x

Momen Kevin Sanjaya Raih Gelar Juara Saat Masih Berusia 18 Tahun

Rabu, 6 Mei 2020 16:33 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari

INDOSPORT.COM - Panggilan The Golden Boy layak disandang oleh Kevin Sanjaya Sukamuljo yang mulai naik daun ketika berusia 18 tahun di ajang New Zealand Open.

Siapa sangka pemain binaan PB Djarum ini mencuri perhatian dunia dengan merebut gelar juara di kejuaraan kelas senior. Penampilannya yang atraktif membuat publik New Zealand tercengang. Kevin memetik gelar juara di New Zealand Open 2014.

Waktu itu, Kevin belum berpasangan dengan tandemnya sekarang, Marcus Fernaldi Gideon. Masa-masa awal mengepakkan sayapnya di dunia bulutangkis, ia dipasangkan dengan rekan satu klubnya, Selvanus Geh. Datang ke Auckland, New Zealand, Kevin/Selvanus tidak diunggulkan sama sekali.

Baca Juga
Baca Juga

Hebatnya, Kevin/Selvanus meluncur ke babak final tanpa harus kehilangan satu game pun. Dua babak awal dimenangkan Kevin/Selvanus dengan dua game. Saat perempatfinal, mereka juga mengemas kemenangan straight game dari unggulan keenam, Robin Middleton/Ross Smith.

Kevin/Selvanus menang dua game dengan angka sangat tipis 25-23, 24-22. Di babak semifinal, ganda Jepang yang terkenal ulet, Takuto Inoue/Yuki Kaneko, juga dihabisi dalam dua game. Kevin/Selvanus menang 23-21, 21-17.

Pertandingan menarik terjadi di partai puncak. Kevin/Selvanus menantang unggulan kedua dari China Taipei, Chen Hung Ling/Lu Chia Pin. Di game awal, lawan yang lebih senior mampu mendikte ganda Indonesia.

Di game pertama, Kevin/Selvanus menyerah 15-21. Keadaan berbalik saat game kedua. Ganda muda Indonesia berani bermain menyerang lawan. Game ini menjadi milik Kevin/Selvanus dengan angka tipis 23-21.

Unggul di game kedua membuat rasa percaya diri Kevin/Selvanus menebal. Mereka pun mengalahkan lawan di game ketiga lebih cepat dengan skor 21-11.

Baca Juga
Baca Juga

Keberhasilan Kevin Sanjaya/Selvanus Geh menjadi juara pada masa itu membuat Indonesia bisa bernapas lega. Harapan akan adanya regenerasi pemain di ganda putra sepertinya akan terus berkesinambungan.

Memang terbukti, prestasi Kevin Sanjaya saat ini semakin melesat dan menjadi ganda putra nomor satu dunia bersama partnernya saat ini, Marcus Fernaldi Gideon.

Pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (The Minions) pun terus menjadi andalan bagi Indonesia di seluruh ajang turnamen besar bulutangkis dunia saat ini.

Penulis: Hafiz Rizky Pratama

Kevin SanjayaKevin Sanjaya/Marcus GideonNew Zealand OpenBulutangkisSelvanus GehBerita Bulutangkis

Berita Terkini