x

Barcelona Terbuka: Nadal Cetak Rekor yang Sulit Terulang Sepanjang Masa

Minggu, 25 April 2021 10:54 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Rafael Nadal mencetak rekor hebat ketika berlaga di Barcelona Terbuka 2021.

INDOSPORT.COM - Rafael Nadal melangkahkan kaki ke final Barcelona Terbuka 2021 dan mencetak rekor keren yang mungkin tidak akan terulang lagi sepanjang masa.

Rafael Nadal diketahui baru saja menaklukkan lawannya di fase semifinal, Pablo Carreno Busta, 6-3, 6-2. Dengan demikian, petenis asal Spanyol tersebut berhak melaju ke partai puncak menghadapi Stefanos Tsitsipas.

Duel final Barcelona Terbuka kali ini bisa dibilang sangat menarik, lantaran para penikmat olahraga tenis bisa melihat aksi dua pemain berbeda generasi yang sama-sama berprestasi.

Nama Stefanos Tsitsipas saat ini memang sedang hangat-hangatnya dibicarakan usai dirinya menggondol gelar Monte-Carlo Masters beberapa waktu lalu.

Baca Juga
Baca Juga

Popularitas Tsitsipas yang tengah meningkat tentu akan jadi daya tarik tersendiri di final Barcelona Terbuka nanti. Apalagi, calon lawannya adalah petenis senior sekelas Rafael Nadal, yang baru saja mengukir satu rekor hebat dalam kariernya.

Seperti diwartakan laman berita Tennis World, Nadal adalah pemain era turnamen Terbuka pertama yang berhasil memenangkan setidaknya 450 laga ATP di dua lapangan berbeda.

Hasil ini ia peroleh usai menekuk Cameron Norrie di perempat final Barcelona Terbuka tempo hari. Di clay court, ia adalah petenis ketiga yang berhasil meraih kemenangan terbanyak setelah Guillermo Vilas (681) dan Manuel Orantes (569).

Baca Juga
Baca Juga

Sementara itu di hard court, Nadal telah menorehkan 490 kemenangan. Dengan catatan ini, ia pun bersaing ketat dengan sejumlah nama besar di dunia tenis seperti Roger Federer (783), Novak Djokovic (613), dan Andre Agassi (592).

Walaupun angka yang ditorehkan Nadal di atas masih kalah dari sejumlah pemain legendaris dunia, ada satu rekor yang membuatnya lebih unggul ketimbang para bintang tersebut, yakni pencapaian minimal 450 kemenangan di dua lapangan sekaligus.

Berdasarkan laporan Sportskeeda, petenis Amerika Serikat, Jimmy Connors, adalah pemain yang paling mendekati rekor Nadal untuk kategori ini, dengan  mencatatkan 490 kemenangan di hard court dan 391 kemenangan di carpet court. 


1. Final Barcelona Terbuka

Rafael Nadal akan berlaga di final Barcelona Terbuka melawan Stefanos Tsitsipas.

Pertandingan final tunggal putra Barcelona Terbuka 2021 Rafael Nadal vs Stefanos Tsitsipas akan digelar hari ini, Minggu (25/04/21) malam. Duel yang menarik, dan akan membawa para penggemar deja vu ke tahun 2018 silam.

Saat itu, partai puncak Barcelona Terbuka juga dihiasi dua nama hebat ini, di mana Nadal keluar sebagai pemenang dengan skor akhir 6-2, 6-1. Akankah sejarah kembali terulang ataukah Tsitsipas bisa membalas kekalahannya dahulu?

Selain pertandingan nomor tunggal, Barcelona Terbuka juga akan menggelar duel di nomor ganda yang menghadirkan bentrokan Robert Farah/Juan Sebastian Cabal vs Horia Tecau/Kevin Krawietz.

Rafael NadalBarcelona TerbukaTenisBerita TenisStefanos Tsitsipas

Berita Terkini