x

Mencari Tahu Negara Paling Berkuasa di BWF World Tour, Indonesia?

Selasa, 18 Agustus 2020 11:23 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Sejak berganti dari era Super Series ke era BWF Wour Tour pada tahun 2018 lalu, inilah negara yang meraih paling banyak gelar, Indonesia?

INDOSPORT.COM - Sejak berganti dari era Super Series ke era BWF Wour Tour pada tahun 2018 lalu, inilah negara yang meraih paling banyak gelar, Indonesia?

Kompetisi BWF World Tour merupakan seri turnamen bulutangkis grade 2 yang digelar oleh Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) dan menjadi kompetisi Open untuk pemain peringkat atas dunia di sektor tunggal putra dan putri serta ganda putra dan putri hingga ganda campuran.

Baca Juga
Baca Juga

BWF World Tour diumumkan pada 19 Maret 2017 lalu dan mulai diberlakukan pada tahun 2018 menggantikan format yang sebelumnya yakni BWF Super Series yang digelar sejak tahun 2007 sampai 2017.

BWF World Tour dibagi menjadi enam level, mulai dari World Tour Finals, Super 1000, Super 750, Super 500, Super 300 dan Super 100 yang juga memberikan poin untuk mendobrak peringkat pemain.

Semenjak resmi diberlakukan pada tahun 2018, tercatat ada empat negara yang berhasil meraih banyak gelar, keempat negara tersebut adalah China, Indonesia, Korea Selatan dan Jepang.

Dimana negara pengkoleksi gelar terbanyak BWF World Tour masih dipegang oleh negara China dengan 85 gelar, kemudian ada Jepang dengan 79 gelar di tempat kedua, lalu disusul Indonesia di tempat ketiga dengan 57 gelar dan Korea Selatan dengan 42 gelar.

85 gelar BWF World Tour yang berhasil diraih oleh negara China terbagi menjadi 14 gelar tunggal putra, 22 gelar tunggal putri, 10 gelar ganda putra, 12 gelar ganda putri dan yang terakhir 27 gelar dari ganda campuran.

Kemudian 79 gelar yang berhasil diraih Jepang di BWF World Tour berasal dari 17 gelar dari tunggal putr, 17 gelar dari tunggal putri, 7gelar dari ganda putra, 33 gelar dari ganda putri dan yang terakhir 5 gelar dari ganda campuran.

Sementara 57 gelar yang berhasil diraih oleh Indonesia pada BWF World tour berasal dari 10 gelar tunggal putra, satu gelar tunggal putri, 29 gelar ganda putra, 8 gelar ganda putri dan yang terakhir 9 gelar dari ganda campuran.

Baca Juga
Baca Juga

Lalu berikutnya Korea Selatan yang meraih 42 gelar BWF World Tour berhasil diraih dari 5 gelar tunggal putra, 8 gelar tunggal putri, 9 gelar ganda putra, 12 gelar ganda putri dan 8 gelar ganda campuran.

Jadi, dari empat negara yakni China, Jepang, Indonesia dan Korea Selatan, wakil Negeri Tirai Bambu sejauh ini masih menjadi penguasa dengan memberikan gelar terbanyak di turnamen BWF World Tour dengan 85 gelar.

JepangKorea SelatanChinaBulutangkisBerita OlahragaBerita SportBerita BulutangkisTim Bulutangkis IndonesiaBWF World Tour

Berita Terkini