x

Alexander Zverev dan Sejarah yang Diukirnya di Olimpiade Tokyo 2020

Senin, 2 Agustus 2021 13:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Alexander Zverev saat memenangkan medali emas di Olimpiade Tokyo 2020.

INDOSPORT.COM - Alexander Zverev berhasil menggondol medali emas tunggal putra cabor tenis Olimpiade Tokyo 2020 dan mencetak sejarah.

Alexander Zverev akhirnya tampil sebagai juara tunggal putra usai melalui jalan yang cukup terjal, termasuk salah satunya harus menumbangkan unggulan sekaligus petenis yang tengah on fire tahun ini, Novak Djokovic.

Cabor tenis di Olimpiade Tokyo 2020 sendiri memang berlangsung penuh warna-warni, mulai dari banyaknya atlet papan atas yang mengundurkan diri sampai insiden panas terik yang membuat jadwal diundur ke sore hari.

Panasnya cuaca bahkan sampai membuat Daniil Medvedev merasa bisa mati dan Paula Badosa harus meninggalkan lapangan dengan kursi roda.

Baca Juga
Baca Juga

Dari segala peristiwa tersebut, salah satu yang paling menyita perhatian tentu keberhasilan Alexander Zverev menumbangkan Novak Djokovic untuk akhirnya meraih medali emas di laga hari Minggu (01/08/21).

Ia tampil sebagai pemenang setelah menundukkan petenis ROC (Rusia), Karen Khachanov, di laga final yang digelar di Ariake Tenis Park. Zverev pun menang cukup mudah 6-3, 6-1 dan meraih medali pertamanya di ajang Olimpiade.

“Anda tidak hanya bermain untuk diri sendiri, melaikan bermain untuk negara, dan Olimpiade adalah acara olahraga terbesar di dunia,” ucap Zverev seperti dikutip dari laman resmi ATP.

“Perasaan yang saya miliki sekaran, rasanya tidak ada yang lebih baik dari ini," ucapnya soal berhasil memenangkan medali emas.

Baca Juga
Baca Juga

Kemenangan ini pun membuat pemuda kelahiran 20 April 1997 tersebut mencetak sejarah hebat baik bagi dirinya sendiri maupun bagi negaranya, Jerman.

Di Tokyo 2020, Zverev tercatat sebagai pemain pria pertama asal Jerman yang memenangkan gelar tunggal putra Olimpiade.

Sementara itu, seniornya yakni Steffi Graf (Jerman Barat) berhasil menyabet gelar tunggal putri di Olimpiade Seoul 1988, sedangkan Boris Becker/Michael Stich adalah kampiun ganda putra Barcelona 1992.


1. Medali Emas yang Spesial untuk Zverev

Medali emas Olimpiade adalah pencapaian terhebat Alexander Zverev sejauh ini.

Medali emas Olimpiade Tokyo 2020 ini pun bisa dibilang keberhasilan terbesar Alexander Zverev sepanjang kariernya sebagai petenis.

Terakhir kali, ia merasakan manisnya podium pertama saat menjuarai ATP World Tour Finals 2018 ditambah gelar Madrid Terbuka 2021.

Lalu untuk perjalanan menuju Grand Slam, pencapaian terbaiknya adalah final AS Terbuka 2020 yang mana pada waktu itu ia dikalahkan oleh Dominic Thiem.

Zverev pun tampil cukup konsisten sejak tahun 2017, selalu berada di daftar 10 besar, dan posisi terbaiknya adalah nomor tiga dunia. Akan tetapi, seluruh pencapaian tersebut terasa berbeda dengan medali emas Olimpiade.

Pasalnya, kali ini ia bukan hanya memenangkan gelar untuk dirinya sendiri tetapi juga untuk negara yang ia wakili. Ia membawa nama Jerman dan terbukti sepak terjang di Olimpiade Tokyo 2020 bisa membuatnya masuk buku sejarah.

Kini, Zverev mungkin harus bersiap-siap apabila orang-orang akan menyapanya di jalan atau di mana saja ia berada.

Mereka tentu dengan senang hati akan memanggilnya sebagai peraih medali emas Olimpiade alih-alih juara ATP World Tour Finals atau turnamen tenis lainnya.

Tenis di Olimpiade Tokyo 2020

Sementara itu, cabor tenis Olimpiade Tokyo sudah menyelesaikan seluruh agendanya. Berikut rekap peraih medali untuk masing-masing kategori.

Tunggal Putra

Emas: Alexander Zverev

Perak: Karen Khachanov

Perunggu: Pablo Carreno Busta

Tunggal Putri

Emas: Belinda Bencic

Perak: Marketa Vondrousova

Perunggu: Elina Svitolina

Ganda Putra

Emas: Nikola Mektic/Mate Pavic

Perak: Marin Cilic/Ivan Dodig

Perunggu: Marcus Daniell/Michael Venus

Ganda Putri

Emas: Barbora Krejcikova/Katerina Siniakova

Perak: Belinda Bencic/Viktorija Golubic

Perunggu: Laura Pigossi/Luisa Stefani

Ganda Campuran

Emas: Anastasia Pavlyuchenkova/Andrey Rublev

Perak: Elena Vesnina/Aslan Karatsev

Perunggu: Ashleigh Barty/John Peers

Olimpiade 2020Olimpiade Tokyo 2020Alexander ZverevTenisBerita TenisKaren Khachanov

Berita Terkini