x

Dominasi Lin Dan - Lee Chong Wei Disebut Sukses Singkirkan Legenda Indonesia

Rabu, 14 April 2021 02:24 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Media China mengklaim jika dominasi dari Lin Dan - Lee Chong Wei berhasil menyingkirkan legenda Indonesia, siapa?

INDOSPORT.COM - Media China mengklaim jika dominasi dari Lin Dan - Lee Chong Wei berhasil menyingkirkan legenda Indonesia, siapa?

Lin Dan dan Lee Chong Wei, dua nama pebulutangkis yang terkenal dengan rivalitas sengitnya, dan gelar-gelarnya yang sukses buat geleng-geleng ketika melihatnya.

Baca Juga
Baca Juga

Apalagi baik Lin Dan maupun Lee Chong Wei merupakan dua pebulutangkis hebat yang lahir di era yang sama. Keduanya silih berganti memonopoli podium setiap kali ikut serta di turnamen bulutangkis internasional.

Bahkan tak jarang jika duel yang bertajuk 'Lin-Lee' menjadi duel yang paling ditunggu oleh publik pecinta bulutangkis, karena kedua legenda bulutangkis itu disebut selalu sukses menghadirkan pertarungan yang sengit dan menarik untuk disaksikan.

Baca Juga
Baca Juga

Baik Lin Dan dan Lee Chong Wei sudah bertemu sebanyak 40 kali di turnamen bulutangkis intersional, ketika mereka masih aktif bermain. Dari 40 pertemuan itu, legenda China memang lebih banyak mendominasi kemenangan dibandingkan legenda Malaysia.

Dominasi Lin Dan dan Lee Chong Wei sejatinya pada awal 2000-an. Sebelum dominasi kedua legenda bulutangkis itu hadir, sebelumnya sektor tunggal putra dikuasai Peter Gade dan legenda Indonesia, Taufik Hidayat. Legenda tunggal putra Indonesia, muncul sebagai salah satu bintang bulutangkis di sektor tungal putra pada era 90-an hingga awal 2000-an. 


1. Dominasi Lin Dan - Lee Chong Wei Singkirkan Taufik Hidayat

Media China mengklaim jika dominasi dari Lin Dan - Lee Chong Wei berhasil menyingkirkan legenda Indonesia, siapa?

Tetapi setelah keberhasilan Taufik Hidayat meraih medali emas di Olimpiade Athena, baik Lin Dan dan Lee Chong Wei perlahan bersinar dan bukti nyatanya adalah di Olimpiade Beijing 2008.

Lin Dan dan Lee Chong Wei berhasil membuktikan kebangkitan mereka di Olimpiade Beijing, dan menyingkirkan legenda tunggal putra Indonesia pada peta persaingan, dan akhirnya membuat sejarah menarik di final.

Meskipun pada akhirnya legenda China-lah yang berhasil memenangkan pertandingan dan merebut medali emas Olimpiade pertamanya di Olimpiade Beijing 2008, tetapi Lee Chong Wei sudah membuktikan bahwa dirinya juga layak diperhitungkan.
Setelah Olimpiade Beijing 2008, dominasi Lin Dan dan Lee Chong Wei langsung melejit dan tak ada satu pun pemain yang bisa menghentikan keduanya.

Bahkan media China, Sports Sina, menyebut kalau keperkasaan Lin Dan dan Lee Chong Wei dalam sedekade terakhir telah berhasil menyingkirkan legenda Indonesia, dan berakhir dengan pensiunnya Taufik Hidayat.

Taufik Hidayat diketahui pensiun pada tahun 2013 ketika usianya menginjak 32 tahun, tetapi media China berujar bahwa semua itu adalah imbas dari keperkasaan Lin Dan dan Lee Chong Wei yang sudah tak bisa lagi ditahan oleh legenda Indonesia.
 

Lee Chong WeichinaLin DanTaufik HidayatBulutangkisBerita OlahragaBerita SportBerita BulutangkisTim Bulutangkis Indonesia

Berita Terkini

Berita Terpopuler