x

Kalahkan Djokovic, Rafael Nadal Juara Italia Terbuka 2021

Senin, 17 Mei 2021 11:01 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Rafael Nadal mengalahkan Novak Djokovic di Italia Terbuka 2021.

INDOSPORT.COM – Petenis asal Spanyol, Rafael Nadal, memenangkan gelar ATP Masters 1000 Italia Terbuka ke-10 sepanjang kariernya usai mengalahkan Novak Djokovic, di babak final yang digelar di Roma, Minggu (16/05/21).

Tampil sebagai unggulan kedua di Italia Terbuka, Rafael Nadal mampu menaklukkan perlawanan unggulan teratas, Novak Djokovic ,dalam tiga set 7-5, 1-6, 6-3, dalam pertandingaan yang berlangsung selama dua jam 49 menit.

Sempat kalah di set kedua, Nadal mampu membangkitkan tekanan untuk menguasai jalannya laga yang cukup panas ini. Ia menyelamatkan dua break point pada kedudukan 2-2 saat set penentuan dan melepaskan pukulan solid yang sulit ditahan.

Baca Juga
Baca Juga

Nadal pun menyudahi pertandingan final Italia Terbuka 2021 dengan menyamai rekor Djokovic untuk memenangkan 36 gelar ATP Masters 1000 sepanjang kariernya.

“Mendapatkan trofi ini di tangan saya untuk yang ke-10 kalinya adalah sesuatu yang sulit dipercaya,” kata Nadal, dilansir dari laman NTD.com.

Ini merupakan trofi yang ke-10 yang dimenangkan Nadal di Foro Italico. Sementara itu, gelar pertamanya diraih pada tahun 2005 ketika usia masih 18 tahun di mana dia mengalahkan Guillermo Coria dalam sebuah laga sengit berdurasi lebih dari lima jam.

“Sekarang,16 tahun kemudian, bermain di final (Italia Terbuka) lagi adalah luar biasa. Sulit dijelaskan dengan kata-kata. Saya yakin ini adalah salah satu tempat terpenting dalam karier saya,” lanjut Nadal.

Baca Juga
Baca Juga

Ini merupakan pertemuan ke-57 antara Rafael Nadal dan Novak Djokovic, yang merupakan pertandingan terbanyak antara dua petenis pria di era Open. Selain itu, ini merupakan pertemuan kesembilan mereka di Roma, di mana keduanya bermain lebih banyak daripada di tempat lain.


1. Rekor Pertemuan Nadal vs Djokovic

Rafael Nadal mengalahkan Novak Djokovic di Italia Terbuka 2021.

Novak Djokovic pun kini memegang keunggulan tipis 29-28 dalam pertemuan melawan Rafael Nadal. Kedua petenis teratas ini telah enam kali bertemu di final Italia Terbuka dengan Nadal memenangkan sebanyak empat kali termasuk edisi tahun ini atas Djokovic.

Dengan kemenangannya di Italia Terbuka, Nadal makin difavoritkan untuk kembali mengukuhkan dirinya sebagai ‘King of Clay’ atau Raja di Lapangan Tanah Liat saat dirinya berusaha mengejar gelar ke-14 Prancis Terbuka dua pekan mendatang.

Sementara itu, di final putri Italia Terbuka, juara bertahan Prancis Terbuka, Iga Swiatek keluar, sebagai jawara usai mengalahkan Karolina Pliskova dengan double bagel 6-0, 6-0.

Rafael NadalATPATP MasterNovak DjokovicItalia Terbuka (Roma Masters)TenisBerita Tenis

Berita Terkini