x

Lawan Juara Bertahan, Anthony Ginting Unggul Head to Head atas Chen Long

Minggu, 1 Agustus 2021 04:11 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Anthony Sinisuka Ginting berhadapan dengan Chen Long (China) di laga semifinal BWF World Tour Finals 2019.

INDOSPORT.COMAnthony Sinisuka Ginting berhasil melanjutkan langkahnya di Olimpiade 2020 dan memperbesar peluangnya untuk membawa pulang medali bagi Indonesia.

Di babak perempat final Olimpiade 2020, Ginting sukses mengandaskan perlawanan nomor tiga dunia asal Denmark, Anders Antonsen, dalam pertandingan sengit yang berlangsung 3 set.

Baca Juga
Baca Juga

Pebulutangkis kelahiran Cimahi 24 tahun silam itu berhasil menang 21-18, 15-21, 21-18 atas Antonsen dan memastikan langkahnya ke semi final tunggal putra Olimpiade 2020.

Kemenangan ini membuatnya menjadi pebulutangkis Indonesia pertama yang mencapai babak semi final Olimpiade sejak Taufik Hidayat dan Sony Dwi Kuncoro melakukannya di Olimpiade 2004 yang digelar di Athena, Yunani.

Kutukan yang dialami oleh Indonesia selama 17 tahun itu akhirnya pupus. Ginting berhasil meniupkan harapan akan kebangkitan tunggal putra Indonesia di kancah Olimpiade.

Baca Juga
Baca Juga

Dua kemenangan lagi, satu di semi final dan satu di babak final, akan membuat Ginting mengukir rekor baru atas namanya: peraih emas tunggal putra pertama sejak Taufik Hidayat di Olimpiade 2004.


1. Head to Head Anthony Sinisuka Ginting vs Chen Long

Aksi Anthony Ginting dalam pertandingan Olimpiade 2020 melawan Anders Antonsen, Sabtu (31/7/21).

Ini akan menjadi pertemuan ke-13 bagi Ginting dan Chen Long. Namun ini akan menjadi pertemuan pertama mereka berdua di ajang Olimpiade.

Chen Long adalah juara bertahan. Ia mempersembahkan emas untuk China di Olimpiade 2016 silam dan ajang ini adalah keikutsertaannya ketiga sejak pertama kali debut di Olimpiade 2012.

Di sisi lain, ini adalah Olimpiade pertama bagi Ginting. Debut yang mengesankan menyusul penampilan gemilangnya yang berhasil membawa dirinya hingga ke babak semi final.

Ginting sendiri di atas kertas unggul atas Chen Long. Nomor empat dunia itu diketahui memiliki catatan 8 kemenangan dari 12 pertemuan.

Itu berarti Chen Long hanya mampu meraih 4 kemenangan dari 12 pertemuan dengan Ginting. Catatan yang cukup membuat Ginting diunggulkan dalam laga semi final mendatang.

Pertemuan terakhir mereka terjadi di BWF World Tour Finals 2019, di mana Ginting berhasil menyudahi perlawanan Chen Long dua set langsung dengan skor 21-15, 21-15.

Semoga saja di laga semi final nanti Ginting bisa kembali bermain gemilang dan mampu mengandaskan ambisi Chen Long untuk bisa meraih medali emas tunggal putra dua kali beruntun di ajang Olimpiade.

Anthony Sinisuka GintingChen LongTunggal PutraOlimpiade 2020

Berita Terkini