x

Indonesia Punya Jasa untuk Pebulutangkis Irlandia yang Lolos ke Olimpiade Tokyo 2020

Minggu, 6 Juni 2021 21:50 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor:
Siapa sangka jika Indonesia memiliki jasa yang cukup besar dalam membantu pebulutangkis Irlandia, Nhat Nguyen, lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020.

INDOSPORT.COM - Siapa sangka jika Indonesia memiliki jasa yang cukup besar dalam membantu pebulutangkis Irlandia, Nhat Nguyen, lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020.

Pebulutangkis tunggal putra Nhat Nguyen yang saat ini menempati peringkat 56 dunia dipastikan menjadi salah satu atlet Irlandia yang lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020.

Baca Juga
Baca Juga

Ketika diundang di salah satu acara TV Irlandia, pebulutangkis kelahiran Hanoi, Vietnam, 16 Juni 2000 tersebut mengaku bahwa hidupnya tidak berjalan dengan mudah sejak kecil.

"Saya selalu melihat dimana saya berada saat ini untuk mengetahui seberapa jauh saya sudah melangkah. Orang tua saya menjalankan sebuah restoran China, saudara perempuan saya memiliki tiga bisnis dan saya bermain bulu tangkis penuh waktu. Saya sangat berterima kasih untuk semuanya," ungkap Nhat Nguyen seperti dilansir dari situs Badminton Europe.

Nhat Nguyen pindah ke Irlandia dari Vietnam ketika usianya masih satu setengah tahun, dan ia pertama kali memegang raket ketika berusia 7 tahun. Keputusannya untuk menekuni bulutangkis pun mendapat dukungan penuh dari keluarganya.

Baca Juga
Baca Juga

Motivasinya semakin bertambah besar ketika ia menyaksikan Olimpiade London 2012, saat itu tepat hari ulang tahunnya, Nhat Nguyen berkomitmen untuk lebih serius menekuni olahraga tepok bulu.

"Saya mau melakukan itu. Saya bisa melakukan itu. Saya akan mencobanya. Saat itulah saya mulai menganggapnya lebih serius," ungkapnya.


1. Dilatih di Indonesia

Siapa sangka jika Indonesia memiliki jasa yang cukup besar dalam membantu pebulutangkis Irlandia, Nhat Nguyen, lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020.

Namun siapa sangka jika Indonesia memiliki andil yang besar dalam karier Nhat Nguyen hingga membuat pebulutangkis Irlandia itu bisa lolos ke Olimpiade Tokyo 2020.

Pebulutangkis Nhat Nguyen mengaku pernah mengunjungi Indonesia. Saat itu libur sekolah musim panas dimanfaatkan oleh peraih medali emas kejuaraan Eropa U-17 2016 ini dengan menjalani training camp.

“Ya, saya pergi ke Indonesia selama dua bulan untuk kamp pelatihan. Mantan pelatih saya (Irwansyah dari Indonesia), yang saat ini menjadi pelatih di pelatnas Indonesia sehingga dia memasukkan saya ke klub di sana, di luar Jakarta,” jelas Nguyen pada 2017 seperti dilansir dari Irish Examiner.

Pengalamannya berlatih di Indonesia di bawah asuhan Irwansyah ini jadi bagian tidak terlupakan bagi Nguyen karena saat itu Nguyen tidak hanya ditempa dengan latihan fisik namun juga mental.

Nguhen berlatih dua hingga tiga kali dalam sehari selama seminggu. Dia merasa latihan itu telah menguras energi dan pikirannya, apalagi dia hanya berlatih seorang diri selama sebulan pertama. Di bulan kedua, dia ditemani Paul Reynolds yang menjadi rekan tandemnya di ganda putra.

Sebelum fokus di sektor tunggal putra, Nguyen memang dipasangkan dengan Paul Reynolds untuk ganda putra Irlandia. Nguyen memenangkan gelar internasional senior pertamanya di Polish International 2017 bersama Reynolds.

IndonesiaIrlandiaOlimpiade Tokyo 2020BulutangkisBerita OlahragaBerita SportBerita BulutangkisNhat Nguyen

Berita Terkini