x

Hasil Final Bulutangkis Olimpiade Tokyo: Greysia/Apriyani Gondol Medali Emas!

Senin, 2 Agustus 2021 13:10 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Greysia Polii/Apriyani Rahayu, peraih mendali emas di Olimpiade Tokyo 2020.

INDOSPORT.COM – Berikut ini hasil pertandingan final ganda putri bulutangkis Olimpiade Tokyo hari ini, Senin (02/08/21), antara Greysia Polii/Apriyani Rahayu vs Chen Qingchen/Jia Yifan.

Bermain di Musashino Forest Sport Plaza, Greysia/Apriyanni sukses mempersembahkan medali emas untuk Indonesia usai menaklukkan pasangan China, Chen Qingchen/Jia Yifan, lewat permainan dua set langsung dengan skor 21-19, 21-15 dalam waktu 75 menit.

Baca Juga
Baca Juga

Set pertama dimulai. Pukulan dropshot untuk mengakhiri reli panjang membuat greysia/Apriyani di atas angin, mereka kini memimpin skor 3-1 atas China.

Chen/Jia mencoba mengejar dengan menambah dua angka, namun Greysia/Apriyani mencoba bermain sesabar mungkin memanfaatkan eror lawan-lawannya untuk mempertahankan keunggulan.

Kedudukan saat ini 7-3 untuk Indonesia. Namun,  sebuah servis gagal dari Apriyani kembali membuka peluang China untuk mengejar ketertinggalan menjadi 8-7.

Setelah melalui reli panjang, Greysia/Apriyani memimpin pertandingan. Kok menyangkut yang dilakukan China akhirnya menutup interval pertama dengan 11-8 untuk Indonesia.

Dropshot tak terduga oleh Greysia/Apriyani menandai kebangkitan Chen/Jia. Mereka menambah tiga poin untuk menyamakan kedudukan skor menjadi 11-11.

China semakin melancarkan serangan bertubi-tubi, namun Greysia/Apriyani kian memperkuat defence mereka. Kesabaran pun berbuah hasil, dengan serangan China sering berujung kesalahan sendiri.

Beberapa kali China salah melakukan smash, kedudukan kini menjadi 19-14. Dropshot menyilang Greysia gagal melewati net. Sementara China belum menyerah untuk mengejar.

Sebuah dropshot menyilang China gagal memberikan angka matchpoin untuk Greysia/Apriyani 20-18.  Akhirnya pukulan smash China yang keluar membuat Greysia/Apriyani memenangkan set pertama dengan 21-19.

Set kedua dimulai dengan reli cukup panjang, yang diakhiri dengan dropshot Apriyani yang gagal dikembalikan China.

Baca Juga
Baca Juga

Greysia/Apriyani melakukan beberapa defence tak masuk akal untuk menahan gempuran China. Kesabaran mereka meraih poin demi poin ada hasilnya, kini skor mereka unggul 7-3.

Pasangan no. 6 dunia ini pun mempertahankan performa dengan baik. Berkat defence dan kesabaran yang apik, mereka mampu mencapai interval kedua dengan skor 11-7.


1. Greysia/Apriyani Main Apik di Final Olimpiade Tokyo

Aksi Greysia Polii dan Apriyani Rahayu ke final Olimpiade Tokyo

Permainan China tampaknya belum membaik. Kesalahan demi kesalahan mereka semakin menguntungkan Greysia/Apriyani membuat kedudukan jadi 15-9.

Sesekali Greysia/Apriyani mencoba membangun serangan, namun China seperti sudah mulai kehilangan komunikasi satu sama lain. Kedudukan semakin di atas angin untuk Indonesia 19-11.

Greysia/Apriyani sempat kecolongan tiga poin, sebelum akhirnya pasangan China salah menempatkan kok ke luar lapangan. Matchpoint 20-15 untuk Greysia/Apriyani.

Satu kesempatan didapat Greysia/Apriyani saat pasangan Chen/Jia kembali salah menempatkan kok ke luar. Ini memastikan kemenangan Greysia/Apriyani dengan skor 21-15.

Dengan demikian, Greysia/Apriyani berhasil memenangkan medali emas, sementara pasangan Chen/Jia meraih medali perak.

Ini menjadi medali emas pertama bagi Indonesia di Olimpiade Tokyo, sekaligus menjadi yang pertama dipersembahkan dari sektor ganda putri sejak delapan edisi terakhir.

IndonesiaChinaOlimpiade 2020Olimpiade Tokyo 2020Greysia Polii/Apriyani RahayuOlimpiade 2020 JepangBulutangkisBerita BulutangkisChen Qingchen/Jia Yifan

Berita Terkini