x

Howard Bach, Pebulutangkis Vietnam-AS yang Sukses Bareng Tony Gunawan

Sabtu, 25 Juli 2020 20:35 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
Howard Bach (kiri) bersama Tony Gunawan.

INDOSPORT.COM - Mengenal sosok Howard Bach, salah satu atlet bulutangkis berdarah Vietnam-Amerika Serikat yang meraih sukses bersama Tony Gunawan.

Seperti diketahui, bahwa Tony Gunawan merupakan salah satu atlet bulutangkis putra terbaik Indonesia yang pernah meraih sejumlah gelar bergengsi BWF hingga medali emas Olimpiade dan Kejuaraan Dunia.

Meski sukses di Indonesia, pada tahun 2001 lalu Tony Gunawan membuat kejutan dengan pindah kewarganegaraan ke Amerika Serikat dan melanjutkan karier bulutangkisnya di bawah bendera negeri Paman Sam.

Baca Juga
Baca Juga

Walau sudah pindah kewarganegaraan, namun kualitas Tony Gunawan sebagai atlet bulutangkis tidak pudar. Bahkan, bersama negara barunya ia beberapa kali sukses menjuarai sejumlah ajang BWF.

Turun di nomor ganda, pebulutangkis kelahiran Surabaya ini kerap kali berpartner dengan banyak atlet lokal Amerika Serikat. Namun pencapaian terbaik Tony Gunawan terjadi kala ia berpasangan dengan Howard Bach.

Bahkan keduanya berhasil meraih gelar juara dunia pada tahun 2005 silam, sekaligus menjadi rekor juara dunia pertama dalam sejarah bulutangkis Amerika Serikat.

Usai menjadi juara dunia, sosok Howard Bach sebagai partner Tony Gunawan pun menjadi perbincangan pada periode 2005 lalu. Lantas seperti apakah kiprah atlet berusia 41 tersebut di dunia bulutangkis? Berikut INDOSPORT coba mengulas profil singkat serta perjalanan karier dari Howard Bach.

Profil
Howard Bach merupakan atlet bulutangkis Amerika Serikat yang lahir pada 22 Februari 1979 silam (41). Walau berkewarganegaraan Amerika Serikat, namun Howard Bach memiliki darah Vietnam bahkan ia lahir di Ho Chi Minh.

Howard Bach datang ke Amerika Serikat pada usia dua tahun, ketika ayahnya, Cam Sen Bach, bermigrasi ke San Francisco bersama keluarganya tahun 1982.

Howard Bach memulai karier bulutangkis saat sang ayah memindahkannya ke Golden Gate YMCA, sebuah sekolah di daerah San Francisco.

Selama 11 tahun, Howard Bach dilatih sang ayah tentang beberapa dasar teknik bulutangkis. Saat memasuki usia 16 tahun, Bach akhirnya memutuskan untuk menjadi seorang atlet bulutangkis profesional.

Baca Juga
Baca Juga

Pada tahun-tahun awalnya menekuni bulutangkis profesional, Howard Bach mendapat bimbingan oleh pelatih Dick Ng (pelatih bulutangkis yang mendapat anugerah USA coach of the year). Selang beberapa tahun, Bach pun pindah ke Colorado Springs dan berlatih bersama skuad Olimpiade Amerika Serikat.


1. Prestasi dan Gelar Juara

Tony Gunawan (kanan) saat bersama Howard Bach

Sebelum berpartner dengan Tony Gunawan, pebulutangkis yang sempat bertengger di ranking 9 dunia tersebut lebih dulu berpasangan dengan Kevin Han.

Beberapa gelar juara pun sempat dimenangkan Howard Bach bersama Kevin Han, seperti medali emas Pan Am Championships tahun 1997 silam dan sejumlah gelar di ajang BWF International Challenge tournament.

Namun puncak kejayaan Howard Bach tentu terjadi saat ia berpasangan dengan Tony Gunawan sejak 2002 lalu. Selain menjadi juara dunia tahun 2005 silam, beberapa gelar di BWF Grand Prix Gold dan BWF Grand Prix tournament pun juga mampu mereka menangkan.

Gelaran Kejuaraan Dunia 2005 menjadi momen paling krusial bagi Howard Bach, terutama Tony Gunawan lantaran ia keluar sebagai juara usai mengalahkan Candra Wijaya/Sigit Budiarto dari Indonesia.

BWFTony GunawanprofilBulutangkisBerita BulutangkisHoward Bach

Berita Terkini