x

Pernah Dikalahkan Chen Long di Olimpiade, Lee Chong Wei Beri Saran Ini ke Murid Hendrawan

Senin, 12 Juli 2021 21:05 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Selebrasi pemain asal China, Chen Long.

INDOSPORT.COM - Legenda bulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei, memberikan saran bijak kepada penerusnya saat menghadapi tunggal putra China, Chen Long, yang pernah mengalahkannya di Olimpiade Rio de Janeiro.

Tunggal putra nomor 6 dunia, Chen Long akan menjadi salah satu pesaing terkuat memenangi medali Olimpiade Tokyo mengingat dirinya berstatus juara bertahan setelah menyabet emas di edisi Rio 2016 silam.

Baca Juga
Baca Juga

Kala itu Chen Long berhasi merebut medali emas setelah mengalahkan jagoan Malaysia, Lee Chong Wei, pada final tunggal putra bulutangkis. Dia menang dua gim langsung 21-18 dan 21-18.

Hasil drawing bulutangkis putra Olimpiade Tokyo berpotensi mempertemukan Chen Long dengan penerus Lee Chong Wei, Lee Zii Jia. Jika perjalanan mereka lancar,  Chen Long dan Lee Zii akan bertemu di babak 16 besar.

Lee Chong Wei turut mengomentari kans pertemuan jawara All England 2021 dengan mantan musuhnya itu. Dengan Chen Long bermain bermain lebih dari setahun, Lee mengaku buta dengan kekuatan pemain China ini.

“Sulit untuk mengukur Chen Long secara akurat saat ini karena saya belum pernah melihatnya berkompetisi di ajang internasional selama lebih dari setahun,” kata Lee Chong Wei,  dilansir dari NST.com.

“Secara taktik, dia benar-benar berbeda dan telah menambahkan beberapa keterampilan baru di bawah pelatih baru,” lanjut peraih dua medali perak Olimpiade ini.

Baca Juga
Baca Juga

Alhasil, Lee Chong Wei ini mencoba mengingatkan Lee Zii Jia untuk tetap fokus pada dirinya sendiri dan mempersiapkan diri kita menghadapi siapa pun lawannya di Olimpiade Tokyo 2020 nanti.

“Saya pikir lebih penting untuk memikirkan diri kita sendiri dan persiapan kita daripada tentang lawan kita,” lanjut Lee Chong Wei.


1. Jalan terjal Lee Zii Jia di Olimpiade Tokyo

Lee Zii Jia

Lee Zii Jia, yang berperingkat delapan dunia, bertemu terakhir kali dengan Chen Long di babak perempat final All England tahun lalu. Saat itu Lee Zii Jia berhasil mengalahkannya sebelum akhirnya hanya puas menjadi finalis.

All England 2020 juga menjadi kompetisi terakhir Chen Long sejak pandemi virus corona merebak. Dia juga absen saat BWF melanjutkan turnamen sejak Asian Leg di Bangkok pada Januari 2021 hingga Swiss Open pada Maret lalu.

Sementara Lee Zii Jia sendiri bergabung dengan grup M bersama dengan pemain asal Prancis, Brice Leverdez, dan Artem Pochtarov dari Ukraina pada Olimpiade Tokyo yang akan dimulai 23 Juli nanti,

Dari catatan keras, Lee Zii Jia jelas sangat diunggulkan untuk lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup. Jika Zii mampu mengatasi Chen Long di babak 16 besar, dia akan menghadapi Choi Tien Chen (Chinese Taipei) di babak perempat final.

Lee Chong WeiChinaMalaysiaChen LongOlimpiade Tokyo 2020BulutangkisLee Zii JiaBerita Bulutangkis

Berita Terkini