x

Hendra Setiawan Terpana! Begini Cara Deteksi Covid-19 di Jepang

Sabtu, 10 Juli 2021 09:30 WIB
Penulis: Martini | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Hendra Setiawan foto bersama sang anak Russel.

INDOSPORT.COM - Pebulu tangkis Hendra Setiawan sempat terpana saat tim tiba di Kumamoto, Jepang. Ia menjalani tes saliva untuk mendeteksi virus Corona (Covid-19).

Sebagaimana diketahui, skuat bulutangkis Indonesia bertolak lebih dahulu ke Jepang untuk menjalani pemusatan latihan (TC) di Kumamoto, sebelum berlaga di Olimpiade.

Baca Juga
Baca Juga

Sesampainya di Bandara Haneda, Jumat (09/07/21), Hendra Setiawan terpana saat mereka harus menjalani tes saliva sebagai cara mendeteksi keberadaan virus Corona.

Padahal, selama ini para atlet bulu tangkis harus menjalani swab, yaitu metode yang mengharuskan hidung atau tenggorokan mereka 'dicolok' untuk mendeteksi virus.

"Ini pertama kali saya tes saliva. Rasanya aman dan yang pasti tidak sakit. Agak aneh, karena biasanya tesnya kan dicolok hidung dan tenggorokan," ungkap Hendra Setiawan.

Baca Juga
Baca Juga

"Dengan (tes saliva) ini lebih nyaman jadinya, apalagi di Kumamoto dan mungkin di Tokyo nanti kami ada tes setiap hari," lanjut Hendra.

Partner dari Mohammad Ahsan ini juga menyampaikan bagaimana cara melakukan tes saliva yang menurutnya sangat mudah.

"Jadi kita tinggal buang ludah saja, tapi tidak boleh berbusa. Nanti ada batas minimalnya, tapi saya tidak tahu persisnya berapa, sedikit sih yang pasti," pungkas Hendra Setiawan.


1. Harus Jalani Karantina

Kontingen bulutangkis Indonesia berangkat ke Olimpiade Tokyo.

Skuat bulutangkis Indonesia dikonfirmasi telah tiba di Kumamoto pada Jumat (09/07) malam, dan seluruhnya negatif Covid-19.

Meski begitu, Hendra Setiawan dkk harus menjalani karantina terlebih dahulu selama empat hari, sembari tim berlatih fisik untuk menjaga kebugaran, dilanjutkan dengan uji tanding bersama atlet bulutangkis Jepang.

Selanjutnya, barulah kontingen bulutangkis Indonesia bertolak ke ibu kota dan berlaga di Olimpiade Tokyo 2020, yang akan digelar pada 23 Juli hingga 8 Agustus mendatang.
 

Hendra SetiawanOlimpiade Tokyo 2020BulutangkisBerita BulutangkisVirus Corona

Berita Terkini