COM - Bagi para pecinta bulutangkis, tentu sudah tak asing lagi jika mendengar nama PB Suryanaga. Salah satu klub amatir legendaris yang sudah berdiri sejak 1949 silam.

Kiprahnya di dunia tepok bulu pun tak boleh dipandang sebelah mata. Mereka rajin menyumbangkan sejumlah atlet-atlet terbaiknya untuk membela Timnas Indonesia.

Beberapa pemain itu di antaranya, Rudy Hartono, Sony Dwi Kuncoro, sampai Alvent Yulianto. Kesuksesan klub yang berlokasi di Jalan Dharmahusada Indah, Surabaya itu ternyata tak lepas dari tangan dingin Zulkarnaen Kurniawan (Nio Siek In) pembina PB Suryanaga sekaligus bapak dari Rudy Hartono.

Baca Juga
Baca Juga

"Beliau yang berhasil menjadikan PB Suryanaga ini sebagai klub legendaris saat ini," kata ketua umum sekaligus mantan pemain bulutangkis, Jacob Rusdianto saat dihubungi INDOSPORT.

"Kami tidak pernah berhenti menyumbangkan atlet di kancah bulutangkis nasional. Tentunya harapan kami mereka bisa mengharumkan nama bangsa di kejuaraan dunia," sambung Jacob.

Jacob malahan menyebut, total PB Suryanaga sudah menyumbangkan sekitar 100 atlet di level nasional. Tapi sayangnya, torehan manis yang berhasil mereka raih di masa lalu itu kian meredup.

Baca Juga
Baca Juga

Melihat hal ini tentu sangat disayangkan, padahal PB Suryanaga boleh dibilang salah satu klub bulutangkis penghasil pemain berbakat. Sekedar untuk diketahui, PB Suryanaga merupakan bagian dari Perkumpulan Olahraga (POR) Suryanaga yang berdiri sejak 1908.

SurabayaSuryanaga SurabayaBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini