x

Tunggal Putri Malaysia Goh Jin Wei Resmi Pensiun di Usia 21 Tahun, Ada Apa?

Senin, 13 September 2021 14:10 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
Goh Jin Wei pebulutangkis asal Malaysia.

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis tunggal putri Malaysia, Goh Jin Wei, secara mengejutkan mengumumkan pensiun dari dunia bulutangkis di usianya yang masih 21 tahun. Apa apa gerangan?

Keputusan pensiun Goh Jin Wei ini memberikan pukulan besar bagi Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) yang tengah mempersiapkan skuat muda untuk Olimpiade Paris 2024.

Baca Juga
Baca Juga

Terdekat, dirinya diharapkan tampil membela Malaysia di Piala Sudirman (26 September-3 Oktober) di Vaanta, Finalndia dan Piala Uber (9-17 Oktober) di Aarhus, Denmark.

Tak ingin menimbulkan spekulasi negatif, Goh Jin Wei lantas menjelaskan melalui akun YouTube-nya pada  Senin (13/09/21) mengenai alasannya gantung raket di usia dini.

Peraih medali emas SEA Games 2017 tersebut mengatakan bahwa keputusan pensiun dibuat karena alasan kesehatan. Saat ini, Goh masih berjuang mengatasi kondisi fisiknya setelah divonis menderita penyakit perut.

Penyakitnya ini rupanya memaksa Goh Jin Wei menjalani prosedur kolektomi, yakni sejenis operasi yang dilakukan untuk penyakit usus besar) pada pertengahan 2019 silam

Dua tahun berlalu, Goh Jin Wei ternyata belum pulih sepenuhnya dari operasi tersebut. Dirinya bahkan harus bergantung pada sejumlah obat  setiap hari untuk perawatan lanjutan.

Baca Juga
Baca Juga

“Jumlah obat yang harus saya konsumsi semakin bertambah banyak setiap hari. Demi kesehatan saya sendiri, saya tidak punya pilihan selain mengakhiri karir saya lebih awal,” ungkap Goh Jin Wei, seperti dilansir dari The Star.

“Saya berhenti dengan rasa penyesalan dan berat hati yang besar. Tapi saya percaya bahwa saya memiliki perjalanan hidup yang panjang untuk saya lalui. Saya percaya bahwa saya masih bisa unggul di bidang lain di masa depan selama saya mau bekerja keras untuk itu,” jelasnya.


1. Prestasi Goh Jin Wei Merosot Gara-gara Penyakit Misterius

Goh Jin Wei pebulutangkis asal Malaysia.

Hingga berita ini diturunkan, pihak Asosiasi Bulutangkis Malaysia belum memberikan konfirmasi mengenai keputusan Goh Jin Wei pensiun dari bulutangkis.

Sejak menjalani operasi pada medio 2019, Goh Jin Wei lebih banyak absen dari turnamen internasional. Ini membuat peringkatnya merosot dari posisi ke-24 ke urutan 146 dunia.

Meski begitu, Goh Jin Wei membuat beberapa kemajuan tahun ini dengan mencapai final Orleans Masters di Prancis dan menjadi runner-up usai kalah dari rekan setimnya S. Kisona di Spain International.

Goh Jin Wei sendiri merupakan pebulutangkis yang cukup berprestasi saat masih di level junior. Dia memenangkan Kejuaraan Dunia Junior dua kali pada tahun 2015 dan 2018 dan Youth Olympic Games 2018.

MalaysiaBulutangkisAsosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM)Berita BulutangkisGoh Jin Wei

Berita Terkini