x

Pentingnya Thailand Open demi Berburu Tempat di BWF World Tour Finals

Kamis, 14 Januari 2021 12:50 WIB
Editor: Pipit Puspita Rini
Pertandingan antara Puttita Supajirakul/Sapsiree Taerattanachai (Thailand) vs Greysia Polii/Apriyani Rahayu (Indonesia) di Thailand Open 2021.

INDOSPORT.COM - Dua turnamen BWF World Tour Super 1000 digelar di Thailand pada Januari 2021. Dua turnamen ini sama-ama menyediakan hadiah total 1 juta dolar AS (sekitar RP 14 miliar).

Tak hanya uang, turnamen ini juga penting bagi para pemain karena menyediakan poin yang akan berpengaruh pada penyusunan ranking dunia maupun ranking menuju BWF Wolrd Tour Finals.

Pemenang turneman level Super 1000 akan mendapatkan poin 12.000, finalis 10.200, semifinalis 8.400, dan perempat finalis 6.600. Pemain terhenti di babak kedua akan mendapatkan 4.800 poin, lalu babak pertama 3.000 poin.

Yonex Thailand Open yang digelar pada 12-17 Januari 2021 merupakan pengganti turnamen Indonesia Open 2020 yang gagal digelar karena adanya pandemi Covid-19.

Sementara itu, Toyota Thailand Open yang akan berlangsung pada 19-24 Januari 2021 merupakan pengganti China Open 2020 yang juga batal digelar karena alasan sama.

Baca Juga
Baca Juga

Dua turnamen ini sangat penting, terutama bagi mereka yang masih mengincar tempat di turnamen tutup tahun BWF World Tour Finals 2020, yang tetap akan digelar di Bangkok pada 27-31 Januari 2021.

Turnamen ini hanya akan diikuti delapan pemain/pasangan terbaik untuk masing-masing sektor, dengan hasil perhitungan poin turnamen BWF World Tour selama satu musim.

Hingga saat ini, Indonesia baru menempatkan empat wakil di posisi delapan besar, yaitu Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (ganda putra), Greysia Polii/Apriyani Rahayu (ganda putri), dan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja (ganda campuran).

Ganda Putra terbaik Indonesia, Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan.

Bicara ganda putra, Marcus/Kevin sudah pasti tidak akan ikut. Kevin terpapar virus corona dan batal mengikuti tiga turnamen di Bangkok yang masuk Asian Leg. Lalu bagaimana Ahsan/Hendra?

Mereka saat ini berada di possi ke-8, dan masih belum bisa dikatakan aman. Ahsan/Hendra merupakan runner-up Indonesia Open 2019 dan China Open 2019 (selalu kalah dari Marcus/Kevin di final), artinya mereka harus sampai di posisi yang sama jika tidak ingin kehilangan poin.

Jika tidak sampai ke final, poin mereka yang kini berjumlah 20.640 bisa berkurang dan otomatis peluang untuk bersaing di World Tour Finals mengecil.

Baca Juga
Baca Juga

Lalu di sektor ganda putri. Greysia/Apriyani saat ini berada di peringkat keempat rangking World Tour Finals. Mereka terhenti pada babak kedua Indonesia Open 2019 dan perempat final China Open 2019.

Di atas Greysia/Apriyani juga ada pasangan Jepang, Yuki Fukushima/Sayakan Hirota, yang dipastikan absen. Melihat kondisi ini, posisi Greysia/Apriyani bisa dikatakan aman untuk melangkah di World Tour Finals.

Berikutnya, sektor ganda campuran. Hafiz/Gloria saat ini ada di peringkat ke-7. Di atasnya ada dua pasangan China dan satu pasangan Inggris yang sudah pasti akan absen.

Masalahnya, Hafiz/Gloria langsung tumbang pada babak petama Yonex Thailand Open. Padahal pada Indonesia Open 2019 mereka berhasil menembus babak kedua. Artinya, poin mereka sudah berkurang.

Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja di Mola TV PBSI Home Tournament.

Pada Toyota Thailand Open, mereka punya peluang untuk meraih poin sebanyak-banyaknya. Pada China Open 2019, mereka terhenti pada babak pertama sehingga tidak banyak poin yang dipertaruhkan.

Pasangan terbaik Indonesia saat ini, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, kini berada di peringkat ke-13. Pada Indonesia Open 2019 dan China Open 2019, pasangan ini langsung terhenti pada babak pertama.

Artinya, Praveen/Melati punya kesempatan besar untuk meraih poin maksimal di dua turnamen Thailand Open demi memuluskan langkah ke World Tour Finals. Absennya beberapa pasangan yang ada di atas, memperbesar peluang mereka untuk lolos.

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya SukamuljoMohammad Ahsan/Hendra SetiawanGreysia Polii/Apriyani RahayuBWF World Tour FinalsThailand Open 2021Thailand Open

Berita Terkini

Berita Terpopuler