x

Jadwal Turnamen Tenis Agustus 2020, AS Terbuka Jalan Terus?

Rabu, 29 Juli 2020 14:26 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Rafael Nadal saat juara AS Terbuka 2019.

INDOSPORT.COM - Pandemi virus corona atau Covid-19 yang masih terus meluas di berbagai belahan dunia membuat federasi tenis dunia pun menghentikan sementara berbagai pertandingan. Namun di bulan Agustus 2020, sejumlah turnamen sudah akan digelar meski masih mengundang sederet kontroversi.

Tercatat baru Ausralia Terbuka saja yang sudah menggelar turnamen Grand Slam tahun ini. Prancis Terbuka dimundurkan ke September dan Wimbledon dibatalkan untuk pertama kalinya sejak 1945. Sementara itu, AS Terbuka akan dimulai pada akhir Agustus 2020 ini.

Bulan Agustus akan dibuka dengan turnamen Palermo Ladies (Italia) yang menjadi turnamen tenis profesional pertama sejak hiatus selama lima bulan. Tiga petenis yang berada di 20 besar dilaporkan akan berlaga di sini, yakni Johanna Konta, Petra Martic, dan Marketa Vondrousova.

Baca Juga
Baca Juga

Simona Halep akhirnya mundur dari turnamen Palermo karena ogah menjalani karantina wajib selama dua minggu. Namun Halep masih berkomitmen untuk mengikuti Praha Terbuka yang dimulai 10 Agustus.

WTA masih bakal menyelenggarakan setidaknya lima turnamen di Agustus, sementara ATP menyisakan dua turnamen saja. Keduanya adalah Western & Southern Terbuka serta AS Terbuka.

Sebelumnya, AS Terbuka menimbulkan keraguan di antara para petenis sejak Citi Open yang harusnya juga terlaksana di bulan Agustus, dibatalkan. Belum lagi masih tingginya tingkat kasus Covid-19 di Amerika Serikat.

Di awal bulan ini, CEO Asosiasi Tenis AS (USTA) Mike Dowse, meyakinkan para pencinta tenis bahwa AS Terbuka akan diselenggarakan dengan aman.

“Tiga prinsip (penyelenggaraan) adalah: bisakah kita mengadakannya dengan sehat dan aman untuk semuanya? Apakah ini bagus untuk tenis? Ketiga, apakah turnamen ini masuk akal secara finansial?”

“Hari ini ketiganya masih benar. Kami dapat lampu hijau dari ketiga hal tersebut. Kami beekerja sama dengan pemerintah Kota New York untuk memastikan protokol kesehatan kami sudah tepat,” tutur Dowse, dikutip dari Essentially Sports.

Baca Juga
Baca Juga

Meski begitu, sejumlah nama besar masih absen dari AS Terbuka, seperti Bianca Andreescu, Naomi Osaka, dan Rafael Nadal. Sementara Serena Williams menjadi salah satu nama besar yang berjanji akan tampil di turnamen tersebut.

Jadwal WTA

Palermo Ladies Terbuka (3 Agustus - 9 Agustus)

Praha Terbuka (10 Agustus – 16 Agustus)

The Top Seed Open (10 Agustus – 16 Agustus)

Western & Southern Terbuka (21 Agustus – 28 Agustus)

AS Terbuka (31 Agustus – 12 September)

Jadwal ATP

Western & Southern Terbuka (22 Agustus – 28 Agustus)

AS Terbuka (31 Agustus – 13 September)

Serena WilliamsRafael NadalAS TerbukaJadwal PertandinganTenisBerita Tenis

Berita Terkini