x

Kisah Cinta Zhang Nan: Si Peraih Emas Olimpiade yang Sempat Jagain Jodoh Orang

Selasa, 23 Juni 2020 07:25 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Zhang Nan, pebulutangkis yang berhasil meraih dua medali emas Olimpiade di dua sektor berbeda yang sempat jagain jodoh orang.

INDOSPORT.COM - Zhang Nan, pebulutangkis yang berhasil meraih dua medali emas Olimpiade di dua sektor berbeda yang sempat jagain jodoh orang.

Nama pebulutangkis spesialisasi ganda asal China, yakni Zhang Nan, memang tak begitu terdengar lagi sekarang. Tetapi di era kejayaannya dulu, namanya sangat dikenal. Terlebih, ia merupakan musuh bebuyutan para pemain Indonesia baik di sektor ganda putra maupun campuran.

Baca Juga
Baca Juga

Namun, kisah cinta peraih medali emas Olimpiade di dua sektor berbeda tersebut sangat menarik untuk dibahas. Memang betul, Zhang Nan saat ini sudah menikah dengan Tian Qing dan telah memiliki keluarga kecilnya sendiri.

Tetapi, jauh sebelum memutuskan menikahi Tian Qing, Zhang Nan sempat merajut kasih dengan pasangannya di ganda campuran, Zhao Yunlei yang saat ini juga telah menikah dengan sesama pemain bulutangkis China, yakni Hong Wei.

Perbedaan usia 4 tahun dengan Zhao Yunlei, ternyata tak menghalangi Zhang Nan untuk terus merajut kasih dengan eks pebulutangkis yang juga spesialisasi ganda tersebut.

Setelah kucing-kucingan cukup lama, Zhang Nan/Zhao Yunlei akhirnya resmi mempublikasikan kisah asmara mereka ke publik pada tahun 2011, setelah di tahun 2010, ketika berhasil menjuarai Japan Open, pasangan legendaris China tersebut melakukan selebrasi mesra.

Selepas dipastikan merengkuh juara Japan Open 2010, Zhang Nan memeluk Zhao Yunlei dan mencium pasangannya tersebut dengan sangat bahagia.

Kisah cinta Zhang Nan/Zhao Yunlei itu pun berakhir dengan indah di panggung ganda campuran. Mereka berasil menjadi Juara Dunia tiga kali di tahun 2011, 2014 dan 2015 serta meraih medali emas di Olimpiade London 2012 dan Asian Games 2014.

Setelah hubungan tersebut berjalan selama enam tahun lamanya, aroma-aroma keretakan mulai terendus oleh publik. Terlebih lagi setelah rumor perselingkuhan Zhang Nan dengan rekan duet Zhaou Yunlei di ganda putri, yakni Tian Qing mencuat ke permukaan.

Akibat isu perselingkuhan tersebut pun, perfoma keduanya sempat anjlok dan komunikasi antara Zhao Yunlei dan Tian Qing semakin minim di sektor ganda putri, sampai akhirnya mereka memutuskan untuk tidak tampil di Olimpiade Rio 2016 meskipun lolos kualifikasi.

Rumor tersebut juga sangat menggoncang performa Zhang Nan/Zhao Yunlei di lapangan. Alhasil, mereka harus puas pulang dengan medali perunggu Olimpiade Rio 2016, meskipun Zhang Nan berhasil meraih medali emas di ganda putra bersama Fu Haifeng.

Setelah sekian lama bungkam, Zhao Yunlei akhirnya muncul ke publik dan secara resmi mengumumkan bahwa dirinya dengan Zhang Nan sudah resmi berpisah sebelum Olimpiade Rio 2016.

"Saya ingin mengucapkan selamat kepada Zhang yang sudah berhasil meraih mimpinya. Saya mendoakan masa depan yang cemerlang untuknya," beber Zhao Yunlei dikutip dari media Djarum Badminton.

"Akhirnya, ini waktu yang tepat bagi saya untuk menjawab spekulasi yang beredar di antara kami, dan, benar, kalau Zhang Nan dan saya telah berpisah sebelum Olimpiade. Kami bukan sepasang kekasih lagi saat ini," pungkasnya.

Baca Juga
Baca Juga

Setelah Olimpiade Rio 2016, Zhao Yunlei pun diketahui mengambil keputusan pensiun dari bulutangkis dan secara mengejutkan pada 1 Juni 2018, ia menggegerkan publik dengan kabar bahagia.

Dilansir dari Instagram akun @badmintontalk_com, Zhao Yunlei resmi menikah secara hukum dengan eks rekannya di Timnas Bulutangkis China, Hong Wei pada Juni 2018 silam. Uniknya, setelah kabar pernikahan eks kekasihnya mencuat, Zhang Nan resmi menikahi Tian Qing di tahun yang sama namun beda bulan, yakni Desember.

Demikianlah, kisah Zhang Nan, si peraih dua medali emas Olimpiade yang sempat jagain jodoh orang lebih dulu sebelum akhirnya menemukan jodohnya sendiri.

ChinaOlimpiadeZhang Nan/Zhao YunleiTian Qing/Zhao YunleiBulutangkisBerita OlahragaBerita SportBerita Bulutangkis

Berita Terkini