x

Kaleidoskop Tenis 2020: Sharapova Pensiun, Nadal Kukuhkan Status Raja Tanah Liat

Jumat, 25 Desember 2020 15:12 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Maria Sharapova saat menghadiri event fashion show Vera Wang, Februari 2020.

INDOSPORT.COM – Sejumlah kabar gembira, mengejutkan, dan mencengangkan terjadi selama musim tenis 2020. Sama seperti cabang olahraga lainnya, tenis juga terdampak hebat dengan adanya pandemi virus corona. Berikut ini INDOSPORT hadirkan berita-berita dari dunia tenis sepanjang 2020.

Januari

Musim tenis 2020 dibuka dengan Piala ATP. Di partai final, tim Serbia yang dipimpin Novak Djokovic, keluar sebagai juara usai mengalahkan Spanyol dengan skor akhir 2-1.

Baca Juga
Baca Juga

Sementara petenis muda Rusia Andrey Rublev memulai tahun ini dengan gebrakan. Di Jsnuari saja, ia sudah mengemas dua gelar, yakni di Qatar Terbuka dan Adelaide International. Di tur WTA, Karolina Pliskova meraih gelar pertama tahun ini di Brisbane International.

Djokovic keluar sebagai juara di Australia Terbuka untuk yang kedelapan kalinya setelah mengalahkan Dominic Thiem. Di sektor putri, petenis AS Sofia Kenin merebut gelar Grand Slam pertamanya di turnamen ini.

Eks petenis nomor satu dunia, Caroline Wozniacki, mengumumkan pensiun pada 24 Januari setelah tersingkir di babak ketiga Australia Terbuka dari Ons Jabeur.

Februari

Novak Djokovic mendapatkan gelar kedua tahun ini ketika juara di Dubai, sementara Simona Halep juara di sektor tunggal putri. Gael Monfils mendapat dua gelar sementara Rafael Nadal meraih gelar perdana 2020 di Mexico Terbuka.

Roger Federer yang kalah di semifinal Australia Terbuka dari Djokovic, menderita cedera lutut dan harus melakukan operasi di bulan ini. Pada 26 Februari, juara empat Grand Slam Maria Sharapova mengumumkan untuk gantung raket.

Maret

Di bulan ini, pandemi virus corona mulai menggalak sehingga sejumlah turnamen dibatalkan. ATP hanya menggelar kualifikasi Piala Davis di tanggal 2 Maret. Sementara WTA masih mempertandingkan dua turnamen, yakni Lyon Open yang dijuarai Sofia Kenin dan Monterret Open yang dimenangi Elina Svitolina.

Kualifikasi untuk Olimpiade 2020 ditutup, tak ada petenis Indonesia yang lolos. Namun kabar baik datang dari tim tenis Indonesia yang mengamankan satu tempat di Grup Dunia II Piala Davis 2020 usai mengalahkan tim Kenya.

April

WTA dan ATP kompak mengumumkan penundaan seluruh turnamen tenis internasional hingga 13 Juli 2020. Turnamen yang terdampak antara lain Piala Fed dan Praha Terbuka.

Petenis Kanada Eugenie Bouchard, bikin heboh ketika setuju berkencan dengan salah satu penggemarnya. Kencan tersebut dilakoni sang petenis seksi demi alasan mulia, yakni si penggemar berjanji untuk menyumbangkan sejumlah uang untuk para petugas kesehatan di Amerika Serikat.

Mei

Tak ada turnamen, Novak Djokovic kembali ke kampung halamannya di Serbia dan merencanakan untuk menggelar turnamen lokal.

Baca Juga
Baca Juga

Naomi Osaka dilaporkan menjadi atlet wanita terkaya 2020 versi Forbes dengan menghasilkan 37,4 juta dolar AS atau sekitar 555 miliar rupiah dalam satu tahun terakhir. Ia bahkan melewati rekor yang sebelumnya dipegang oleh Maria Sharapova.


1. Juni

Rafael Nadal juara Prancis Terbuka 2020.

Roger Federer menjalani operasi yang kedua dan menyatakan tak akan berpartisipasi di turnamen tenis hingga 2021. Ini menjadi tahun kedua dalam karier Federer sejak juara pertama kali, ia tidak memenangkan gelar apa pun selama satu musim.

Turnamen amal yang direncanakan digelar di empat negara bertajuk Adria Tour, berubah menjadi bencana. Para petenis termasuk sang penggagas, Novak Djokovic, tak mengindahkan protokol kesehatan hingga sejumlah pemain dan staf positif virus corona.

Baca Juga
Baca Juga

Juli

Novak Djokovic dan sang istri, serta Grigor Dimitrov dinyatakan sudah pulih dari virus corona. Sementara itu, Pelatnas Putra PP Pelti menyelenggarakan turnamen internal yang dijuarai Christopher Rungkat.

Olimpiade Tokyo 2020 yang juga mempertandingkan cabor tenis, diundur ke 2021. Sementara sejumlah turnamen dibatalkan atau dimundurkan seperti Hamburg Terbuka dan Swiss Terbuka.

Agustus

Palermo Terbuka yang masuk dalam kalender WTA menjadi turnamen tenis pertama yang digelar setelah masa hiatus karena pandemi virus corona. Petenis Prancis Fiona Ferro menjadi juara di turnamen tersebut.

Sementara itu Cincinnati Masters yang merupakan turnamen pemanasan AS Terbuka menjadi turnamen pertama ATP yang diselenggarakan lagi. Novak Djokovic menang usai mengalahkan Milos Raonic di partai pamungkas.

Sejumlah petenis dilaporkan positif virus corona, di antaranya Benoit Paire dan Kei Nishikori. Meski begitu, turnamen AS Terbuka tetap dilanjutkan meski sederet petenis bintang memutuskan mundur.

September

Drama di AS Terbuka! Novak Djokovic didiskualifikasi di babak keempat usai memukul bola secara sembarangan hingga mengenai seorang hakim garis. Dominic Thiem pun keluar sebagai juara di sektor putra, dan Naomi Osaka menang di sektor tunggal putri usai mengalahkan Victoria Azarenka.

Oktober

Prancis Terbuka digelar di akhir September hingga awal Oktober. Rafael Nadal mengukuhkan gelar sebagai Raja Tanah Liat dengan menjuarai Roland Garros untuk yang ke-13 kali, sekaligus menyamai rekor koleksi gelar Grand Slam Federer (20 gelar).

Di sektor tunggal putri, sejarah tercipta ketika petenis 19 tahun bernama Iga Swiatek menjadi pemain Polandia pertama yang juara Grand Slam.

November

Daniil Medvedev on fire dengan meraup dua gelar sekaligus, yakni di Paris Masters dan ATP Finals. Meski gagal meraih juara di bulan ini, Novak Djokovic memastikan finish sebagai petenis ranking satu dunia.

Dalam kalender WTA, Linz Terbuka menjadi turnamen penutup musim ini dengan Aryna Sabalenkka menjadi juaranya. Meski tak mengikuti sisa turnamen di 2020, Ash Barty masih mengamankan status petenis nomor satu. Sementara itu Serena Williams terdepak dari peringkat 10 besar dunia.

Baca Juga
Baca Juga

Desember

Kabar bahagia datang dari luar lapangan tenis. Maria Sharapova resmi bertunangan dengan sang kekasih bernama Alexander Gilkes. Petenis Jepang Kei Nishikori juga menikahi eks model bernama Mai Yamauchi setelah berpacaran selama lima tahun.

Maria SharapovaRafael NadalNovak DjokovicRoger FedererKaleidoskopRaketTenisBerita Tenis

Berita Terkini