x

Elias Maublanc, Pebulutangkis 14 Tahun yang Perkuat Tahiti di Piala Sudirman

Rabu, 22 September 2021 22:05 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor: Indra Citra Sena
Elias Maublanc, pebulutangkis muda Tahiti di Piala Sudirman 2021.

INDOSPORT.COM – Tahiti akan diperkuat para pemain muda di Piala Sudirman 2021. Salah satunya adalah pemain berusia 14 tahun bernama Elias Maublanc yang akan melakoni debutnya.

Mengutip laman BWF, Tahiti memang diperkuat delapan pemain berusia di bawah 20 tahun.

Baca Juga
Baca Juga

Elias Maublanc sendiri selangkah lebih dekat untuk mewujudkan mimpinya menjadi pemain bulutangkis terhebat dunia dengan melakukan debut internasionalnya ini.

Uniknya, Maublanc mendapat kabar dirinya akan berangkat ke Vantaa, Finlandia, dari sang ibu. “Kenapa Ibu tak bilang lebih awal. Saya cuma punya waktu sebulan jadi sekarang saya akan berlatih lebih keras dari biasanya,” katanya saat menirukan reaksi ketika menerima kabar itu.

Tak seperti kebanyakan pemain di Piala Sudirman 2021 yang sudah senior, Maublanc menghabiskan waktu latihannya di sela-sela jadwal ketat sebelum sekolah dimulai.

“Saya bangun pukul 4.30 pagi dan berlatih fisik sebelum berangkan sekolah jam 6. Saat saya sampai di rumah jam 2.45 siang, saya akan menyelesaikan PR dan lanjut berlatih,” ungkapnya.

“Kalau tidak, saya nonton pertandingan di Youtube untuk memperbaiki gerakan atau strategi. Kebanyakan di malam hari saya berlatih jam 6 hingga 7.30 malam. Saya biasanya tetap nonton dan belajar dari pertandingan online hingga saya tertidur.”

Maublanc sendiri mengaku amat mengidolakan legenda China, Lin Dan. “Saya kagum dengan ketenangannya di lapangan, dia amat berbeda dengan pemain lain,” tambahnya.

Baca Juga
Baca Juga

“Saat saya mau memperbaiki sesuatu di footwork atau teknik, saya biasanya menonton pertandingan dia.”


1. Tahiti Tetap Realistis

Bendera Tahiti.

Di Piala Sudirman 2021 nanti, Elias Maublanc dkk akan mendapat banyak pelajaran berharga dari para pemain papan atas dunia, bahkan sang juara olimpiade atau juara dunia.

Namun sang pelatih, Leo Cucuel, mengaku tetap realistis dan mengajak para pemainnya untuk memanfaatkan pengalaman tersebut sebagai motivasi di masa depan.

“Kami tahu kami akan menghadapi para pemain terbaik di dunia jadi kami tak perlu punya harapan yang tidak realistis. Kami berharap para pemain mengambil banyak pengalaman yang akan memotivasi mereka untuk event-event ke depannya,” tutur sang pelatih Tahiti.

Di Piala Sudirman 2021 yang berlangsung 26 September hingga 3 Oktober, Tahiti tergabung di Grup B bersama Chinese Taipei, Korea Selatan, dan Jerman.

Piala SudirmanTahitiBulutangkisBerita BulutangkisPiala Sudirman 2021

Berita Terkini