x

Chris Kinard, Pebulutangkis Terbaik Amerika yang Buat Srikandi Indonesia Jatuh Hati

Sabtu, 27 Juni 2020 19:05 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Rafif Rahedian
Eks pebulutangkis Indonesia, Utami Dewi Kinard (tengah), bersama legenda Rudy Hartono (kiri) dan Chris Kinard

INDOSPORT.COM – Punya prestasi sebagai pebulutangkis terbaik Amerika Serikat, Chris Kinard juga mampu membuat Srikandi bulutangkis Indonesia Utami Dewi jatuh hati padanya.

Pada dekade 1970-an di saat bulutangkis belum cukup memiliki popularitas di dunia seperti saat ini, di Amerika Serikat ada pemain hebat bernama Chris Kinard.

Baca Juga
Baca Juga

Lahir di Pasadena, California 8 November 1950, Chris Kinard adalah satu dari sedikit orang Amerika Serikat yang saat itu mengenal dan mendalami bulutangkis.

Pada usia yang bau 19 tahun kala itu, Chris Kinard sudah bisa masuk ke dalam skuat tim bulutangkis Amerika Serikat yang berlaga di Piala Thomas 1969. Kendati hasilnya memang tak cukup baik buat mereka sebagai negara yang tak begitu menggilai bulutangkis.

Namun keikutsertaan Chris Kinard di Piala Thomas 1969 seakan hanya menjadi Langkah awal. Sebab setelah itu kariernya begitu melesat. Mulai dari bisa meraih juara di sektor ganda South Africa Open 1971, hingga menjadi juara U.S. Men's Singles Championship secara enam kali berturut, sejak 1972, 1974, 1976, 1977, 1979, 1981.

Baca Juga
Baca Juga

Dalam periode itu, dengan berbagai prestasinya di level Amerika serikat dan juga Amerika Utara, Chris Kinard pun tak tersaingi sebagai pebulutangkis terbaik di Amerika Serikat.

Di level internasional, dengan mengikuti berbagai turnamen bergengsi, meski tak bisa meraih juara Chris Kinard bisa menaikan peringkatnya. Hingga mencatatkan capaian tertinggi sebagai pebulutangkis tunggal putra peringkat kesembilan dunia pada 1980.


1. Chris Kinard dan Bulutangkis Indonesia

Eks pebulutangkis Indonesia, Utami Dewi Kinard (tengah), bersama legenda Rudy Hartono (kiri) dan Chris Kinard

Berprestasi di level lokal Amerika Serikat, pada awal tahun 170-an, Chris Kinard mendapatkan kesempatan untuk menimba ilmu ke Indonesia.

Saat itu pada tahun 1973 Chris Kinard mendapatkan undangan dari Persatuan Bulutangkis Indonesai (PBSI) untuk berlatih di Tanah Air dengan pemain-pemain yang sudah punya cukup nama besar di dunia bulutangkis internasional kala itu seperti Rudy Hartono, Christian Hadinata, Tjun Tjun, Liem Swie King, Ade Chandra, dan Johan Wahjudi.

Bermula dari kesempatan tersebut, Chris Kinard seakan memiliki kedekatan khusus dengan Indonesia. Sampai-sampai di pertengahan tahun 1970-an, dirinya bisa membuat Srikandi bulutangkis Indonesia, peraih juara Piala Uber 1975, Dewi Utami jatuh hati.

Utami Dewi,  yang tak lain merupakan adik kandung dari tunggal putra terbaik Indonesia, Rudy Hartono, akhirnya dipersunting oleh Chris Kinard pada 1978 silam.

Setelah menikah, Chris Kinard kemudian memboyong wanita yang bernama Tionghoa No Pik Wan itu ke negaranya. Bersama dengan itu, Utami Dewi pun memilih untuk megubah statusnya menjadi warga negara Amerika Serikat.

Bersama sang istr Utam Dewi, Chris Kinard kemudian sempat beberapa kali bermain bersama sebagai pasangan ganda campuran. Prestasi juara pun sempat keduanya torehkan seperti Mexican Open 1979, South African Open 1980 dan US Championship 1981.

Saat itu berusia 69 tahun, Chris Kinard setia bersama sang istri Utami Dewi, menghabiskan masa tuanya di Pasadena, California, Amerika Serikat.

Amerika SerikatIndonesiaRaketBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini