x

3 Petenis Ranking 1 Dunia yang Pernah Dikalahkan Angelique Widjaja

Selasa, 9 Juni 2020 20:10 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
Jadi yang tersukses di Indonesia Angelique Widjaja juga sempat mengalahkan sejumlah petenis putri nomor satu dunia dalam kariernya.

INDOSPORT.COM – Jadi yang tersukses di Indonesia Angelique Widjaja juga sempat mengalahkan sejumlah petenis putri nomor satu dunia dalam kariernya.

Dunia tenis Indonesia sempat memiliki seorang petenis putri membanggakan bernama Angelique Widjaja. Dengan potensi luar biasanya, nama Angelique Widjaja mulai mencuat di dunia tenis Indonesia bahkan internasional sejak usia belasan tahun di penghujung 1990-an.

Baca Juga
Baca Juga

Saat itu di usia yang masih sangat belia, Angelique Widjaja bisa menancapkan prestasi membanggakan di level junior. Satu yang paling besar seperti ketika dirinya menjadi juara turnamen tenis bergengsi, Wimbledon di level junior pada tahun 2001.

Meski terus mencatatkan sukses sebagai petenis nomor satu Indonesia, tak bisa ditampik bahwa karier Angelique Widjaja tak terlalu fenomenal di level dunia. Dirinya misalnya tak bisa kembali bersaing memperbutkan gelar juara dengan lawan-lawannya di level junior, dalam ajang Grand Slam ketika memasuki level senior.

Kendati begitu bukan berate tak ada catatan membanggakan. Beberapa gelar internasional masih bisa dibawa pulang wanita kelahiran Bandung 12 Desember 1984 itu, di berbagai ajang WTA Tournament International.

Selain gelar juara, dalam karier Angelique Widjaja, dirinya sempat mengalahkan petenis yang kelak menjadi nomor satu dunia. Bukan hanya satu, namun setidaknya ada tiga petenis nomor satu dunia yang pernah ditaklukkan oleh Angelique Widjaja.

Siapa saja mereka? Berikut INDOSPORT merangkumkan.

Dinara Safina

Petenis wanita asal Rusia, Dinara Safina menjadi salah satu di antara yang pernah menjadi korban kehebatan Angelique Widjaja.

Dinara Safina yang pernah menjadi penghuni ranking satu dunia pada April 2009 itu memiliki pengalaman dikalahkan oleh Angelique Widjaja ketika masih di level junior.

Tak main-main, saat itu Angelique Widjaja mengalahkan Dinara Safina dalam sebuah laga final perebutan gelar juara nomor tunggal putri Grand Slam Junior di Wimbledon Inggris.

Angelique Widjaja mengalahkan Dinara Safina dalam tiga set, 6-4, 0-6 dan 7-5 untuk membawa pulang gelar juara Wimbledon Junior ke Tanah Air.

Gelar juara itu juga mengantarkan Angelique Widjaja sebagai petenis pertama asal Indonesia yang bisa membawa pulang raihan prestisius tersebut ke Tanah Air.

Jelena Jankovic

Petenis asal Serbia yang sempat memuncaki ranking satu dunia pada Agustus 2008, Jelena Jankovic juga pernah merasakan kualitas seorang Angelique Widjaja di atas lapangan. Tepatnya ketika Jelena Jankovic bertemu Angelique Widjaja di putaran pertama turnamen Wismilak International 2004.

Baca Juga
Baca Juga

Kemenangan Angelique Widjaja saat itu cukup mendapatkan perhatian, sebab sebenarnya Jelena Jankovic yang meupakan unggulan kedelapan turnamen itu lebih diunggulkan dan bisa tampil lebih mendominasi sepanjang laga.

Tetapi tampil di bawah dukungan penuh penonton yang mendukungnya di Grand Hyatt, Nusa Dua, Bali, Rabu (15/09/04), Angelique Widjaja bisa mengandaskan nama besar Jelena Jankovic, lewat pertarungan tiga set 4-6, 6-2, 6-2.


1. Anna Kournikova

Anna Kournikova, mantan petenis yang pernah disebut atlet terseksi.

Bukan hanya di negara sendiri, ketika tampil jauh di Amerika Serikat, Angelique Widjaja juga pernah mengalahkan petenis yang sempat menguasai ranking satu dunia, Anna Kournikova.

Kejadian berlangsung di ajang AS Terbuka 2002, saat Angelique Widjaja berhadapan melawan Anna Kournikova di putaran pertama.

Dengan kualitas dan senioritas yang jauh di atas Angelique Widjaja, Anna Kournikova saat itu terlihat tampil jauh di bawah kualitas terbaiknya. Sehingga peluang pun dimanfaatkan Angelique Widjaja untuk menang dalam dua set langsung, 6-3, 6-0.

Sayang buat Angelique Widjaja, kemenangan atas Anna Kournikova itu tak membuatnya bisa melaju jauh di AS Terbuka 2002. Sebab di babak selanjutnya salah satu petenis tersukses Indonesia itu harus tersingkir dari petenis Prancis, Stephanie Foretz.

Jelena JankovicAnna KournikovaAngelique WidjajaRaketTRIVIATenisBerita Tenis

Berita Terkini