x

Kang Kyung Jin, dari Negara Rival hingga Pelatih Asing Pertama China

Senin, 1 Juni 2020 22:07 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Prio Hari Kristanto
Kang Kyung Jin sempat menjadi rival berat, namun kini justru menjadi harapan sebagai pelatih asing pertama China.

INDOSPORT.COM – Kang Kyung Jin sempat menjadi rival berat, namun kini justru menjadi harapan sebagai pelatih asing pertama China.

Seperti di beberapa olah raga lainnya, rivalitas juga tak bisa terelakan terjadi di dunia bulutangkis. Seperti salah satunya yang belakangan sejak ramai adalah rivalitas antara dua negara bertetangga, Indonesia dan Malaysia. Banyak pihak bulutangkis Malaysia yang menyayangkan federasinya justru mendatangkan pelatih dari Indonesia untuk membesut tim bulutangkis mereka.

Baca Juga
Baca Juga

Melihat sejarah panjang dua negara, memang wajar sikap tersebut muncul dari beberapa pihak di Malaysia. Meski dalam dunia olah raga profesional sebenarnya apa yang dilakukan Federasi Bulutangkis Malaysia, masih merupakan hal wajar yang lumrah dan pernah terjadi sebeumnya.

Sebagai contoh misalnya di Asia Timur, dalam persaingan dua negara bertetangga China dan Korea Selatan. Dengan nama besarnya di dunia bulutangkis, Federasi bulutangkis China belakang justru mendatangkan pelatih dari negara tetanggannya, Korea Selatan, yang juga notabene merupakan rival mereka di dunia bulutangkis.

Lebih dari itu bahkan kedatangan pelatih asal Korea Selatan, Kang Kyung Jin. Membuat China untuk pertama kalinya menggunakan peatih asing ke dalam skuat bulutangkisnya sepanjang sejarah.

Kang Kyung Jin

Kang Kyung Jin bersama satu rekannya dari Korea Selatan, Yoo Yong Sung, didatangkan China pada Kamis (05/09/19). Keduanya bersama pelatih asal China yang sebelumnya membesut Korea Selatan, Li Mao didatangkan dengan harapan bisa membangkitkan kedigdayaan bulutangkis China khususnya di sektor ganda putri.

Di sektor ganda putri itulah Kang Kyung Jin kemudian ditempatkan. Meski sebenarnya kala masih di Korea Selatan dirinya membesut sektor ganda putra.

Tangan dinginnya telah terbukti mampu menghasilkan beberapa pasangan ganda putra yang disegani di kancah dunia. Seperti salah satunya pasangan Lee Yong-dae/Yoo Yeon-seong, yang berada di papan atas sektor tungga putra. Bersaing dengan dua pasangan asal Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Baca Juga
Baca Juga

Bersama tim bulutangkis China sejauh ini, tangan dingin Kang Kyung Jin pun sudah cukup terbukti sukses. Setidaknya dalam beberapa turnamen sepanjang tahun 2020 yang sempat dimainkan. Kang Kyung Jin bisa membawa dua anak asuhnya merengkuh gelar juara. Li Wenmei/Zheng Yu di Malaysia Master dan Chen Qingchen/Jia Yifan di Thailand Masters.

Korea SelatanChinaRaketBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini