x

Melihat 3 Pebulutangkis Hong Kong Berdarah Indonesia, Mana yang Lebih Baik?

Jumat, 17 April 2020 09:11 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Berikut penampilan 3 pebulutangkis Hong Kong berdarah Indonesia. Menurut kalian mana yang lebih baik?

INDOSPORT.COM – Berikut penampilan 3 pebulutangkis Hong Kong berdarah Indonesia. Menurut kalian mana yang lebih baik?

Hong Kong memang memiliki beberapa pebulutangkis yang merupakan keturunan Indonesia, salah satunya adalah Ng Ka Long Angus, Wong Wing Ki Vincent, dan Albertus Susanto Njoto.

Hal itu tidak begitu mengejutkan, mengingat Indonesia memang kerap kali melahirkan pebulutangkis kelas dunia. Maka tak heran jika mereka memiliki prestasi menterang bersama negara orang.

Lalu bagaimanakah penampilan Ng Ka Long Angus, Wong Wing Ki Vincent, dan Albertus Susanto Njoto dalam karier bulutangkisnya bersama Hong Kong?

Baca Juga
Baca Juga
Pebulutangkis berdarah Indonesia yang wakili Hong Kong Ng Ka Long Angus.

Dengan darah Indonesia yang mengalir dalam tubuhnya, Ng Ka Long Angus nyatanya berhasil memperlihatkan penampilan baik di awal 2020 ini.

Pada ajang pertama di musim 2020 ini, ia mampu melaju hingga ke babak semifinal Malaysia Masters. Namun, langkahnya harus terhenti saat tumbang dari Viktor Axelsen (14-21 dan 18-21).

Barulah pada akhir Januari Ng Ka Long Angus mampu memainkan penampilan terbaiknya. Bagaimana tidak, saat itu ia mampu meraih gelar juara Thailand Masters 2020.

Menghadapi Kenta Nishimoto di final Thailand Masters 2020, Ng Ka Long Angus mampu memenangkan pertandingan dengan skor 16-21, 21-13, 21-12.

Terlepas dari itu, jebolan klub Hong Kong Sports Institute ini tengah menduduki peringkat delapan dunia berdasarkan laman resmi BWF. Selain Thailand Masters 2020, beragam gelar juara pernah diraihnya.

Mulai dari Hong Kong Open 2016, Malaysia Masters 2017, Bitburger Open 2015, Australian International 2015, Irish Open 2014, Osaka International 2014, dan China International 2014 sebagai tunggal putra.

Pebulutangkis Hong Kong, Wong Wing Ki Vincent saat tampil di atas lapangan.

Situasi ini nyatanya berbanding terbalik dengan penampilan Wong Wing Ki Vincent. Mengingat, pebulutangkis berusia 30 tahun itu harus terseok-seok di awal 2020 ini.

Wong Wing Ki Vincent belum bisa melangkah jauh di setiap ajang yang ia lakoni di awal 2020 ini. Ia bahkan selalu gugur di babak kualifikasi dalam dua ajang berbeda.

Melansir dari situs resmi BWF, Wong Wing Ki Vincent hanya memainkan dua ajang saja pada tahun ini. Dua turnamen itu adalah Malaysia Masters dan Indonesia Masters.

Penampilan kurang meyakinkan Wong Wing Ki Vincent dimulai dari ajang Malaysia Masters 2020, di mana ia langsung tersingkir di putaran kualifikasi saat bertemu wakil tuan rumah.

Pebulutangkis berpostur tinggi 180 cm tersebut dipaksa menyerah ketika berhadapan dengan Soong Joo Ven. Kala itu Wong Wing Ki Vincent tumbang dengan skor 8-21, 21-17, 15-21.

Berlanjut ke ajang Indonesia Masters 2020, Wong Wing Ki Vincent kembali dibuat tak berdaya. Ia kalah di putaran 16 besar babak kualifikasi oleh wakil Prancis, Brice Leverdez.

Sepanjang karier bulutangkisnya, Wong Wing Ki Vincent berhasil meraih gelar juara pada ajng Vietnam Open 2016 lalu usai mengalahkan Chong Wei Feng (21-12, 14-21, 21-13).

Saat ini Wong Wing Ki Vincent menduduki peringkat 40 BWF. Posisinya itu bahkan jauh dari Tommy Sugiarto (26), Shesar Hiren (18), Jonathan Christie (7), dan Anthony Ginting (6).

Albertus Susanto Njoto, pebulutangkis Indonesia yang memilih membela Hong Kong.

Terakhir, ada Albertus Susanto Njoto yang juga diketahui merupakan pebulutangkis berdarah Indonesia namun lebih memilih mewakili Hong Kong di pentas internasional.

Albert merupakan salah satu pebulutangkis jebolan PB Tangkas Jakarta dan sempat masuk Pelatnas PBSI. Keputusan mengejutkan malah diambil Albert.

Sebab, dirinya memilih untuk mundur dari Indonesia dan hijrah ke Hong Kong untuk menjadi destinasi baru dalam karier profesionalnya pada waktu itu.

Keputusannya itu pun turut membawa dampak cukup positif untuk kiprah Albert. Sebab, ia turut meraih beragam gelar kampiun di beberapa ajang kejuaraan di nomor ganda putra.

Baca Juga
Baca Juga

Mulai dari Filipina Open 2006, Sydney International 2017, Iran Fajr International 2004, Australia Internatinoal 2003, hingga Australia Capital International 2000.

Pria berusia 43 tahun itu juga sempat merasakan gelar juara saat tampil di ganda campuran seperti Australia Capital Intenational 2000 dan Waitakere International 2000.

Berbeda dengan Ng Ka Long Angus dan Wong Wing Ki Vincent, Albert sudah memutuskan pensiun lebih dulu. Terakhir kali ia tampil pada ajang Vietnam Open 2018 lalu.

Lalu menurut kalian siapa pebulutangkis Hong Kong berdarah Indonesia yang tampil memukau di negeri orang? Jawaban itu bisa kalian cantumkan di kolom komentar kami.

IndonesiaHong KongAlbertus Susanto NjotoRaketBulutangkisNg Ka Long AngusWong Wing Ki VincentBerita Bulutangkis

Berita Terkini