x

Selain Saina Nehwal, BWF Umumkan 3 Pemain Positif COVID-19 di Thailand Open

Selasa, 12 Januari 2021 14:54 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
Saina Nehwal, termasuk pemain yang dinyatakan positif covid dalam tes ketiga di Thailand Open 2021. Shi Tang/Getty Images

INDOSPORT.COM - Asosiasi Bulutangkis Dunia (BWF) mengumumkan empat pemain positif terpapar COVID-19 di ajang Thailand Open 2021, termasuk wakil India, Saina Nehwal.

Ajang Yonex Thailand Open 2021 sudah mulai bergulir hari ini, Selasa (12/01/20). Sehari sebelumnya, yakni hari Senin, BWF melakukan pengujian wajib putaran ketiga untuk COVID-19.

Dilansir dari laman resmi BWF, hasil tes tersebut diumumkan pagi hari beberapa jam sebelum dimulainya Yonex Thailand Open, yang merupakan turnamen pertama dari tur Asian Leg.

Baca Juga
Baca Juga

Dalam hasil tes disebutkan bahwa ada empat pemain yang dinyatakan terpapar virus corona. Dua pemain dari India, satu dari Jerman dan satu dari Mesir.

BWF kemudian melakukan tes ulang spesimen yang sama.  Hasilnya, satu pemain dari India, dan dua pemain dari Jerman dan Mesir dinyatakan negatif.

Meski hasilnya negatif, namun ketiga pemain ini masih akan dilakukan pengujian ulang hari ini.

“Setelah menguji ulang spesimen yang sama, satu pemain dari India, dan kedua pemain dari Jerman dan Mesir ditemukan negatif. Ketiga pemain ini akan diuji ulang hari ini,” tulis BWF dalam pernyataannya.

Satu pemain India, yang diduga adalah mantan pebulutangkis nomor 1 dunia, Saina Nehwal, tetap dinyatakan positif dan akan menjalani isolasi selama minimal 10 hari di rumah sakit.

Sang pemain juga akan menjalani tes ulang hari ini juga. Sementara, Saina sendiri harus mundur dari babak 32 besar Yonex Thailand Open 2021.

Mundurnya Saina Nehwal dari kompetisi Yonex Thailand Open 2021 pun memberikan keuntungan untuk wakil Malaysia, Kisona Selvaduray yang bisa melaju ke babak kedua tanpa harus mengeluarkan keringat lebih dulu.

Sementara suami Saina Nehwal, Kashyap Parupalli, yang diduga juga melaukan kontak dengan pasien, juga harus mundur dari turnamen. P. Kashyap  sedianya berhadapan dengan wakil Kanada, Jason Anthony Ho-Shue. 

Dengan kasus COVID-19 yang ditemukan di dalam kontingen India, maka negara tersebut dikategorikan berisiko tinggi terhadap penularan oleh otoritas kesehatan Thailand.

Semua pemain dan rombongan tim pun wajib melakukan karantina sendiri di kamar mereka di hotel dan akan menjalani tes PCR hari ini.

Baca Juga
Baca Juga

Seluruh tim India pun telah dikategorikan berisiko tinggi oleh otoritas kesehatan Thailand dan semua pemain serta rombongan tim saat ini sedang melakukan karantina sendiri di kamar mereka di hotel dan akan menjalani tes PCR hari ini.

Selain itu, BWF juga menetapkan pemain India diperbolehkan datang ke venue hanya yang dinyatakan negatif dan dijadwalkan bermain. Pelatih, manajer dan staf lain dari tim India tidak diizinkan.

BWFIndiaSaina NehwalBulutangkisBerita BulutangkisVirus CoronaThailand Open 2021Thailand Open

Berita Terkini