x

4 Pasang Ganda Campuran Disiapkan untuk Turnamen di Thailand pada Januari 2021

Selasa, 1 Desember 2020 11:10 WIB
Editor: Pipit Puspita Rini
Pasangan ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

INDOSPORT.COM - Ada yang berubah dari kebiasaan pelatnas bulutangkis Indonesia. Setiap menjelang tutup tahun, biasanya semua pemain diliburkan sebelum mulai berlatih lagi pada Januari.

Tahun ini, sejumlah pemain justru harus giat berlatih jelang tutup tahun. Mengapa? Karena mereka harus mempersiapkan diri untuk turun pada tiga turnamen di Thailand.

Para pemain ini harus berangkat ke Thailand pada 4 Januari 2021 untuk menjalani karantina, sebelum bertanding di turnamen Thailand Open pertama pada 12-17 Januari.

Setelah itu, mereka akan turun di Thailand Open kedua pada 19-24 Januari. Lalu para pemain yang lolos ke World Tour Finals akan bertanding pada 27-31 Januari.

"Makanya kemarin awal November para pemain sudah dikasih libur dulu, setelah itu pemain yang akan berangkat ke Thailand harus menjalani latihan lagi," kata Richard Mainaky, pelatih kepala ganda campuran.

Baca Juga
Baca Juga

Richard mempersiapkan empat pasangan untuk berangkat ke Thailand. Mereka adalah Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, Rinov Rivaldi/Pitha Haningtyas Mentari, dan Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso.

Semua perubahan ini terjadi karena merebaknya virus corona yang menyebabkan pandemi di hampir seluruh dunia. Karena pandemi ini, banyak turnamen yang dibatalkan atau diatur ulang tanggal pelaksanaannya.

"Hal ini memang belum pernah terjadi, tetapi ya dijalani saja. Saya sebagai pelatih sudah beberapa kali menghadapi situasi yang tidak terduga. Atlet juga harus selalu siap," kata Richard Mainaky.

Baca Juga
Baca Juga

"Persiapan untuk Thailand ini memang tidak biasa. Akhir tahun nanti juga ada libur Natal dan tahun baru, harus dihitung-hitung dan disusun strategi yang bagus. Apalagi berangkatnya benar-benar di awal tahun," kata Richard lagi.

Richard mengatakan bahwa kebugaran dan daya otot para pemain jadi salah satu konsentrasi utamanya dalam mempersiapkan para pemain ke Thailand. Apalagi, ini akan menjadi turnamen internasional pertama mereka sejak All England yang digelar pada Maret 2020.

"Kalau teknik, saya tidak khawatir. Tinggal poles, mereka sudah bisa kembali ke permainan. Kebugaran mereka yang harus benar-baner diperhatikan," ujar Richard.

Richard juga menyiapkan asisten pelatihnya, Nova Widianto, untuk mendampingi para pemain yang akan berlaga di Thailand.

Richard MainakyBWF World Tour FinalsBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini