x

Endorsemen Bikin Juara Olimpiade Lee Yang/ Wang Chi Lin Terancam Jeratan Hukum

Minggu, 29 Agustus 2021 02:20 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Juni Adi
Lee Yang dan Wang Chi-Lin asal Chinese Taipei di Olimpiade Tokyo.

INDOSPORT.COM - Tak hanya bonus, tawaran menjadi bintang iklan atau endorse datang bertubi untuk pebulutangkis Lee Yang/Wang Chi-Lin usai menjuarai OIimpiade Tokyo 2020.

Namun ketidaktelitian dalam memahami kesepakatan endorse yang diterima, justru menimbulkan masalah bagi ganda putra asal Taiwan itu.

Tak hanya masalah menghadapi protes warga di Taiwan, tetapi Lee/Wang juga terancam jerat hukum  yang tak main-main. Lalu mengapa hal itu bisa terjadi?

Melansir dari Planetbadminton pada Jumat (27/8/21), Lee/Wang melakukan sebuah endorsement untuk EasyCard Corporation.

EasyCard adalah sistem smartcard contactless yang digunakan untuk pembayaran berbagai sarana transportasi di Taiwan. Padahal secara teknis, Lee/Wang adalah karyawan Land Bank of Taiwan yang tak lain adalah bank milik negara.

Baca Juga
Baca Juga

Setiap karyawan Land Bank of Taiwan angkat sebagai pegawai negeri sipil. Konsekuensinya, mereka dilarang melakukan kontrak endorsement apapun secara komersial.

Peraturan itu sudah tertulis dalam Undang-Undang. Jadi artinya, ganda putra peringkat tiga dunia itu dianggap melanggar kesepakatan kontrak.

Baca Juga
Baca Juga

Hal ini berbeda dengan Tai Tzu Ying yang selama ini mendapatkan endorsement berbagai merek dan perusahaan, namun tidak menjadi masalah.

Semua itu lantaran tunggal putri peringkat satu dunia itu berada di bawah naungan Taiwan Cooperative Bank. Perusahaan itu sebagian dimiliki oleh negara dan sebagian besar merupakan bank swasta.


1. Pentingnya Memahami Kesepakatan Kontrak Sponsor Bagi Atlet

Ganda putra asal Thaiwan, Lee Yang/Wang Chi-Lin.

Sejak masalah endorsement Lee/Wang mencuat, banyak media memberitakan jika  petinggi Land Bank of Taiwan itu tidak mengetahui terkait kesepakatan yang dibuat Lee/Wang bersama EasyCard Corporation itu.

Sementara Kementerian Keuangan setempat telah menyatakan bahwa kejadian itu akan menjadi pembelajaran dan membantu para pemain dalam memahami kesepakatan sponsor mereka.

Baca Juga
Baca Juga

Karena bagaimanapun, sponsor adalah salah satu hal terpenting bagi seorang atlet.  Dengan adanya sponsor, para atlet akan lebih terpacu mengukir prestasi agar nilai kontraknya bisa bertambah dengan baik.

Jika kerjasama antara atlet dan sponsor berjalan baik, tak menutup kemungkinan masa depan atlet pun kian terjamin. Tetapi jika salah satu pihak melanggar, artinya pihak lain menjadi dirugikan.

OlimpiadeSponsorBerita BulutangkisLee Yang/Wang Chi-Lin

Berita Terkini